Sukses


Macam-Macam Penyebab Sakit Leher yang Paling Mendasar

Bola.com, Jakarta - Sakit leher merupakan sebuah keluhan yang cukup umum dan banyak dialami. Kondisi ini bisa muncul pada malam hari atau di pagi hari saat Anda baru bangun tidur.

Sakit leher ditandai dengan rasa tidak nyaman saat digunakan untuk menggerakkan kepala. Umumnya, leher Anda akan terasa kaku saat mengalami kondisi ini sehingga Anda kesulitan untuk menengok atau menoleh.

Sakit leher mengindikasikan adanya masalah pada struktur leher. Dalam banyak kasus, hal itu terjadi akibat postur tubuh yang buruk.

Kadang-kadang juga dapat disebabkan oleh cedera akibat jatuh, olahraga kontak, atau whiplash (cedera leher karena adanya pergerakan tiba-tiba).

Meski begitu, sakit leher merupakan kondisi yang cenderung tidak berbahaya dan tidak menimbulkan komplikasi.

Rasa sakit pada leher sebenarnya bisa sembuh atau membaik dengan sendirinya dalam kurun beberapa hari. Namun dalam beberapa kasus, sakit leher dapat mengindikasikan cedera atau penyakit serius dan memerlukan perawatan dokter.

Berikut ini macam-macam penyebab sakit leher yang paling mendasar sehingga Anda dapat menemukan solusinya, dikutip dariĀ Healthline dan Mayoclinic, Selasa (26/10/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Sakit Leher

1. Ketegangan Otot

Ketagangan otot leher biasanya disebabkan oleh aktivitas dan perilaku, seperti berikut:

  • Penerapan postur tubuh yang buruk.
  • Bekerja di meja terlalu lama tanpa mengubah posisi.
  • Tidur dengan posisi leher yang buruk.
  • Menyentakkan leher saat berolahraga.

2. Cedera

Leher sangat rentan terhadap cedera, terutama jika Anda menggerakkan leher secara tiba-tiba atau dengan cara yang tidak lazim dalam olahraga atau akibat kecelakaan.

Jika tulang leher (vertebra serviks) retak, sumsum tulang belakang juga bisa rusak. Cedera leher akibat sentakan kepala secara tiba-tiba biasa disebut whiplash.

3. Serangan Jantung

Sakit leher juga bisa menjadi gejala serangan jantung, tetapi sering kali muncul dengan gejala lainnya, seperti:

  • Sesak napas
  • Berkeringat
  • Mual
  • Muntah
  • Nyeri lengan atau rahang

Jika leher Anda sakit dan Anda memiliki gejala serangan jantung, segera hubungi ambulans atau segera pergi ke ruang gawat darurat.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Sakit Leher

4. Meningitis

Meningitis merupakan peradangan pada jaringan tipis yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Biasanya, penyakit ini lebih sering dikenal sebagai radang selaput otak.

Pada orang yang menderita meningitis, demam dan sakit kepala sering terjadi dengan leher kaku. Meningitis bisa berakibat fatal dan merupakan keadaan darurat medis.

Meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Akan tetapi, kondisi ini juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, parasit, atau infeksi jamur. Jika Anda memiliki gejala meningitis, segera cari bantuan.

5. Penyakit Tertentu

Penyebab sakit leher yang kurang umum bisa berasal dari penyakit seperti rheumatoid arthritis, meningitis, atau kanker.

6. Gangguan Sendi

Masalah pada sendi seperti radang sendi atau sendi aus juga bisa jadi alasan kenapa leher terasa sakit. Sendi aus bisa disebabkan faktor pertambahan usia. Sedangkan radang sendi disebabkan tumbukan bantalan antartulang.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Sakit Leher

7. Gangguan Saraf

Masalah saraf seperti saraf terjepit atau tekanan pada saraf tulang belakang bisa menyebabkan sakit leher.

Saraf kejepit atau stenosis spinal terjadi ketika tulang belakang menyempit dan menyebabkan tekanan pada sumsum tulang belakang atau akar saraf tulang belakang.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh peradangan jangka panjang yang disebabkan oleh artritis atau kondisi lain.

8. Osteoporosis

Osteoporosis dapat melemahkan tulang dan dapat menyebabkan patah tulang kecil. Kondisi ini sering terjadi di tangan atau lutut, tetapi bisa juga terjadi di leher dan jelas menyebabkan leher sakit.

Ā 

Sumber: healthline.com, mayoclinic.org

Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer