Sukses


9 Cara Mengatasi Trauma, Bikin Hidup Tenang dan tanpa Beban

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang pernah merasakan pengalaman pahit yang cukup menyakitkan. Jika tak diatasi dengan baik, pengalaman tersebut akan menyebabkan trauma yang berkepanjangan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring, trauma adalah keadaan jiwa atau tingkah laku yang tidak normal sebagai akibat dari tekanan jiwa atau cedera jasmani.

Bangkit dari trauma memang tak mudah dan butuh proses. Namun, jangan menyerah dengan keadaan. Jika terus dibiarkan begitu saja, trauma bisa memengaruhi kualitas hidup Anda.

Ada beberapa cara mengatasi trauma yang bisa Anda coba. Dengan mengatasi trauma, hidup Anda akan lebih mudah, terasa lebih ringan, dan tanpa beban.

Berikut cara mengatasi trauma, dilansir dari Klikdokter, Selasa (19/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

1. Terapi dengan Psikolog atau Psikiater

Cara menghilangkan trauma memang bisa berbeda-beda, bergantung pada tingkat keparahannya.

Namun, jika trauma sudah menjadi post-traumatic stress disorder, terapi utamanya adalah psikoterapi. Selain itu, adakalanya pemberian obat dibutuhkan sebagai bagian dari terapi.

2. Akui dan Bersikap Lebih Terbuka

Trauma masa lalu terkadang berupa peristiwa memalukan yang tidak mau dibagi kepada orang lain. Namun, makin Anda menyimpannya rapat-rapat, makin parah pula dampak trauma.

Untuk itu, cobalah untuk mengakui kesalahan, memaafkan diri sendiri, serta menumbuhkan lagi kepercayaan diri.

Mencurahkan pikiran dan perasaan kepada orang dengan pengalaman serupa dapat menguatkan diri. Anda akan merasa tidak sendirian. Jika Anda tidak cukup nyaman untuk bercerita, tulislah sebuah jurnal untuk menuliskan perasaan Anda. 

3. Dikelilingi Orang-orang yang Membuat Tenang

Cemas dalam tahapan tertentu adalah wajar. Namun, kalau terlalu sering, hal itu dapat berefek buruk pada psikis. Untuk mengurangi rasa cemas tersebut, kelilingilah diri Anda dengan orang-orang yang menenangkan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

4. Mengalihkan Pikiran Negatif

Alihkan pikiran negatif Anda. Caranya dengan menyibukkan diri, misalnya menekuni hobi, menjadi relawan kegiatan sosial, atau bergabung dengan suatu komunitas.

5. Relaksasi

Anda bisa mencoba untuk bermeditasi dan melakukan peregangan sebagai cara mengatasi trauma. Pusatkan konsentrasi, pikiran, dan perasaan kepada hal-hal positif serta menumbuhkan semangat. Pikirkan peristiwa-peristiwa atau hal yang membuat bahagia.

6. Berusaha Menghadapi Rasa Takut

Takut dan cemas akibat peristiwa traumatis adalah wajar. Akan tetapi, terus-menerus takut dan kadarnya berlebihan akan menurunkan produktivitas Anda.

Secara bertahap, kuatkan diri Anda dan jadilah berani dalam menghadapi ketakutan. Jangan biarkan masa lalu menghalangi Anda.

4 dari 4 halaman

Cara Mengatasi Trauma

7. Bersabar dan Berani

Jika Anda adalah kerabat dari orang yang mengalami trauma, kunci untuk mengatasi trauma adalah sabar. Menghilangkan trauma itu butuh waktu yang cukup panjang dan keberanian yang kuat untuk menghadapinya.

8. Fokus pada Masa Sekarang

Cara menghilangkan trauma berkepanjangan lainnya adalah berusaha fokus pada masa kini. Biarlah masa lalu menjadi masa lalu. Jangan sampai masa lalu terus mengendalikan kehidupan Anda seterusnya.

Makin Anda berusaha fokus pada apa yang dijalani sekarang, pikiran negatif akan makin sulit mengontrol. Hal ini akan memberikan kebebasan pada pilihan yang Anda ambil di masa sekarang.

9. Peduli pada Diri Sendiri

Lakukan perawatan diri, seperti melakukan hal-hal menyenangkan, memberikan waktu pada diri sendiri, dan melakukan berbagai hal yang menggembirakan. Dengarkan kebutuhan diri sendiri.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/1/2021)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer