Sukses


Macam-Macam Komponen Listrik di Sekitar Rumah

Bola.com, Jakarta - Tak bisa dimungkiri, listrik merupakan kebutuhan penting dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa kegiatan manusia sangat bergantung pada energi listrik.

Manfaat listrik dalam kehidupan sehari-hari paling utama adalah sebagai sumber energi. Berbagai kebutuhan rumah tangga maupun masyarakat sangat tergantung pada adanya energi listrik.

Untuk bisa menggunakan listrik dibutuhkan sejumlah alat sebagai perantaranya. Alat-alat kelistrikan tersebut banyak terpasang di sekitar rumah.

Namun, ada sebagian orang yang mungkin tidak begitu mengetahui nama alat tersebut beserta fungsinya. Penting mengetahui alat atau komponen listrik yang ada di rumah.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam komponen listrik yang ada di sekitar rumah, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (11/11/2021).

2 dari 5 halaman

Pemanfaatan Energi Listrik

Sebelum membahas macam-macam komponen listrik, ketahui dulu pemanfaatan dari listrik. Secara garis besar, pemanfaatan energi listrik ialah sebagai berikut:

a. Sarana Penerangan

Sebelum ada listrik, penerangan di malam hari masih menggunakan api, baik itu dalam bentuk lilin maupun lampu pijar. Kondisi tersebut bisa dibiliang berisiko terjadinya kebakaran.

Sementara saat ini, baik siang maupun malam hari manusia tetap bisa mendapatkan penerangan secara memadai.

b. Fasilitas Hiburan

Ada banyak perangkat hiburan yang hanya bisa dioperasikan dengan menggunakan listrik, seperti televisi, smartphone, Playstation, dan masih banyak lagi lainnya.

3 dari 5 halaman

Pemanfaatan Energi Listrik

c. Peralatan Rumah Tangga

Listrik adalah sumber energi yang akan menunjang kegiatan rumah tangga menjadi lebih mudah, misalnya digunakan untuk menghidupkan mesin cuci, vacuum cleaner, dan juga sejenisnya.

d. Peralatan Kerja

Bagi kalangan milenial yang bekerja dari rumah, listrik menjadi menjadi kebutuhan untuk alat kerjanya. Misal untuk menyalakan komputer, smartphone, maupun gadget lainnya.

e. Peralatan Keamanan

Dalam sebuah kompleks perumahan, fasilitas keamanan juga membutuhkan energi listrik. Meski sudah ada satpam yang bertugas 24 jam di pos jaga, masih diperkuat dengan fasilitas penunjang. Misalnya CCTV, alarm, alat komunikasi, maupun layar pemantau.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Komponen Listrik di Sekitar Rumah

1. Bargainsaer (Meteran Listrik)

Alat ini biasanya kita temui di dinding depan setiap rumah yang berlangganan listrik PLN. Setiap bargainser memuat data ID pelanggan seperti nomor kontak dan nama yang berfungsi untuk memudahkan pencatatan pemakaian listrik pelanggan.

Meteran ini terdapat dua jenis yaitu meteran pascabayar dan prabayar atau biasa dikenal pulsa listrik.

2. Steker

Steker adalah istilah satu di antara alat listrik yang biasa disebut colokan listrik. Komponen ini berfungsi untuk menghantarkan listrik ke stop kontak. Biasanya terpasang pada setiap barang elektronik.

3. Saklar

Saklar berfungsi sebagai pemutus arus listrik dari sumbernya. Sederhananya, saklar adalah tombol yang digunakan untuk menyalakan dan menghidupkan lampu.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Komponen Listrik di Sekitar Rumah

4. Fitting

Komponen listrik yang satu ini lebih sering disebut sebagai dudukan lampu. Sedangkan istillah 'fitting' merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris. Fitting digunakan untuk memasang lampu di langit-langit rumah, di dinding, maupun di tempat lainnya.

5. Stop Kontak

Sebagian orang mengenal stop kontak dengan nama kabel terminal atau bahkan colokan listrik. Stop kontak berfungsi sebagai terminal atau perantara aliran arus listrik dari sumber listrik ke dalam perangkat

6. Multiplug

Multiplug adalah jenis alat listrik yang memiliki lebih dari satu stop kontak sehingga orang yang memiliki kebutuhan banyak tenaga listrik bisa menjadikan multiplug sebagai alternatif.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer