Sukses


Makna Satu Nusa, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Indonesia memperingati hari spesial dan bersejarah setiap 28 Oktober. Pada tanggal tersebut setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Sumpah Pemuda adalah suatu pergerakan kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Janji dalam Sumpah Pemuda tersebut membangkitkan semangat rakyat Indonesia, terutama para anak muda untuk menegaskan kemerdekaan Republik Indonesia.

Tak hanya itu, inti dari isi Sumpah Pemuda juga tertuang dalam lirik lagu wajib nasional ciptaan Liberti Manik yang berjudul 'Satu Nusa, Satu Bangsa'.

Lagu Satu Nusa Satu Bangsa dikumandangkan pertama kali di radio RRI Yogyakarta pada 1947. Makna yang terkandung di dalam lirik lagu tersebut menggambarkan isi dari Sumpah Pemuda.

Berikut ini rangkuman tentang makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa yang merupakan inti dari Sumpah Pemuda, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Senin (18/10/2021).

2 dari 4 halaman

Satu Nusa

Nusa artinya pulau atau wilayah. Satu nusa berarti satu wilayah atau satu tanah air. Indonesia adalah negara kepulauan, yaitu negara yang wilayahnya memiliki banyak pulau.

Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar di dunia. Hal itu karena Indonesia mempunyai belasan ribu pulau besar dan kecil, yang membentang dari Sabang sampai Merauke.

Dalam ikrar Sumpah Pemuda menyatakan 'Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia'. Hal itu berarti bahwa bangsa Indonesia mengaku hanya bertanah air satu, yaitu 'Tanah Air Indonesia'.

Demikianlah semangat persatuan dan kesatuan yang kukuh dalam ikatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)/

3 dari 4 halaman

Satu Bangsa

Bangsa ialah kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat istiadat, bahasa, dan sejarah. Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai macam suku bangsa.

Seperti diketahui, di Pulau Sumatra terdapat suku-suku Aceh, Batak, Minangkabau, Melayu, Mentawai, Nias. Kemudian di Pulau Jawa terdapat suku-suku Betawi, Sunda, Badui, dan Jawa. Sementara, di Pulau Kalimantan terdapat suku Dayak, Banjar, Bugis, Kutai.

Di Sulawesi terdapat suku Bantik, Minahasa, Mongondow, Banggai, Buton. Masih banyak lagi suku bangsa yang terdapat di Indonesia seperti suku Bali, Sasak, Sumbawa, Alor, Ambon, Asmat, Aero, dan sebagainya.

Setiap suku bangsa memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang berbeda, meski begitu tetap merupakan satu kesatuan yaitu Bangsa Indonesia.

Dalam ikrar Sumpah Pemuda menyatakan 'Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, Bangsa Indonesia'. Makna satu bangsa ialah meski terdiri atas bermacam-macam suku dengan agama, budaya, dan adat istiadat berbeda-beda, namun tetap satu yaitu Bangsa Indonesia, sesuai semboyan 'Bhinneka Tunggal Ika'.

4 dari 4 halaman

Satu Bahasa

Ikrar Sumpah Pemuda menyatakan, 'Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia'. Bahasa persatuan artinya bahasa yang bisa mempersatukan setiap bangsa Indonesia.

Meski setiap suku memiliki bahasa daerah masing-masing, bangsa kita memiliki bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia. Dengan Bahasa Indonesia setiap suku bangsa dapat berkomunikasi saling mengenal satu sama lain.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer