Sukses


Manfaat Energi, Sifat, dan Cara Menghematnya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Energi merupakan sesuatu yang bersifat abstrak dan susah dibuktikan, akan tetapi dapat dirasakan keberadaannya. Secara umum, banyak pula yang menyebut energi atau tenaga yang dapat digunakan dalam berbagai proses kegiatan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja (misalnya untuk energi listrik dan mekanika); daya (kekuatan) yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari); tenaga.

Energi tidak dapat diciptakan atau dimusnahkan, melainkan hanya bisa diubah atau dikonversi menjadi bentuk lain, sesuai hukum kekekalan energi.

Dalam kehidupan, manusia membutuhkan energi untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Tanpa adanya energi, manusia atau makhluk hidup lainnya akan kesulitan dalam melakukan sesuatu.

Banyak manfaat yang didapatkan dari adanya sumber-sumber energi. Apa saja manfaatnya?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat energi, sifat, dan cara menghematnya, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Senin (25/10/2021).

 

 

2 dari 4 halaman

Manfaat Energi

1. Energi cahaya matahari

Seperti diketahui, cahaya matahari bertugas menerangi seluruh dunia. Sinar matahari sangat membantu tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Tak hanya itu, matahari membantu mengeringkan pakaian dan alat rumah tangga lainnya.

2. Energi bunyi

Energi bunyi tentu sangat dibutuhkan manusia. Energi ini dapat dimanfaatkan untuk mengukur kedalaman laut dan pembuatan alat pengeras suara. Selain itu, energi matahari bisa mendeteksi keretakan pada logam.

3. Energi listrik

Tak bisa dimungkiri, energi listrik sangat dibutuhkan manusia. Hal itu karena listrik memberikan banyak manfaat, seperti untuk menyalakan lampu, TV, radio, kipas angin, AC, dan alat elektronik lainnya.

3 dari 4 halaman

Sifat-Sifat Energi

1. Transformasi Energi

Transformasi energi adalah energi bisa diubah menjadi sebuah bentuk lain. Misalnya, seperti energi panas yang dilakukan ketika pembakaran diubah menjadi energi gerak atau mekanik mesin.

2. Transfer Energi

Transfer energi adalah energi panas atau energi apa pun yang mampu ditransfer dari satu tempat ke tempat lainnya atau dari satu material ke material lainnya.

3. Energi dapat Pindah ke Benda Lainnya

Sama seperti transfer energi, sifat energi yang satu ini dapat dipindahkan dari satu benda ke benda lainnya.

4. Energi Bersifat Kekal

Energi memiliki sifat kekal artinya enerti tidak mampu diciptakan dan juga tidak mampu untuk dimusnahkan.

4 dari 4 halaman

Cara Menghemat Energi

Setiap orang dianjurkan untuk menghemat energi yanga ada. Hemat energi bermanfaat untuk mengurangi pengeluaran atau biaya rekening listrik rumah tangga.

Berikut ini cara menghemat energi:

  • Pakailah lampu hemat energi.
  • Matikan alat listrik yang tidak terpakai.
  • Gunakan energi listrik lebih efisien.
  • Ikuti saran penggunaan alat listrik secara hemat.
  • Pilih alat elektronik yang memiliki fitur hemat energi.
  • Buka jendela dan gorden di siang hari.
  • Gunakan tangki penampung air.
  • Gunakan alat elektronik dengan kapasitas secukupnya.
  • Kurangi penggunaan alat listrik.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer