Sukses


10 Cara Mengatasi Batuk Kering dan Gatal secara Alami

Bola.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, terkadang cuaca menjadi hal yang tidak bersahabat. Hal itu karena saat cuaca sedang tidak baik akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh mudah terserang penyakit, satu di antaranya batuk.

Batuk memiliki beberapa jenis, dan satu di antaranya yang dirasakan menganggu, terlebih ketika malam hari tiba adalah batuk kering dan gatal.

Secara alami, batuk adalah reaksi tubuh untuk menyingkirkan benda asing yang memasuki saluran pernapasan, seperti debu dan kotoran lainnya.

Namun, batuk yang tidak kunjung sembuh serta terjadi terus menerus bisa menandakan bahwa tubuh Anda sedang diserang oleh virus atau bakteri.

Jika dibiarkan terus-menerus, batuk kering akan membuat tenggorokan menjadi sakit, suara menjadi serak, dan tenggorokan terasa gatal terus menerus.

Bagi Anda yang sedang mencari cara menyembuhkan batuk kering, berikut 10 cara mengatasi batuk kering dan gatal secara alami, seperti disadur dari Dream, Senin (25/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering

1. Minum Banyak Air Putih Hangat

Dengan meminum air putih hangat, Anda bisa mengatasi gatal pada tenggorokan. Suhu hangat pada air bekerja lebih efektif untuk membasmi bakteri dalam tenggorokan. Bahkan air hangat juga mampu menjaga selaput lendir tetap lembap.

Alhasill, air putih hangat dapat mencegah tenggorokan kering dan tentunya akan melegakan tenggorokan Anda.

Cara ini terbukti ampuh. Bahkan, para dokter pasti menganjurkan pasien untuk meminum air putih guna membantu membasmi bakteri penyebab gatal pada tenggorokan. Anda juga bisa menambah sedikit garam supaya hasilnya lebih maksimal.

2. Berkumur dengan Air Garam 

Cara mengobati batuk dengan cepat berikutnya adalah berkumur dengan air garam. Fungsi air garam cukup banyak dalam mengobati batuk secara alami. Air garam bisa meredakan tenggorokan gatal dan mengalami iritasi.

Selain itu, air garam akan membantu meredakan iritasi tenggorokan sehingga mengurangi rasa gatal di saluran napas. Cobalah mencampur satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat dan berkumur sebanyak beberapa kali sebelum tidur.

3. Meninggikan Bantal saat Tidur 

Meninggikan posisi bantal saat tidur bisa menjadi cara mengobati batuk secara alami tanpa efek samping. Mengapa posisi bantal bisa mengobati batuk yang tak kunjung sembuh di malam hari? Sebab, tidur telentang membuat lendir menumpuk di belakang tenggorokan dan dapat menghalangi saluran napas.

Akibatnya, Anda akan batuk-batuk sepanjang malam untuk mengeluarkan lendir yang menghalangi pernapasan. Solusinya adalah menumpuk bantal saat tidur agar posisi kepala lebih tinggi daripada badan.

3 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering

4. Mengonsumi Minuman Pelega Tenggorokan 

Selain air putih hangat, cara mengobati batuk secara alami adalah dengan mengonsumi minuman yang bisa melegakan tenggorokan. Cobalah minum secangkir teh hangat yang dicampur madu dan irisan lemon untuk melegakan hidung tersumbat sekaligus tenggorokan.

Atau mencoba membuat wedang jahe. Jahe mengandung senyawa antiperadangan yang bisa mengendurkan membran di saluran udara untuk mengurangi intensitas batuk. Hanya, jangan minum wedang jahe terlalu banyak, sebab minuman ini bisa menyebabkan sakit perut dan mulas jika diminum berlebihan.

Minuman pelega tenggorokan lainnya adalah jus nanas segar. Buah nanas mengandung senyawa bromelain yang bersifat antiradang dan mukolitik, yaitu membantu tubuh memecah dan mengalirkan lendir yang menghambat tenggorokan.

5. Mandi atau Berendam Air Hangat 

Cara mengobati batuk kering secara alami berikutnya adalah mandi atau berendam air hangat. Uap air hangat yang dihirup bisa membantu melonggarkan sekresi di hidung sehingga batuk menjadi lebih ringan.

Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, mandi air hangat tidak hanya meredakan batuk karena pilek, tetapi juga yang disebabkan oleh alergi.

6. Membuat Ramuan Biji Rami, Madu dan Air Jeruk Lemon 

Jika direbus, biji rami akan menghasilkan cairan bening dan lengket. Cairan ini dipercaya bisa mengobati batuk kering secara alami dengan cepat.

Cairan biji rami ini bisa dicampur dengan madu dan air perasan jeruk lemon sehingga jadi ramuan tradisional untuk mengobati batuk kering dan gatal secara alami.

Caranya mudah. Rebus dua hingga tiga sendok makan biji rami bersama satu cangkir air sampai menjadi kental. Setelah disaring, tambahkan 3 sdm madu dan air jeruk lemon. Minum 1 sdm untuk mengobati batuk kering dan gatal.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Batuk Kering

7. Minum Teh Lada Hitam 

Teh lada hitam merupakan obat batuk kering tradisional dari China. Lada hitam mengandung zat yang merangsang sirkulasi udara dan membuat aliran lendir di postnasal drip jadi tertahan sehingga tidak masuk ke tenggorokan.

Cara membuatnya mudah. Campur satu sendok lada hitam yang sudah ditumbuk dan 2 sdm madu ke dalam gelas. Tambahkan air panas dan tutup selama 15 menit. Saring teh dan diminum.

8. Makanan yang Kaya Probiotik

Sistem imunitas tubuh yang tidak berfungsi optimal bisa menjadi satu di antara penyebab batuk kering. Agar hal ini tidak terjadi, Anda bisa mengubah menu makanan dan mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik. Kandungan ini diduga bisa membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan. 

Memang, probiotik tidak menyembuhkan batuk kering secara langsung. Mikroorganisme yang berada di dalamnya inilah yang bertugas menjaga keseimbangan imunitas tubuh. Makanan sumber probiotik, yaitu keju, yoghurt, dan tempe. 

9. Mengonsumsi Bawang Putih Mentah 

Senyawa Allicin dalam bawang putih mentah bisa menjadi cara mengobati batuk kering secara alami dengan cepat. Allicin bisa mematikan mikroorganisme yang menyebabkan infeksi pernapasan, seperti batuk kering dan tenggorokan gatal.

Bawang putih mentah juga memiliki sifat antimikroba, antivirus dan antijamur sehingga bisa untuk untuk mengobati infeksi di tenggorokan secara tradisional.

10. Konsumsi Teh Kunyit

Kunyit mengandung senyawa curcumin yang memiliki sifat antivirus, antibakteri, dan antiradang. Minum teh kunyit membantu meredakan batuk dan gejala asma.

Bahan alami ini juga telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional India untuk mengobati berbagai penyakit, mulai arthritis hingga penyakit pernapasan.

 

 

Disadur dari: Dream.co.id (Penulis: Sugiono. Published: 24/7/2019)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer