Sukses


Daftar Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW Beserta Manfaatnya bagi Tubuh

Bola.com, Jakarta - Nabi Muhammad SAW adalah sosok anutan umat Muslim. Sebisa mungkin, seluruh umat Islam meniru segala perilaku Nabi Muhammad SAW.

Hal ini selain disebabkan karena kecintaan umatnya kepada Nabi Muhammad SAW, namun juga karena mengharapkan pahala dari Allah SWT.

Seluruh umat Muslim memercayai bahwa semua yang dilakukan Nabi Muhammad SAW adalah perilaku yang baik.

Begitu pun dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi dalam kesehariaan beliau. Bahkan, makanan kesukaan Nabi Muhammad jelas tertulis dalam Al-Qur'an.

Bukan rahasia lagi, buah kurma menjadi satu di antara makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Makanan tersebut dianggap bermanfaat bagi tubuh manusia karena mengandung banyak nutrisi.

Berikut ini daftar makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW beserta manfaatnya bagi kesehatan tubuh, disadur dari Dream, Rabu (20/10/2021).

2 dari 5 halaman

Daftar Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW

1. Buah Kurma

Kurma merupakan makanan favorit Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, "Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir". - (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Buah kurma kaya akan nutrisi seperti serat, vitamin B-6, mineral seperti zat besi, kalsium, kalium, dan mangan yang baik untuk tubuh. Selain itu, buah kurma dikenal tanpa kolesterol dan mengandung sedikit lemak.

2. Buah Ara

Buah ara menjadi satu di antara buah yang dipercaya suci dan istimewa. Nabi Muhammad SAW menyebut buah ini sebagai buah surga.

Buah ara juga disebutkan dalam Al-Qur'an yang berbunyi, "Demi buah ara dan zaitun". - (QS. At-Tiin: 1).

Buah ara dapat menjadi obat yang baik untuk penyakit perut dan asam urat. Buah ara mengandung banyak nustrisi dan antioksidan yang baik untuk memperkuat tulang.

3. Susu

Nabi Muhammad SAW suka meminum susu kambing dan unta. Susu juga disebutkan di dalam Al-Qur'an.

"Dan sungguh, pada hewan ternak itu terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari apa yang ada dalam perutnya, susu murni di antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang yang meminumnya". - (QS. An-Nahl: 66)

Seperti diketahui, susu baik untuk menguatkan tulang dan gigi karena kaya akan kalsium. Susu juga dapat membantu menyembuhkan penyakit lambung serta meningkatkan daya ingat.

3 dari 5 halaman

Daftar Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW

4. Daging

Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa daging adalah raja dari makanan Karena daging kaya akan protein dan mineral yang sangat penting untuk membentuk kekuatan tulang dan memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia.

5. Buah Anggur

Makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW selanjutnya adalah buah anggur. Buah anggur memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti dapat membantu memurnikan darah dan baik untuk kesehatan ginjal hingga membantu memperlancar buang air besar.

6. Madu

Allah SWT berfirman: "Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan". - (QS. An-Nahl: 69).

Madu dianggap dapat menyembuhkan hampir semua jenis penyakit. Nabi Muhammad SAW biasa meminum segelas air yang dicampur dengan madu setiap pagi.

4 dari 5 halaman

Daftar Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW

7. Minyak Zaitun

Rasulullah SAW bersabda: "Makanlah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak karena ia tumbuh dari pohon yang diberkati". - (HR. Ahmad dan Tirmidzi).

Buah zaitun juga disebutkan dalam Al-Qur'an: " …yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang diberkahi (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak sebelah timur dan tidak pula disebelah baratnya. Yang minyaknya saja hampir-hampir menerangi, walau tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis)". - (QS. An-Nur: 35).

Nabi Muhammad SAW menyebut minyak zaitun sebagai makanan dalam surga. Minyak zaitun bermanfaat untuk perawatan kulit, rambut hingga dipercaya mampu mengobati radang lambung.

8. Barley

Barley adalah satu di antara jenis biji-bijian yang berasal dari keluarga gandum. Biji barley juga dikenal sebagai jelai.

Barley banyak dijadikan bahan baku dalam roti, minuman, dan aneka masakan lainnya. Nabi Muhammad SAW biasanya mengkonsumsi barley dalam bentuk roti, adonan, dan bubur.

Mengonsumsi barley dipercaya dapat mengurangi kolesterol, membantu sembelit, dan mengurangi risiko diabetes (asal tidak dicampurkan dengan gula).

5 dari 5 halaman

Daftar Makanan Kesukaan Nabi Muhammad SAW

9. Buah Melon

Nabi Muhammad SAW biasa memakan melon dengan kurma segar. Beliau bersabda: "Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin". (HR. At- Tirmidzi). Buah melon memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori.

Selain itu, buah melon mengandung berbagai vitamin, mineral, dan zat antikanker yang dapat membantu mengobati penyakit ginjal, lambung, jantung hingga mencegah penuaan dini serta bagus untuk perawatan kulit.

10. Labu

Makanan selanjutnya kesukaan Nabi Muhammad SAW ialah labu. Labu bermanfaat untuk mengobati paru-paru. Selain itu labu bermanfaat untuk mengobati penyakit, seperti asma, tekanan darah, beberapa jenis kanker, dan penyakit jantung.

 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Ulyaeni Maulida. Published: 1/5/2020)

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Tantangan dan Misi Mulia di Ultramarathon Run To Care 2021 Kem(Bali)

Video Populer

Foto Populer