Sukses


Contoh-Contoh Terjadinya Modernisasi di Berbagai Bidang Kehidupan

Bola.com, Jakarta - Modernisasi adalah proses berubahnya sistem kehidupan masyarakat dari kehidupan tradisional menuju ke arah kehidupan modern. 

Modernisasi adalah suatu istilah yang berasal dari bahasa latin, yaitu 'modernus'. Istilah 'modernus' tersebut berasal dari kata 'modo' yaitu cara serta 'ermus' yang menunjukan pada periode waktu di masa kini.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, modernisasi adalah proses pergeseran sikap dan mentalitas sebagai warga masyarakat untuk dapat hidup sesuai dengan tuntutan masa kini.

Modernisasi dapat memengaruhi setiap elemen yang ada di masyarakat. Adanya modernisasi membuat kehidupan masyarakat bertambah maju.

Modernisasi ini dapat dirasakan dan dinikmati oleh semua lapisan masyarakat, dari yang tinggal di kota metropolitan sampai ke desa-desa terpencil.

Berikut ini rangkuman tentang contoh-contoh terjadinya modernisasi di berbagai bidang kehidupan, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (27/10/2021).

2 dari 8 halaman

1. Komunikasi

Dulu, jika seseorang ingin menyampaikan kabar atau pesan masih melakukannya dengan berkirim surat. Hal tersebut memakan waktu yang cukup lama.

Namun, adanya kemajuan di bidang teknologi komunikasi seperti sekarang, cukup menggunakan telepon genggam, gadget, dan sebagainya sehingga jarak tidak lagi menjadi penghalang.

Peralatan yang canggih tersebut mampu menembus jarak dan mempermudah komunikasi.

3 dari 8 halaman

2. Pekerjaan

Pekerjaan yang semula dikerjakan oleh manusia banyak yang digantikan dengan mesin, seperti penjaga pintu tol digantikan dengan penggunaan kartu elektronik, kemudian teller di bank, sebagian pekerjaannya digantikan oleh mesin ATM.

Pada zaman praindustri, masyarakat selalu mengerjakan pekerjaan secara tradisional yakni dengan menggunakan tenaga manusia dan hewan. Di masa sekarang, semua pekerjaan serbamudah, cepat, dan lebih efisien karena menggunakan teknologi canggih.

4 dari 8 halaman

3. Transportasi

Sebelum ditemukan kendaraan, masyarakat yang ingin bepergian jauh hanya bisa mengandalkan tenaga hewan seperti kuda, sapi, dan sebagainya.

Saat ini dengan adanya kemajuan teknologi membuat sarana transportasi banyak diciptakan, baik transportasi darat, laut, maupun udara.

Berbagai sarana transportasi ini memudahkan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari. Sarana transportasi dapat di temukan di berbagai tempat bahkan sampai di pelosok desa.

5 dari 8 halaman

4. Kesehatan

Saat ini industri obat-obatan dan peralatan medis sudah maju. Sebelum ada industri pembuatan obat-obatan dan peralatan medis, masyarakat hanya memanfaatkan alam seperti tumbuh-tumbuhan untuk diramu menjadi obat-obatan tradisional.

6 dari 8 halaman

5. Media Massa

Informasi tidak hanya menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari masa kini melainkan sejak dulu. Bedanya, dahulu informasi disebarluaskan hanya melalui telegram, radio, atau koran yang diproduksi dengan jumlah terbatas.

Sekarang, informasi dan kejadian dari berbagai lokasi sudah bisa disaksikan langsung melalui siaran televisi dan bahkan media online.

7 dari 8 halaman

6. Agama

Pada zaman prasejarah masyarakat Indonesia telah memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme. Dalam kepercayaan tersebut setiap orang memiliki keyakinan bahwa ada kekuasaan tertinggi yang mengatur segala kehidupan.

Saat datang beberapa ajaran agama, bangsa Indonesia dapat menerima dan memeluknya sebagai suatu pandangan hidup dan pedoman dalam berperilaku.

Adanya modernisasi di bidang keagamaan dapat dilihat dari munculnya berbagai perpaduan antara unsur agama dan teknologi.

Misalnya, berdirinya pesantren modern, ditemukannya kitab suci elektronik, cara belajar kitab suci yang dipandu dengan media dan teknologi, pendakwah atau penyebar agama menggunakan media untuk menyampaikan ajaran agamanya.

8 dari 8 halaman

7. Politik

Modernisasi di bidang politik menjadi satu di antara hal yang bisa mendorong masyarakat melaksanakan kehidupan sosial dan budaya ke arah yang lebih maju dan sejahtera.

Modernisasi politik sudah ada sejak zaman dahulu yang ditandai dengan adanya pergerakan membebaskan diri dari penjajahan.

Keikutsertaan Indonesia dalam berbagai organisasi internasional, seperti menjadi anggota PBB dan ASEAN juga merupakan satu di antara bentuk dari modernisasi di bidang politik.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer