Sukses


Macam-Macam Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik

Bola.com, Jakarta - Senam aerobik adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang dipilih dengan durasi waktu tertentu. Senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh.

Senam aerobik merupakan satu di antara olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan.

Tak hanya membuat badan bugar, senam aerobik mampu membuat semangat dan membuat hati riang melalui variasi gerakannya tersebut.

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler.

Secara umum, senam aerobik merupakan olahraga yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan. Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran.

Senam aerobik bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Hal-hal di atas yang membuat senam aerobik banyak digemari dari berbagai kalangan.

Bagi kamu yang ingin menekuni senam aerobik, perlu mengetahui macam-macam gerakan dasarnya. Secara umum, gerak dasar senam aerobik hanya meliputi gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan tangan.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam gerakan dasar dalam senam aerobik yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Senin (18/10/2021).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Gerakan Kaki dalam Senam Aerobik

Marching

Marching adalah gerakan jalan di tempat dengan mengangkat kaki kira-kira setinggi betis, lutut ditekuk 90 derajat. Setiap kaki yang mendarat atau menyentuh lantai dimulai dari kaki dan berakhir ke tumit.

Gerakan marching ini dilakukan hanya dengan low impact.

Jogging

Gerakan jogging ditandai dengan menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah bokong, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah.

Gunakan persendian engkel dan lutut yang menjadi tumpuan sebagai peredam gerakan. Gerakan jogging ini dilakukan hanya dengan high impact.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Gerakan Kaki dalam Senam Aerobik

Knee Up

Gerakan mengangkat lutut minimal setinggi pinggang, tungkai atas sejajar dengan lantai tungkai bawah tegak lurus. Kaki bisa dilakukan dalam keadaan flek atau tertekuk.

Gerakan ini bisa dilakukan baik low maupun high impact.

Single Step

Teknik gerak kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan kedua lutut menghadap ke depan.

Double Step

Gerakan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutut kaki tumpu agak ditekuk.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Gerakan Kaki dalam Senam Aerobik

Leg Curl

Gerakan menekuk kaki ke arah bokong.

Toe Touch

Gerakan menyentuhkan bola kaki ke depan, kanan atau kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.

V-Step (easy walk)

Gerakan membetuk segitiga atau langkah segi tiga, ke depan atau ke belakang dengan tetap menjaga arah lutut ke depan.

Squat

Gerakan membuka kaki selebar satu setengah lebar bahu, kemudian menekuk kedua lutut (half squat atau full squat) dengan posisi ujung lutut tidak melebihi ujung jari kaki.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Gerakan Lengan dalam Senam Aerobik

Bicep Curl

Gerakan menekuk (flexi) persendian siku tangan dan meluruskanya kembali (extensi), gerakan ini berfungsi untuk melatih otot lengan depan (bisep).

Chest Press

Gerakan mendorong lengan ke depan dada, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada (pectoral).

Cross Arms

Gerakan lengan menyilang di depan dada dan membuka lengan ke bawah.

Butterfly/Open the Window

Gerakan membuka dan menutup lengan bawah di depan wajah, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada.

Tricep extension

Gerakam meluruskan lengan, gerakan ini bertujuan untuk melatih otot lengan belakang (tricep).

Pumping

Gerakan mendorong kedua lengan ke bawah seperti memompa (berlawanan dengan gerakan up right row).

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer