Sukses


5 Cara Bijak agar Anak Mau Makan Pepaya, Patut Dicoba

Bola.com, Jakarta - Pepaya merupakan satu di antara buah yang kaya akan khasiat. Buah pepaya kaya serat dan bagus untuk mencegah sembelit.

Namun, buah pepaya memiliki aroma yang menyengat dan membuat kalangan anak-anak enggan memakannya. Bahkan ada yang menanggap aroma pepaya seperti aroma muntahan.

Secara ilmiah, buah pepaya mengeluarkan aroma yang menyengat karena mengandung enzim papain. Namun, di balik aromanya yang menyengat, enzim papain memiliki manfaat mampu membuat memecah protein yang sulit dicerna pencernaan.

Protein yang biasanya sulit dicerna sistem pencernaan adalah telur dan daging.

Itulah mengapa, sebagai orang tua, Anda perlu menyiasati agar sang buah hati mau memakan pepaya. Ada beberapa cara agar bau pepaya tersamarkan dan anak mau memakannya.

Berikut cara bijak agar anak mau makan buah pepaya, dilansir dari Klikdokter, Senin (8/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Bijak agar Anak Mau Makan Pepaya

1. Berikan Perasan Air Jeruk Nipis

Cara agar anak mau makan pepaya yang paling direkomendasikan adalah memberi perasan air jeruk nipis pada buah yang sudah dilumatkan atau dipotong-potong.

Jeruk nipis bisa menetralkan aroma dari enzim papain. Jika rasanya jadi agak asam, tambahkan sedikit gula pasir. Hasilnya, aroma dan rasa pepaya jadi lebih bersahabat untuk anak.

2. Dibuat Jadi Puding Buah

Solusi lain yang bisa jadi cara agar anak mau makan pepaya adalah dengan mengolahnya menjadi puding buah. Selain bentuknya lebih menarik buat anak, rasanya pasti jadi lebih enak dan baunya hilang.

Anda tinggal mengeruk buah pepaya dengan sendok keruk bulat, lalu masukkan ke larutan agar-agar yang sudah dicampurkan gula dan susu. Masak hingga mendidih lalu dinginkan di kulkas.

Untuk membuat vla puding, tinggal mengentalkan susu putih dan berikan sedikit campuran gula dengan tepung maizena.

3 dari 3 halaman

Cara Bijak agar Anak Mau Makan Pepaya

3. Dibuat Jadi Mocktail yang Disukai Anak

Cara agar anak mau makan pepaya dan baunya menjadi tak terlalu tajam adalah dengan membuatnya menjadi campuran mocktail.

Ganti air soda dengan air kelapa. Berikan gula dan tambahkan perasan air jeruk nipis. Lalu, masukkan pepaya yang sudah dikeruk dengan sendok keruk bulat.

4. Dimakan dengan Sambal Rujak yang Tidak Pedas

Cara makan pepaya ini bisa dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak. Anda tinggal membuat sambal rujak dari gula merah, kacang tanah, asam jawa, garam, dan sedikit air.

Beberapa anak tidak suka dengan rasa terasi dan rasa pedas dari cabai, jadi bahan tersebut tidak perlu ditambahkan ke dalam sambal rujak.

5. Dimasukkan ke Kulkas

Menyimpan buah pepaya di dalam kulkas mencegahnya untuk cepat matang, lembek, dan membusuk. Pepaya yang terlalu matang akan mengeluarkan aroma yang lebih menyengat.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 30/9/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer