Sukses


10 Cara Ampuh Menjadi Bahagia setelah Putus Cinta

Bola.com, Jakarta - Putus cinta memang menyesakkan, apalagi jika perjalanan asmara yang diarungi sudah berjalan sekian lamanya. Namun, terkadang berpisah menjadi jalan yang tak bisa dihindari.

Kisah percintaan tidak akan selalu berjalan mulus, pasti ada pasang dan surutnya. Adakalanya persoalan yang mengadang bisa diselesaikan dengan baik, yang lain harus rela berujung perpisahan.

Meski telah coba dipertahankan, Anda harus menerima perpisahan itu dengan penuh rasa ikhlas dan lapang dada karena hubungan cinta tidak akan pernah bisa dipaksakan.

Kendati menyakitkan, putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Bisa saja ini menjadi awal baru bagi Anda menuju pada kehidupan yang lebih baik.

Itulah mengapa, Anda tidak perlu larut dalam kesedihan, menjadikannya sebagai pelajaran dan kenangan indah.

Berikut 10 cara ampuh menjadi bahagia setelah putus cinta, yang patut Anda terapkan saat patah hati, dikutip dari Inspiringtips, Sabtu (23/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menjadi Bahagia Setelah Putus Cinta

1. Terima Kenyataan

Tidak peduli seberapa keras Anda menerimanya, kenyataan tidak akan pergi. Terimalah dengan pikiran dan hati yang terbuka. Ini adalah langkah pertama untuk bergerak maju. Melepaskan akan lebih mudah karena Anda tidak akan bergantung pada harapan palsu.

2. Hadapi Masalah dengan Sikap Positif

Hadapi situasi dengan sikap positif. Anda harus percaya segala sesuatu terjadi karena suatu alasan dan perpisahan ini mungkin yang terbaik. 

Siapa tahu, mungkin ada seseorang yang lebih baik untuk Anda. Jika memang Anda dan pasangan ditakdirkan untuk bersama, Anda perlu yakin Anda dan dia akan kembali bersama, ketika Anda menjadi individu yang lebih baik dan lebih dewasa.

3. Doakan Mantan Anda dan Diri Sendiri

Anda perlu percaya pada kekuatan doa karena banyak pengalaman dari orang-orang yang telah membuktikan kekuatan dari doa itu sendiri.

Itu sebabnya Anda perlu untuk berdoa tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi bahkan untuk mantan Anda dalam situasi yang menyakitkan ini. 

Berdoalah agar Anda berdua dibimbing oleh hikmat ilahi dalam menghadapi situasi sehingga Anda tidak menyerah pada permasalahan yang ada.

3 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menjadi Bahagia Setelah Putus Cinta

4. Alihkan Perhatian ke Hal Produktif

Alih-alih berdiam diri sepanjang hari di kamar, jadilah cukup berani untuk menghadapi hari. Lakukan yang terbaik untuk menjalani kehidupan yang bermanfaat terlepas dari rasa sakit yang Anda alami. 

Luangkan waktu Anda untuk menjadi produktif di tempat kerja atau sekolah. Coba untuk menyelesaikan tugas sebanyak mungkin sehingga Anda akan teralihkan dari situasi Anda. Anda juga dapat melibatkan diri dalam kegiatan sosial kemasyarakatan.

5. Hitung Berkat

Kehilangan orang tersayang dalam hidup bisa terasa seperti Anda kehilangan seluruh dunia. Namun, jika Anda membuka mata dan melihat sekeliling Anda, Anda akan melihat bahwa Anda masih harus banyak berterima kasih dan bersyukur. 

Hitung semua berkat yang telah Anda terima. Bersyukurlah untuk orang-orang terkasih yang masih bersama Anda. Bersyukurlah untuk kesempatan dan bahkan untuk hal-hal baik terkecil.

6. Pikirkan Anda Pantas Mendapatkan Yang Lebih Baik

Jika perpisahan Anda disebabkan oleh pihak ketiga atau permasalahan lainnya, anggap ini sebagai kesempatan bagi Anda untuk bebas dari seseorang yang tidak melihat nilai Anda yang sebenarnya. 

Anda harus mengingatkan diri sendiri bahwa Anda layak diperlakukan lebih baik. Anda pantas mendapatkan seseorang yang akan menghormati dan memperlakukan Anda dengan sangat hati-hati.

4 dari 4 halaman

Cara Ampuh Menjadi Bahagia Setelah Putus Cinta

7. Nikmati Masa Lajang

Berada dalam suatu hubungan terlalu lama mungkin membuat Anda tidak melakukan beberapa hal yang dulu Anda suka lakukan. 

Berbaur dengan teman dari lawan jenis menjadi terbatas; Anda tidak bisa bepergian ke tempat yang jauh sendirian untuk mencari kebahagiaan, dan Anda tidak bisa membuat keputusan besar tanpa persetujuan pasangan Anda. 

Sekarang Anda menjadi lajang kembali, ambil ini sebagai kesempatan untuk menikmati hidup dengan bebas dan leluasa.

8. Habiskan Lebih Banyak Waktu dengan Orang Terkasih

Keluarga Anda akan selalu ada untuk Anda setiap waktu. Untuk alasan ini, gunakan kesepian Anda sebagai motivasi untuk menghargai orang yang Anda cintai. 

Selain mengalihkan perhatian Anda dari rasa sakit, Anda juga bisa menikmati kebersamaan dengan mereka yang akan selalu mencintai Anda. 

Coba untuk bepergian bersama orang tua ke restoran atau bawa mereka ke suatu tempat wisata. Ajak saudara Anda menonton film atau berolahraga bersama mereka. Kunjungi kakek-nenek Anda atau luangkan waktu untuk mendengarkan cerita mereka.

9. Jangan Terpaku pada Masa Lalu

Berhentilah memikirkan masa-masa indah Anda bersama mantan kekasih. Masa lalu adalah masa lalu, dan itu tidak akan pernah terjadi lagi. 

Selalu mengingat kenangan indah membuat lebih sulit untuk menerima kenyataan bahwa semuanya sudah berakhir. Tidak peduli seberapa baik hubungan Anda sebelumnya, itu semua sudah berlalu dan Anda harus menjalani kehidupan sekarang.

10. Bersemangatlah tentang Apa yang Akan Terjadi di Masa Depan

Sebuah akhir bisa berarti awal yang baru. Gunakan perpisahan ini untuk memotivasi diri Anda untuk memimpikan mimpi yang lebih besar dan mengharapkan hal-hal yang lebih besar. 

Keinginan untuk bertemu dengan orang yang lebih baik dan menjadi orang yang lebih baik. Belajarlah dari kesalahan masa lalu dan gunakan pelajaran ini untuk menjadi lebih bijak dalam hubungan Anda selanjutnya.

 

Sumber: Inspiringtips

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer