Sukses


Netizen Kesal dan Kecewa Setelah Bendera Merah Putih Tak Berkibar saat Indonesia Juara Piala Thomas 2020: Bagaimana Ini, Kemenpora?

Bola.com, Aarhus - Momen mengharukan tersaji ketika tim bulutangkis Indonesia merengkuh gelar Piala Thomas 2020, Minggu (17/10/2021). Di final, Indonesia melibas juara bertahan China 3-0. 

Namun, kegembiraan Indonesia merayakan gelar Piala Thomas untuk kali pertama setelah paceklik selama 19 tahun ternoda. Penyebabnya, Indonesia tidak bisa mengibarkan bendera merah putih saat seremoni pengalungan medali. Sebagai gantinya, yang dikibarkan adalah bendera PBSI. 

Beruntung, lagu Indonesia Raya masih bisa dikibarkan. Namun, pemandangan bendera PBSI di posisi tertinggi di antara bendera-bendera lain terasa menyesakkan.  

Bendera kebanggaan Indonesia itu dilarang berkibar seiring adanya sanksi dari Badan Anti Doping Dunia (WADA).

Sanksi itu dijatuhkan karena Indonesia gagal memberikan sampel tes doping pada 2020 dan 2021 sehingga bendera kebangsaan dilarang berkibar pada podium olahraga.

Sebagai gantinya, bendera PBSI yang dikibarkan melalui layar digital pada perayaan kemenangan Indonesia di Piala Thomas 2020. Meski demikian, para pemain, ofisial, dan pelatih tetap memberikan penghormatan dan menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan khidmat dan penuh semangat.

Saat kasus itu mencuat, Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, menyatakan sudah berkirim surat kepada WADA perihal test doping plan (TDP) yang wajib dijalani Indonesia.

Menpora mengatakan TDP tak bisa dikirimkan tahun lalu karena Covid-19 dan tidak ada ada agenda olahraga apa pun. Jadi, Indonesia baru akan mengirimkan sampel TDP selepas PON Papua. Menurut Menpora, WADA memahami kondisi Indonesia. Tapi, kasus itu sudah berimbas pahit, Indonesia harus merasakan seremoni juara Piala Thomas 2020 tanpa pengibaran sang saka Merah Putih.  

Lalu bagamaina komentar netizen terkait insiden di Piala Thomas 2020 tersebut? Berikut beberapa di antaranya. 

2 dari 11 halaman

1. Rasanya Sedih

3 dari 11 halaman

2. Komentar-Komentarnya Sangat Pedas

4 dari 11 halaman

3. Bikin Nangis

5 dari 11 halaman

4. Kecewa Berat

6 dari 11 halaman

5. Bagaimana Ini Kemenpora?

7 dari 11 halaman

6. Sedih Bendera Indonesia Tak Berkibar

8 dari 11 halaman

7. Bikin Miris

9 dari 11 halaman

8. Bagaimana Perasaan Atletnya Ya?

10 dari 11 halaman

9. Bikin Kesal

11 dari 11 halaman

10. Memalukan dan Bukan Perkara Enteng

Video Populer

Foto Populer