Sukses


9 Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan

Bola.com, Jakarta - Cara menghangatkan tubuh di musim penghujan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Udara lembap dan curah hujan tinggi bisa membuat penyebaran penyakit makin tinggi.

Itulah mengapa, agar tubuh tetap fit dan sehat, Anda perlu menjaga suhu tubuh tetap hangat saat musim hujan. Dengan suhu yang terjaga, imun tubuh dapat menangkal segala macam penyakit.

Orang biasanya mengonsumsi teh atau kopi untuk menghangatkan tubuh. Namun, itu hanya bersifat sementara.

Ada berbagai macam cara menghangatkan tubuh di musim penghujan, yang bisa Anda coba. Selain bermanfaat untuk diri sendiri, Anda bisa membagikan cara-cara tersebut kepada keluarga atau teman terdekat.

Berikut cara menghangatkan tubuh di musim penghujan, dilansir dari Klikdokter, Jumat (29/10/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan

1. Penuhi Kebutuhan Kalori

Tubuh Anda membutuhkan "bahan bakar" agar suhunya tetap terjaga, terutama ketika udara di luar sedang dingin-dinginnya. Untuk itu, Anda dapat memenuhi kebutuhan kalori agar tubuh bisa bekerja dan menjalankan fungsinya secara normal.

Konsumsi setidaknya satu makanan hangat dalam sehari. Selain itu, cobalah makan berbagai buah, sayuran, dan makanan yang tidak diolah lainnya.

2. Pakai Kaus Kaki, Terutama saat Tidur

Tidak hanya membantu menghangatkan seluruh tubuh, kaki yang hangat memberi sinyal ke otak Anda bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Sebab, banyak orang tidak bisa tidur karena kakinya kedinginan.

Jadi, satu di antara cara sederhana adalah menghangatkan tubuh dengan memakai kaus kaki.

Anda juga bisa mengenakan kaus kaki saat sedang berada di luar rumah, terlebih saat cuaca sedang dingin dan berangin.

3. Penuhi Kebutuhan Zat Besi dan Vitamin B12

Jika kebutuhan zat besi dan vitamin B12 tidak tercukupi, Anda berisiko terkena anemia.

Anemia terjadi saat jumlah sel darah merah terlalu sedikit dan tak bisa mengantarkan oksigen dengan cukup ke seluruh tubuh. Anemia bisa membuat Anda merasa kedinginan.

Anemia juga bisa terjadi karena seseorang tidak mengonsumsi makanan mengandung vitamin B12 yang cukup atau tubuhnya tidak dapat menyerap vitamin tersebut secara maksimal. Wanita hamil rentan anemia karena kadar kebutuhan zat besinya lebih tinggi.

Anda bisa memperoleh kandungan vitamin B12 dari daging ayam, telur, atau ikan. Sementara itu, dapatkan kandungan zat besi dengan mengonsumsi olahan unggas, makanan laut, buncis, dan sayuran berdaun hijau.

3 dari 4 halaman

Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan

4. Memakai Pakaian Berlapis

Jika hendak keluar saat musim hujan, tak ada salahnya memakai pakaian berlapis. Mulailah dengan kain tipis, seperti pakaian dalam yang menyerap kelembapan. Lalu, tambahkan kaus tebal atau sweater dan kenakanlah jaket sebagai pakaian terluar.

Tiga lapisan biasanya sudah cukup menahan tubuh Anda dari rasa dingin. Cukup tambahkan lapisan lain jika Anda masih kedinginan dan copot satu di antaranya jika sudah merasa kegerahan.

5. Pilih Pakaian yang Tepat

Pilihlah bahan pakaian yang membuat tubuh Anda tetap terjaga kehangatannya. Pakaian berjenis flanel akan membuat Anda tetap nyaman dan memberi kesempatan tubuh "bernapas".

Tubuh juga tidak akan terlalu panas atau lembap karena berkeringat saat mengenakan baju berbahan flanel. Apabila benar-benar kedinginan, coba pakai celana panjang dan penutup kepala untuk tidur.

6. Konsumsi Makanan Pedas

Cara lain untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan adalah dengan makan makanan pedas. Perhatikan, keringat biasanya sering bercucuran seusai Anda mengonsumsi makanan pedas. Anda pun jadi kegerahan dan rasa dingin tak lagi terlalu terasa menusuk.

Namun, perhatikan, saat punya masalah atau gangguan pencernaan, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan pedas terlalu banyak.

4 dari 4 halaman

Cara Sehat Menghangatkan Tubuh di Musim Penghujan

7. Berolahraga

Jalan-jalan atau jogging bisa digunakan sebagai cara menghangatkan tubuh. Jika di luar terlalu dingin, lakukan olahraga di dalam ruangan, seperti sit up dan push up. Tidak hanya menghangatkan tubuh, olahraga ringan ini membantu membangun otot dan membakar kalori Anda.

Olahraga ringan juga dapat meningkatkan suhu tubuh Anda, setidaknya untuk sementara waktu. Pastikan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit setiap hari agar tubuh tetap sehat.

8. Cukupi Kebutuhan Cairan

Meski tubuh Anda tidak berkeringat banyak seperti saat musim panas, tubuh juga tetap harus terhidrasi. Perlu diketahui, kekurangan cairan dapat membuat daya tahan tubuh menurun dan membuat kita gampang terserang penyakit.

Anda dapat mengonsumsi susu atau teh hangat sebagai satu di antara cara menghangatkan tubuh sekaligus memenuhi kebutuhan cairan. Namun, usahakan tetap minum air putih minimal delapan gelas atau sebanyak dua liter per hari.

9. Selalu Bawa Payung

Pasti tidak ada orang yang mau kehujanan. Pasalnya, kehujanan dapat membuat suhu tubuh menurun secara drastis. Hal ini membuat Anda berisiko terkena penyakit. Oleh karena itu, selalu bawa payung ke mana pun pergi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/11/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer