Sukses


Cara Berpidato yang Baik dan Benar, Bikin Percaya Diri

Bola.com, Jakarta - Pidato merupakan keterampilan menyampaikan pesan di depan publik secara verbal dengan tujuan tertentu. Pidato dapat juga disebut dengan orasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada banyak orang.

Secara umum, pidato bertujuan untuk memengaruhi, memberi suatu pemahaman, membuat orang lain senang dan puas dengan ucapan yang disampaikan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa pidato adalah proses penyampaian suatu gagasan yang bertujuan untuk memberikan informasi atau memengaruhi pola pikir audiens.

Pesan yang disampaikan saat berpidato umumnya dalam bentuk suatu imbauan dan ajakan. Untuk bisa berpidato dengan baik, ada beberapa cara atau langkah yang bisa dilakukan.

Berikut ini rangkuman tentang cara pidato yang baik dan benar, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (21/10/2021).

2 dari 6 halaman

Cara Berpidato yang Baik dan Benar

1. Memahami Materi yang akan Disampaikan

Sebelum berpidato di depan para audiens, penting untuk mengetahui dan memahami dulu materi yang akan disampaikan. Hal ini berguna untuk meminimalisasi adanya kesalahan saat berpidato di depan banyak orang.

Jadi, untuk bisa memahami materi yang akan dibawakan saat berpidato maka ketahui terlebih dahulu tema apa yang akan disampaikan.

2. Membacanya dengan Tenang

Saat membacakan pidato, jangan menunjukan kegugupan di depan para pendengar atau audiens. Tarik napas terlebih dahulu kemudian bacalah dengan tenang dan terkontrol agar semuanya berjalan dengan lancar. Hal itu agar para pendengar dapat menangkap apa yang disampaikan.

3 dari 6 halaman

Cara Berpidato yang Baik dan Benar

3. Pakai Ekspresi yang Tepat

Ekspresi tubuh dan wajah diperlukan saat membaca pidato guna mendalami apa yang disampaikan. Ekspresi tubuh dan mimik wajah harus sesuai tema yang dibawakan.

Jika pidato tersebut bertema tentang perjuangan maka mimik wajah dan gerak tubuh juga harus menggambarkan semangat juang agar pidato Anda lebih menarik. Ekspresi yang menggambarkan tema pidato dapat menarik perhatian para pendengar.

4. Sampaikan dengan Suara yang Lantang

Suara yang dikeluarkan saat membaca pidato harus lantang. Hal ini dapat menarik perhatian para penonton agar terfokus pada apa yang disampaikan dan dengan mudah menyerapnya.

Suara yang lantang juga diperlukan agar semua penonton dapat mendengar apa yang Anda sampaikan. Apalagi ketika sesorang berpidato dalam hal membujuk untuk melakukan sesuatu.

4 dari 6 halaman

Cara Berpidato yang Baik dan Benar

5. Perhatikan Ejaan dan Tanda Baca

Memperhatikan ejaan dan tanda baca merupakan hal yang sangat penting saat berpidato. Dengan memperhatikan ejaan dan tanda baca maka apa yang disampaikan akan mudah diterima oleh para penonton.

Jika pidato tanpa memperhatikan ejaan dan tanda baca, bisa jadi apa yang disampaikan akan ambigu dan tidak jelas.

6. Sampaikan tanpa Terburu-buru

Dalam berpidato, sampaikanlah materi secara terperinci tanpa terburu-buru. Kuasai diri untuk membacanya secara perlahan, tapi pasti menuju sasaran yang diinginkan.

Dengan membaca pidato secara tenang tanpa terburu-buru, pidato akan lebih mudah diterima.

5 dari 6 halaman

Cara Berpidato yang Baik dan Benar

7. Menyapa Audiens

Sebelum memulai pidato pada pokok pembicaraan, ada baiknya Anda menyapa para audiens terlebih dahulu dengan sapaan yang ramah. Seperti misalnya mengucapkan selamat pagi atau salam sejahtera dan yang lain sebagainya.

Menyapa audiens merupakan hal penting untuk menarik perhatian sejak awal.

8. Awali dengan Senyuman

Fungsinya hampir sama dengan menyapa para audiens, yaitu untuk menarik perhatian para audiens sejak awal dan memberikan kesan yang menyenangkan.

Dengan menebar senyuman di awal sebelum memulai pidato akan memperbesar kemungkinan para pendengar menyukai cara Anda dalam melakukan tahapan-tahapan pidato.

6 dari 6 halaman

Cara Berpidato yang Baik dan Benar

9. Perhatikan Durasi

Membaca pidato memang harus dengan kondisi tenang dan membaca secara detail tanpa buru-buru. Namun, durasi waktu harus tetap diperhatikan dalam membaca pidato. Jangan sampai mengabaikannya sehingga terkesan mengorupsi waktu yang telah diberikan.

10. Berdiri Tegak dan Berwibawa

Tampilkan yang terbaik di depan audiens dengan mengatur posisi tubuh. Posisi tubuh saat melakukan pidato haruslah tegak agar terkesan berwibawa. Tidak bungkuk atau tidak menampilkan posisi lainnya yang tak enak dipandang.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer