Sukses


Jenis-Jenis Logam Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Logam merupakan bahan yang memiliki sifat yang khas. Sifat yang istimewa tersebut yang menjadi alasan dasar dalam penggunaannya.

Menurut Kamus Besar Bahsa Indonesia (KBBI) daring, logam adalah mineral yang tidak tembus pandang, dapat menjadi penghantar panas dan arus listrik (misalnya besi, aluminium, nikel).

Logam mempunyai sifat keras dan kuat, dapat ditempa dan dapat direnggangkan. Saat digosok dan terkena cahaya, logam bisa mengilap. Logam juga dianggap sebagai konduktor listrik dan penghantar panas yang baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, logam sering digunakan untuk berbagai hal, seperti perhiasan, peralatan atau perkakas dalam rumah tangga. Bisa diibilang hampir setiap benda yang ada di sekitar memiliki unsur logam sebagai bahan dasarnya

Ada beberapa jenis logam yang penting untuk diketahui. Apa saja jenis-jenis logam?

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis logam, lengkap beserta penjelasannya, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (4/11/2021).

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Logam

1. Emas

Emas adalah unsur logam yang mempunyai struktur atau sifat yang lunak. Selain itu, emas mempunyai warna kuning terang yang biasanya digunakan untuk perhiasan dan alat-alat elektronik.

2. Perak

Perak merupakan suatu logam yang mudah untuk dibentuk. Perak memiliki warna dasar putih abu-abu.

Perak bisa dibilang konduktor panas listrik yang sangat baik. Dalam kehidupan sehari-har,i logam biasanya digunakan sebagai perhiasan serta peralatan rumah tangga.

3. Perunggu

Perunggu merupakan sebuah aloi dari tembaga serta timah, yang sudah dikenal sejak zaman kuno. Aloi memiliki sifat tahan korosi dan mudah untuk dibentuk.

4. Tembaga

Tembaga merupakan logam yang mudah untuk dibentuk, memiliki warna putih keperakan. Jenis logam yang baik digunakan untuk membuat kawat listrik.

Selain itu, tembaga digunakan sebagai tangki air panas, kebel listrik, serta aloi kuningan dan kupronikel.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Logam

5. Kuningan

Kuningan merupakan aloi, yang terbuat dari campuran dari tembaga dan seng. Kuningan banyak digunakan masyarakat sebagai perlengkapan berbagai hal, seperti barang-barang hiasan, sekrup, paku-paku kecil serta alat-alat musik, yang menggunakan tembaga sebagai komponennya.

6. Besi

Besi merupakan logam yang dihasilkan dari peleburan biji hematit di dalam tanur sembur. Besi banyak digunakan di tempat pembangunan dan pada bidang teknik pembuatan aloi baja.

7. Alumunium

Aluminium merupakan logam yang sangat ringan dan termasuk logam yang tahan korosi. Aluminium bisanya diguanakan pada kabel-kabel listrik lintas udara pesawat terbang, mobil, kapal, dan kaleng aluminium.

8. Timah

Timah merupakan logam lunak yang mudah untuk dibentuk. Timah mempunyai warna putih keperakan. Timah terbuat dari logam campuran dan biasa digunakan untuk solder.

4 dari 5 halaman

Penggolongan Bentuk Logam di Pasaran

1. Besi cor

Dari sekian banyak logam yang ada, besi cor merupakan satu di antara jenis logam tertua dan murah yang pernah ditemukan manusia. Logam ini memiliki banyak kegunaan, sekitar 80 persen mesin kendaraan terbuat dari besi cor.

Besi cor pada dasarnya merupakan paduan eutektik dari besi dan karbon.

2. Sheet Metal

Sheet metal atau logam lembaran adalah proses fabrikasi atau pembuatan lembaran metal untuk berbagai keperluan. Lembaran logam yang dihasilkan dibentuk menjadi produk-produk standard.

Produk tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan kantor, sekolah, rumah sakit, bengkel kerja, alat-alat rumah tangga, dan lain sebagainya.

Namun, ada juga perusahaan yang memproses lembaran metal atau logam sesuai desain dan permintaan si pemesan.

5 dari 5 halaman

Penggolongan Bentuk Logam di Pasaran

3. Pelat

Pelat adalah bahan baku logam yang berupa lembaran dengan ketebalan bahan lebih dari 1/4 inci. Pelat merupakan bahan baku dalam pembuatan berbagai macam peralatan dan perlengkapan industri.

Bahan pelat dapat terbuat dari berbagai jenis bahan. Jenis bahan pelat dapat dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu, bahan pelat logam ferro (besi) dan non logam ferro (besi).

4. Besi Hollow

Besi hollow merupakan satu di antara besi yang berbentuk pipa kotak atau silinder dan kosong di bagian dalamnya. Besi hollow secara umum terbuat dari bahan besi galvanis, stainless, atau besi baja.

Saat ini besi hollow menjadi besi yang populer di kalangan masyarakat karena memiliki fungsi yang beragam. Beberapa fungsi dari besi hollow ini antara lain sebagai bahan membuat kanopi, pagar, pintu besi, teralis minimalis modern, railing, dan lain-lain.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer