Sukses


WHO: Vaksinasi Flu dan COVID-19 Aman Dilakukan Bersamaan

Bola.com, Jakarta - Sebelum pandemi COVID-19, penyakit flu sudah umum terjadi terutama memasuki musim penghujan. Lantas apakah melindungi diri dari kedua penyakit tersebut dengan vaksinasi secara bersamaan adalah langkah yang aman?

Terkait pertanyaan itu, Direktur Departemen Kesiapsiagaan Bahaya Menular Global Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Dr. Sylvie Briand, mengatakan bahwa hal tersebut aman dilakukan.

"Jadi apakah aman untuk memberikan vaksin flu dan COVID-19 secara bersamaan? Ya, kami sekarang memiliki beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa aman untuk memiliki kedua vaksin secara bersamaan," kata Briand, mengutip who.int, Senin (25/10/2021).

"Tetapi, tentu saja, perlu memeriksakan diri ke dokter tentang indikasi mereka sebelum mengonsumsi kedua vaksin tersebut," tambahnya.

Briand menambahkan, ada banyak virus influenza yang berbeda dan sebenarnya sangat sering berubah.

"Jadi. yang sangat penting adalah mengetahui virus apa saja yang dominan di lingkungan tertentu sehingga kita dapat mengambil antigen virus ini untuk membuat vaksin," jelasnya.

Itulah mengapa, WHO telah membangun 136 laboratorium untuk memantau virus yang beredar. Selain itu, pihak Sylvie Briand juga mengadakan pertemuan rutin dua kali setahun untuk menentukan virus apa yang dominan di tempat-tempat tertentu di dunia. Pertemuan tersebut dihadiri oleh para ahli.

Video Populer

Foto Populer