Sukses


Pengertian Diksi, Ciri, Syarat Ketepatan, Fungsi, dan Tujuannya yang Penting Diketahui

Bola.com, Jakarta - Istilah diksi sudah tidak asing lagi di telinga, khususnya bagi kalian yang dekat dengan dunia literasi atau sastra.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online, diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan).

Tentunya, penulis yang baik harus menggunakan diksi yang benar dan tepat penempatannya sehingga mudah dipahami.

Penggunaan kosakata yang berlebihan bisa membuat orang lain sulit mengerti pesan yang disampaikan. Di sisi lain, pada dunia sastra, pemilihan diksi menjadi lebih krusial, sebab berkaitan dengan keindahan bahasa.

Diksi menjadi hal penting dalam dunia kepenulisan. Biasanya, pemilihan diksi sangat berguna dalam penulisan karya tulis, seperti puisi, novel, laporan, dan lainnya.

Itulah sedikit gambaran tentang diksi. Adapun untuk lebih lengkapnya, kamu bisa menyimak pembahasan mengenai diksi berikut ini, seperti dikutip dari laman Maxmanroe dan Dosenpendidikan, Rabu (10/11/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 4 halaman

Pengertian Diksi Menurut Para Ahli

1. Pengertian Diksi Menurut Para Ahli

- Harimurti

Diksi adalah pilihan kata dan kejelasan lafal untuk memperoleh efek tertentu dalam berbicara di depan umum atau dalam mengarang.

- Susilo Mansurudin

Diksi adalah pilihan kata. Pemakaian diksi yang tepat, cermat, dan benar dapat membantu memberi nilai pada suatu kata. Pilihan kata yang sesuai, dalam kata lain adalah tepat untuk mencegah kesalahan penafsiran yang berbeda.

- Widyamartaya

Diksi adalah kemampuan seseorang dalam membedakan secara tepat suatu nuansa-nuansa makna yang tepat dengan gagasan yang disampaikannya, dan kemampuan tersebut yang sesuai dengan kehendak dengan situasi dan nilai rasa yang dimiliki kelompok masyarakat dan pendengar atau pembaca.

- Enre

Diksi adalah penggunaan kata yang sesuai dalam mewakili pikiran dan juga perasaan yang ingin dinyatakan dalam suatu pola untuk kalimat.

- Gorys Keraf

Diksi adalah pilihan kata atau diksi jauh lebih luas dari apa yang dipantulkan oleh hubungan kata-kata itu. Istilah ini bukan saja dipergunakan untuk menyatakan kata-kata mana yang dipakai untuk mengungkapkan suatu ide atau gagasan, tetapi juga meliputi fraseologi, gaya bahasa, dan ungkapan.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri dan Syarat Ketepatan Diksi

2. Ciri-Ciri Diksi

  • Sesuai konteks kalimat yang akan diungkapkan sehingga nyaman saat dibaca sekaligus mudah dipahami.
  • Diksi tersebut mampu membedakan suasana, makna, dan bentuk kalimat sehingga selaras dengan nilai rasa dari pembacanya.
  • Menggunakan kosakata yang dipahami oleh masyarakat.
  • Diksi tersebut menyatu dengan kata yang lain hingga melahirkan sebuah makna yang tepat.

3. Syarat Ketepatan Diksi

  • Penggunaan kata konotasi dan denotasi secara cermat.
  • Penggunaan kata sinonim atau hampir sama maknanya secara cermat.
  • Dapat membedakan kata-kata yang memiliki ejaan yang mirip.
  • Penggunaan kata kerja pada kata depan harus secara idiomatis.
  • Harus dapat membedakan kata khusus dan umum dalam tulisan atau pidato agar ketepatan diksi terjamin.
  • Memperhatikan pemilihan kata yang tepat secara berkelanjutan dalam suatu tulisan maupun pidato.
4 dari 4 halaman

Fungsi secara Umum dan Tujuan Diksi

4. Fungsi Diksi secara Umum

  • Membantu audiens/pembaca mengerti apa yang disampaikan penulis atau pembicara.
  • Menciptakan aktivitas komunikasi yang lebih efektif dan efisien.
  • Menyampaikan gagasan atau ide dengan tepat.
  • Menjadi lambang ekspresi yang ada pada suatu gagasan.

5. Tujuan Diksi

Tujuan Diksi (pemilihan kata) adalah untuk memperoleh keindahan guna menambah daya ekspresivitas. Sebuah kata akan lebih jelas apabila pilihan kata tersebut sempurna serta sesuai.

Ketepatan pilihan istilah bertujuan agar tidak menimbulkan interpretasi yang berlainan antara penulis atau pembicara dengan pembaca atau pendengar, sedangkan kesesuaian kata bertujuan supaya tidak merusak suasana. Selain itu, untuk menghaluskan kata serta kalimat agar terasa lebih indah.

 

Sumber: maxmanroe.com, dosenpendidikan.co.id

Video Populer

Foto Populer