Sukses


8 Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk secara Alami

Bola.com, Jakarta - Mungkin Anda sudah terbiasa dengan hewan satu ini. Ya, nyamuk kerap dijumpai beterbangan di sekitar kita.

Hewan yang satu ini memang banyak ditemukan di negara-negara tropis, termasuk di Indonesia. Nyamuk bertahan hidup dengan menggigit dan mengisap darah manusia serta hewan, menggunakan mulut penghisapnya.

Saat itu, nyamuk akan menyuntikkan air liur yang dapat memicu peradangan, bengkak, dan rasa gatal pada kulit.

Sebagai informasi, tidak banyak yang tahu bahwa yang suka menggigit manusia hanyalah nyamuk betina.

Gigitan nyamuk tidak hanya dapat menimbulkan peradangan, namun juga ada bekas yang sulit dihilangkan. Tentunya hal ini sangat mengganggu penampilan, apalagi apabila bekas gigitannya sampai menghitam.

Umumnya, bekas gigitan nyamuk akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa saat. Tetapi, pada sebagian orang, bekas gigitan membutuhkan waktu lama untuk bisa benar-benar hilang.

Lantas, bagaimana cara aman menghilangkan bekas gigitan nyamuk?

Berikut ini rekomendasi cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, dilansir dariĀ Healthline, Kamis (28/10/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk secara Alami

1. Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dimanfaatkan dalam penyembuhan setelah kulit mengalami luka bakar, bekas luka, hingga gigitan serangga seperti nyamuk. Perawatan dengan lidah buaya pada bekas gigitan nyamuk akan membantu menyembuhkan.

2. Madu

Madu dipercaya memiliki khasiat menghilangkan bekas gigitan nyamuk karena bermanfaat untuk penyembuhan luka. Mengoleskan madu pada gigitan nyamuk membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi.

3. Daun Basil

Daun basil memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk dapat digunakan untuk mengatasi bekas gigitan nyamuk. Sebuah studi menunjukkan bahwa senyawa kimia yang disebut eugenol di dalam daun basil dapat meredakan gatal-gatal pada kulit.

4. Cuka Apel

Cuka apel sudah lama dimanfaat untuk digunakan sebagai obat alami untuk mengobati banyak kondisi medis, mulai infeksi hingga masalah glukosa darah. Jika mengalami gigitan nyamuk yang gatal, Anda bisa mengoleskan setetes cuka apel di atasnya.

Cuka apel membantu mengurangi sensasi perih dan terbakar. Bahan alami ini juga dapat bertindak sebagai disinfektan alami jika Anda terlalu banyak menggaruk.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk secara Alami

5. Lakukan Kompres Dingin

Setelah Anda digigit nyamuk dan menemukan adanya bentol, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah mengompres bagian kulit yang baru digigit. Anda bisa memakai kompres dingin untuk langkah ini.

Kompres dingin bertujuan untuk meredakan reaksi peradangan pada kulit serta mengurangi rasa gatal di kulit akibat gigitan nyamuk.

Tempelkan kompres dingin (masukkan beberapa buah es batu ke dalam plastik dan balut dengan handuk tipis) ke kulit Anda untuk membantu menghilangkan rasa gatalnya.

6. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Minyak kelapa mengandung asam lemak dan polifenol yang dapat melembapkan sekaligus mencerahkan bekas gigitan nyamuk.

Caranya, tuangkan minyak kelapa secukupnya lalu oleskan pada area kulit yang iritasi, lakukan secara berkala.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk secara Alami

7. Tomat

Bekas gigitan nyamuk dapat dihilangkan dengan menggunakan tomat. Tomat mengandung vitamin C dan vitamin E untuk meredakan inflamasi dan iritasi kulit akibat gigitan nyamuk.

Ambil satu buah tomat, potong menjadi dua bagian. Oleskan pada kulit lalu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas.

8. Bawang Merah

Bawang merah dipercaya bisa meredakan atau menghilangkan bekas gigitan nyamuk, selain untuk dijadikan bumbu penyedap masakan. Sari bawang merah yang keluar dari umbi yang baru dipotong mengurangi perih dan iritasi pada gigitan.

Bawang merah juga memiliki khasiat antijamur alami yang dapat mengurangi risiko infeksi.

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk secara alami dengan bawang, yakni potong irisan bawang merah, lalu oleskan langsung ke gigitan selama beberapa menit. Terakhir, bilas dan cuci area yang dioleskan bawang merah tadi.

Ā 

Sumber: healthline.com

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer