Sukses


10 Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Rambut

Bola.com, Jakarta - Baby oil merupakan produk yang dihasilkan dari penyulingan minyak mentah berbasis petroleum. Baby oil umumnya dioleskan ke kulit bayi agar lembut, halus, dan wangi.

Kandungan baby oil terdiri dari 98 persen minyak mineral dan dua persen zat pewangi.

Namun, tak hanya baik untuk bayi, minyak serbaguna ini juga dapat dipakai orang dewasa untuk berbagai hal, satu di antaranya untuk menjaga kesehatan rambut.

Baby oil tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti paraben, ftalat, pewarna, dan aroma sehingga aman untuk rambut Anda.

Berikut manfaat baby oil untuk kesehatan rambut, dinukil dari Klikdokter, Sabtu (16/10/2021).

2 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Rambut

1. Melembapkan Rambut

Baby oil menciptakan barrier (penghalang) kulit. Penghalang ini dapat mencegah hilangnya kelembapan akibat penguapan. Dengan cara tersebut, baby oil dapat digunakan untuk mengunci setiap kutikula rambut.

Baby oil mengunci kelembapan alami rambut saat Anda mengeringkan atau menata rambut. Kemampuan baby oil tersebut juga membantu melindungi hilangnya kelembapan dari kerusakan akibat paparan angin dan sinar matahari.

2. Menenangkan Kulit Kepala yang Kering

Kulit kepala yang kering bisa menciptakan sisik dan menyebabkan ketombe. Kondisi ini dapat merusak akar rambut dan memperlambat pertumbuhan rambut. Kulit kepala yang sehat membuat rambut lebih kuat dan lebih lembut.

Menjaga kelembapan kulit kepala bisa mencegah kekeringan dan munculnya serpihan akibat sisik di rambut. Aplikasikan baby oil di akar rambut sebelum keramas.

3 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Rambut

3. Mengatasi Masalah di Kulit Kepala

Baby oil dan minyak mineral lainnya bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi masalah kulit kepala bayi, seperti cradle cap. Iritasi di kulit kepala bayi ini mirip dengan ketombe.

Dengan mengoleskan lalu memijat lembut baby oil di kulit kepala, kemungkinan cara tersebut dapat mencegah dan mengatasi ketombe, baik pada anak-anak maupun dewasa.

4. Menguatkan Rambut

Rambut memiliki banyak pori. Hal ini berarti rambut dapat menyerap banyak air. Sifat inilah yang membuat tiap helainya 'membengkak', serta bisa berujung pada kondisi rambut rapuh dan rusak.

Meregangkan, menarik, atau menggunakan produk kimia seperti pewarna, dapat merusak rambut.

Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan baby oil sebagai cara merawat rambut. Sebab, baby oil bisa mengurangi jumlah pori-pori rambut. 

Caranya mudah, Anda bisa menggunakan baby oil sebelum keramas. Nantinya, penyerapan air ke dalam rambut dapat berkurang. Alhasil, rambut lebih kuat dan mencegahnya dari kondisi patah, kusut, serta mengembang berantakan (frizzy).

4 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Rambut

5. Rambut Lebih Halus

Menggunakan baby oil sebagai perawatan setelah mandi dapat membantu membuat rambut lebih halus, berkilau, dan tidak kusut mengembang.

Tuang sedikit saja minyak di rambut yang masih basah setelah keramas. Minyak akan menutup tiap kutikula sehingga dapat mencegah kerusakan rambut akibat panas dari pengering rambut atau alat penata rambut lainnya.

6. Menstimulasi Pertumbuhan Rambut

Baby oil bisa Anda manfaatkan untuk memijat kulit kepala secara lembut. Secara tidak langsung, memijat dapat membantu meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga terjadi stimulasi pertumbuhan folikel rambut.

5 dari 5 halaman

Manfaat Baby Oil untuk Kesehatan Rambut

7. Pelindung Rambut

Aplikasikan baby oil ke batang rambut sebelum berenang di kolam renang atau berendam di bathtub. Cara sederhana ini dapat melindungi rambut dan kulit kepala dari kimia seperti klorin.

8. Membantu Menata Rambut

Baby oil memiliki manfaat untuk membantu menata rambut. Tidak seperti gel atau hairspray, baby oil tidak akan meninggalkan kerak setelah dioleskan ke rambut.

9. Membantu Membasmi Kutu Rambut

Ternyata, baby oil juga berpotensi mengatasi kutu di kulit kepala orang dewasa dan anak-anak. Aplikasikan baby oil secara merata di kulit kepala dan rambut (dari akar hingga ujungnya). Diamkan selama kurang lebih delapan jam sebelum mencuci rambut.

Baby oil dapat membantu menghilangkan kutu dan telurnya. Akan lebih efektif jika baby oil dikombinasikan dengan produk kimia perawatan kutu rambut.

10. Membantu Melepaskan Permen Karet yang Menempel

Manfaat baby oil untuk rambut lainnya adalah membantu melepaskan permen karet. Mungkin, tak sengaja ada permen karet yang menempel di rambut Anda atau si kecil.

Tak perlu menggunting rambut yang terkena permen karet, gunakan baby oil untuk membantu melepaskan permen karet tersebut. Lantaran teksturnya licin, baby oil dapat mempermudah pelepasan permen karet.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 24/3/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer