Sukses


Jenis-Jenis Keragaman Sosial Budaya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Keragaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat di mana terdapat perbedaan-perbedaan dalam berbagai bidang terutama suku bangsa, ras, agama, ideologi, budaya (masyarakat yang majemuk).

Seperti diketahui, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terbentuk dari keberagaman dalam semua aspek kehidupan.

Keberagaman yang menjadi realita kehidupan di Indonesia menjadi modal terbentuknya persatuan dan kesatuan bangsa. Keberagaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan kekayaan dan keindahan bangsa.

Keberagaman di Indonesia tersebut terbentang dari Sabang sampai Merauke, Rote hingga Miangas. Keberagaman yang dimiliki Indonesia tersebut bukan tanpa sebab.

Ada beberapa faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia, seperti letak geografis, iklim, agama, ras sejarah, dan lain sebagainya.

Keragaman dalam masyarakat merupakan sebuah keadaaan yang menunjukkan perbedaan yang cukup banyak macam atau jenisnya dalam masyarakat. Indonesia mempunyai keragaman sosial budaya yang sangat tinggi.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis keragaman sosial budaya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (27/10/2021). 

2 dari 5 halaman

1. Keragaman Bahasa

Keragaman bahasa adalah variasi bahasa menurut pemakaian masing masing orang. Keragaman bahasa timbul akibat adanya berbagai macam suku, faktor budaya, letak geografis, ilmu pengetahuan, dan sejarah.

Makin banyak budaya yang ada di Indonesia, makin banyak pula suku yang ada di Indonesia. Selain itu dengan banyaknya suku di Indonesia, bahasa daerah juga beragam.

Meski setiap suku memiliki bahasa daerah masing-masing, bangsa kita memiliki bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia, setiap suku bangsa dapat berkomunikasi mengenal satu sama lain.

3 dari 5 halaman

2. Keragaman Rumah Adat

Rumah adat adalah bangunan yang dibangun dengan cara yang sama dari generasi ke generasi dan tanpa mengalami perubahan. Rumah adat bisa dikatakan sebagai bangunan yang dibangun dengan memperhatikan kegunaan serta fungsi sosial dan arti budaya di balik corak bangunannya.

Rumah adat memiliki ciri khas khusus, digunakan untuk tempat hunian oleh suatu suku bangsa tertentu. Di Indonesia, terdapat berbagai macam rumah adat yang tersebar di berbagai provinsi.

Keragaman rumah adat timbul akibat adanya perbedaan geografis. Suku yang mendiami daerah pegunungan memiliki bentuk rumah yang berbeda dengan suku yang tinggal di daerah pantai.

Bukan hanya bentuk, bahan bangunan serta bagian-bagian rumah juga memiliki banyak perbedaan mengikuti bentuk adaptasi yang dilakukan di setiap daerah.

4 dari 5 halaman

3. Keragaman Upacara Adat

Indonesia yang memiliki banyak adat dan kebudayaan, mempunyai beragam upacara tradisional yang menarik. Hingga saat ini, banyak upacara tradisional masih dilaksanakan di daerah asal masing-masing. Bahkan, menjadi ajang wisata budaya bagi banyak turis, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

5 dari 5 halaman

4. Kesenian Daerah

Indonesia merupakan negeri yang memiliki berbagai keunikan, seperti seni tari, seni musik, seni rupa, dan seni teater. Kesenian daerah di Indonesia sangat diapresiasi oleh orang-orang mancanegara.

Bahkan, orang mancanegara mempelajari kesenian daerah Indonesia, seperti menari, sinden, memainkan alat musik khas daerah di Indonesia, dan bahkan menyanyikan lagu daerah.

Seharusnya kita patut berbangga dan mensyukuri bahwa kita kesenian bangsa Indonesia sampai ke luar negeri. Kesenian daerah dapat berupa tarian daerah, lagu daerah, senjata khas, makanan khas, alat musik khas, dan sebagainya.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer