Sukses


9 Cara Mengatasi Depresi tanpa Obat, Hindari Ketagihan

Bola.com, Jakarta - Depresi merupakan gangguan Kejiwaan yang kerap ditemukan pada masyarakat dengan aktivitas padat. Ketika depresi menyerang akan membuat emosi dan mood tak stabil.

Kondisi tersebut membuat orang mengalami depresi rentan mengalami gangguan fisik dan psikis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, depresi adalah gangguan jiwa pada seseorang yang ditandai dengan perasaan yang merosot (seperti muram, sedih, perasaan tertekan).

Satu di antara cara mengatasi depresi adalah minum obat yang diresepkan dokter. Namun, penggunaan obat dalam jangka panjang pasti memiliki pengaruh bagi tubuh.

Selain obat, ada beberapa cara alami untuk mengatasi depresi. Cara alami tersebut cenderung lebih alami dan aman.

Berikut cara mengatasi depresi tanpa obat, dinukil dari klikdokter, Senin (18/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi tanpa Obat

1. Terkoneksi dengan Sekitar

Bangun komunikasi dan koneksi yang sehat dengan lingkungan Anda, baik kepada makhluk hidup termasuk manusia lainnya maupun alam. 

Saat gejala depresi melanda, memang wajar untuk menarik diri. Coba lawan perasaan ini dan mintalah bantuan orang lain saat Anda merasa berada di titik yang sangat rendah.

2. Targetkan Tidur Cukup

Saat Anda memiliki depresi, kerap mengalami gangguan atau kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Padahal, kurang tidur dapat berakibat buruk pada fungsi organ dan menyebabkan rasa stres makin parah.

3. Ubah Pola Makan

Meski terdengar klise, nyatanya apa yang Anda makan dan minum dapat memengaruhi kesehatan mental. Menjalani pola makan sesuai kondisi dapat menjadi cara mengatasi depresi secara alami.

Kurangi konsumsi gula, karbohidrat, dan lemak tak sehat. Perbanyak makan buah yang berair serta makanan dengan lemak dan protein sehat, seperti ikan dan alpukat. 

Lalu, kurangi konsumsi kafein dan hindari alkohol. Cukupi kebutuhan cairan dengan minum banyak air putih.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi tanpa Obat

4. Susun Target Harian yang Sederhana

Memiliki goal atau target harian dapat memotivasi Anda untuk menjalani hari. Namun, tak jarang saat target tersebut tidak tercapai, Anda justru tenggelam dalam perasaan tidak berdaya. Inilah yang dapat memperburuk gejala depresi yang sudah ada.

Untuk mengatasi hal itu, susun pencapaian harian yang lebih sederhana. Sebagai contoh, ketimbang menargetkan akan membersihkan rumah, ganti dengan mengepel seluruh lantai saja. 

Dengan menyederhanakan target tersebut, Anda bisa meraih perasaan "berprestasi" yang akan memotivasi untuk aktivitas lainnya.

5. Yoga

Bila depresi berakar pada kecemasan, yoga dapat menjadi solusinya. Olahraga relaksasi ini telah terbukti mengurangi hormon stres (kortisol) serta meningkatkan perasaan damai dan sejahtera di dalam diri.

Melalui postur yoga dan teknik pernapasan, kesadaran juga akan lebih meningkat. Hal ini turut membantu menenangkan pikiran yang cemas dan menciptakan perasaan nyaman dengan situasi apa pun. 

Yoga juga meningkatkan hubungan antara pikiran dan tubuh. Jadi, Anda bisa merasa lebih mampu mengendalikan pikiran. Itulah mengapa, Yoga berkhasiat menjadi cara mengatasi depresi alami. 

6. Olahraga

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, olahraga bisa menjaga pikiran tetap positif.  Penelitian menunjukkan, aktivitas fisik tingkat sedang mampu mengurangi gejala depresi. Jenis kegiatan yang bisa dilakukan yaitu jalan kaki selama 30 menit setiap hari.

Studi juga menyebutkan, olahraga yang dilakukan secara rutin dan teratur mampu mencegah terjadinya kondisi depresi. 

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Toronto membuktikan, olahraga ringan sekali pun efektif meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Depresi tanpa Obat

7. Terapi Musik

Ada alasan mengapa semua orang suka musik. Ya, karena musik dapat membuat Anda merasa lebih baik. Ada sebuah studi yang menunjukkan bukti bahwa bermain musik secara santai mampu mendorong suasana hati orang-orang depresi.

Selain itu, mendengarkan musik pada momen-momen tertentu mampu menciptakan suasana tenteram. Perlahan, kegiatan ini dapat mengurangi kadar depresi dalam diri.

8. Terapi Psikis

Satu di antara cara untuk tetap berpikir positif tanpa obat adalah meminta bantuan psikoterapis. Ia dapat mendukung Anda untuk lebih banyak berpikir positif secara teratur.

9. Jurnal Rasa Syukur

Pernah mendengar tentang gratitude journal atau jurnal rasa syukur? Kegiatan menulis ini dapat membantu meringankan depresi. 

Dalam metode membuat jurnal syukur, Anda diminta untuk mencatat setidaknya satu hal yang disyukuri setiap hari, sesederhana apa pun hal tersebut. Anda bisa mencatatnya di gawai atau menuliskannya di buku khusus.

Cara ini bertujuan untuk mengingatkan Anda bahwa selalu ada sesuatu yang patut disyukuri setiap hari. Hal ini lebih baik daripada terus fokus pada hal-hal buruk, terutama yang tidak dapat Anda kendalikan.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 1/3/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer