Sukses


4 Cara Mengatasi Dagu Berlipat, Butuh Kesabaran dan Ketekunan

Bola.com, Jakarta - Dagu berlipat merupakan kondisi tubuh yang umum dijumpai. Dagu berlipat atau double chin merupakan tanda seseorang mengalami kenaikan berat badan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan dagu berlipat, seperti faktor genetik dan usia.

Saat usia bertambah, kulit mulai kehilangan elastisitasnya. Hal tersebut membuat kulit menjadi kendor dan timbullah dagu berlipat.

Dagu berlipat juga bisa dipicu oleh postur tubuh yang buruk. Ketika postur tubuh Anda buruk, itu sebenarnya dapat melemahkan otot-otot di leher dan dagu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi dagu berlipat. Namun, Anda harus rutin melakukannya dan sabar, karena mengatasi dagu berlipat membutuhkan waktu yang lama.

Berikut cara mengatasi dagu berlipat, dilansir dari Klikdokter, Kamis (4/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Dagu Berlipat

1. Olahraga

Olahraga merupakan cara menghilangkan dagu berlipat yang paling praktis karena Anda tak perlu keluar uang atau bahkan keluar rumah. Olahraga wajah dapat memperkuat leher, rahang, dan jaringan ikat lokal sehingga membantu mengurangi dagu berlipat.

Satu di antara latihannya hanya memerlukan waktu beberapa menit per hari. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Tarik kepala Anda ke belakang dan lihatlah langit-langit. Monyongkan bibir seolah Anda hendak mencium langit-langit. Hal ini dilakukan untuk meregangkan area di bawah dagu. Kemudian, berhenti memonyongkan bibir dan kembalikan kepala ke posisi normal.
  • Gunakan bola berdiameter 20 cm dan letakkan di bawah dagu Anda. Gerakkan dagu seolah-olah menekan bola sekitar 20-25 kali per hari.
  • Dongakkan kepala Anda ke atas, kemudian melihat ke arah kanan. Dorong rahang bagian bawah ke arah depan, tahan selama 10 detik. Ulangi dengan arah berlawanan.

Selain melakukan olahraga yang memfokuskan pada kekencangan otot di area leher dan dagu, satu di antara cara menghilangkan dagu berlipat yang efektif adalah menurunkan berat badan. Supaya berat badan turun dengan lebih maksimal, lakukan olahraga 300 menit per minggu, atau 45 menit per hari.

Anda juga disarankan untuk melakukan strength training dua kali seminggu. Segala bentuk aktivitas fisik, seperti berkebun, membawa barang belanjaan, naik-turun tangga, masuk ke hitungan.

2. Pola Makan yang Tepat

Mengonsumsi makanan yang tepat bisa menjadi cara menghilangkan double chin. Terutama jika dagu berlipat Anda disebabkan oleh kenaikan berat badan.

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. Ini panduan makan sehat yang bisa Anda lakukan:

  • Makan sayur dan buah dengan cukup.
  • Mengganti gandum tak utuh (seperti nasi putih, roti putih) dengan gandum utuh.
  • Hindari makanan olahan.
  • Konsumsi protein rendah lemak, seperti unggas dan ikan.
  • Konsumsi lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Singkirkan makanan yang digoreng.
  • Pilih produk susu rendah lemak.
  • Batasi asupan gula.
  • Kontrol porsi makan agar tak berlebihan.
3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Dagu Berlipat

3. Lakukan Pemijatan dan Gerakan Mengunyah

Seiring bertambahnya usia, kulit akan makin kendur. Oleh karena itu, lakukanlah pemijatan di area kulit yang kendur dengan pola mengarah ke atas agar kulit menjadi kencang.

Selain itu, gerakan mengunyah jugamembantu, seperti mengunyah permen karet akan otomatis mengencangkan area dagu dan pipi. Terlebih, kebiasaan mengunyah permen karet akan mengurangi keinginan ngemil.

4. Lipolisis dan Mesoterapi

Jika penyebab double chin Anda adalah genetik, dokter mungkin akan menyarankan prosedur invasif seperti lipolisis dan mesoterapi.

  • Lipolisis

Lipolisis menggunakan sedot lemak atau panas dari laser untuk melarutkan lemak di bawah dagu dan membentuk kulit. Prosedur ini hanya menangani lemak, dan tidak menghilangkan kelebihan kulit atau meningkatkan elastisitas kulit. Efek samping lipolisis bisa berupa bengkak, memar, dan rasa sakit.

  • Mesoterapi

Saat mesoterapi, dokter akan menyuntikkan senyawa ke dalam dagu untuk melarutkan lemak. Proses ini bisa memakan waktu hingga enam bulan dan mungkin memerlukan lebih dari 100 suntikan pada beberapa orang. Jika dilakukan secara tidak benar, dapat menyebabkan kerusakan saraf.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 9/9/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer