Sukses


Daftar Makanan dan Minuman yang Efeknya Kurang Baik untuk Gigi

Bola.com, Jakarta - Kesehatan gigi harus selalu dijaga sedari dini agar tidak menyesal di kemudian hari. Gigi berlubang, karang gigi, dan plak menjadi beberapa gangguan kesehatan yang sering dialami oleh gigi.

Penyebabnya bisa beragam, satu di antarnya adalah adanya kuman di dalam mulut. Tidak hanya itu, berbagai makanan yang kita konsumsi juga bisa memengaruhi kesehatan gigi, terlebih makanan yang kaya kandungan gula.

Maka itu, sebaiknya Anda mencoba menghindari beberapa makanan yang berisiko memberikan efek kurang baik untuk gigi Anda. Jika tidak bisa menghindarinya, coba untuk memulainya dengan mengurangi jumlah konsumsinya.

Selain itu, Anda perlu menjaga kesehatan gigi dengan menyikat gigi secara rutin serta berkumur dengan cairan antiseptik yang bisa membunuh kuman.

Berkaitan dengan itu, berikut daftar makanan dan minuman yang efeknya kurang baik untuk gigi, dan sebaiknya Anda batasi konsumsinya, dilansir dari Klikdokter, Kamis (11/11/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Efeknya Kurang Baik untuk Gigi

1. Permen Asam

Hampir semua jenis makanan yang memiliki kandungan asam tinggi dapat mengikis lapisan enamel (lapisan terluar yang melindungi gigi). Buruknya, menyikat gigi setelah mengonsumsi kudapan ini bukannya melindungi gigi, tetapi malah dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Permen asam umumnya memiliki tekstur yang kenyal sehingga dapat menempel tanpa disadari dalam jangka waktu yang lama.

Sisa permen tersebut dapat menyebabkan menempelnya plak. Jika tidak dibersihkan dengan baik, lama-kelamaan plak membusuk dan menggerogoti gigi. Tetapi, sebaiknya jangan langsung menyikat gigi setelah makan permen asam. Tunggu kira-kira 30 hingga 60 menit setelahnya.

2. Jeruk

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa jeruk masuk daftar makanan yang buruk untuk gigi? Hal ini bisa terjadi jika Anda terlalu sering mengonsumsi jeruk. Kandungan asam di dalamnya dapat mengikis lapisan enamel sehingga membuat gigi rentan rusak.

Agar jeruk tidak menyebabkan masalah pada gigi, minumlah air putih setelah mengonsumsinya.

3. Es Batu

Es batu juga bisa menjadi penyebab gigi rusak karena orang sering kali menikmati es batu dengan cara menggigitnya. Padahal, kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan gigi retak atau patah sehingga dapat membuat gigi menjadi lebih sensitif.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Efeknya Kurang Baik untuk Gigi

4. Minuman Beralkohol 

Alkohol bisa menjadi minuman yang merusak gigi. Tidak sedikit masalah gigi dan mulut yang muncul akibat konsumsi alkohol, satu di antaranya mulut dapat menjadi kering.

Pada kondisi mulut kering, seseorang memiliki air liur yang sedikit. Air liur ini berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan serta melindungi gigi dari pembusukan. Jika mulut kering dibiarkan, dapat berdampak buruk terhadap kesehatan gigi.

5. Buah Kering

Anda mungkin berasumsi bahwa buah-buahan kering merupakan camilan sehat. Itu mungkin benar. Tetapi. banyak buah-buahan yang dikeringkan memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang lengket.

Buah-buah tersebut dapat terjebak dan menempel pada celah maupun permukaan gigi, meninggalkan banyak gula. Jika Anda memang suka buah kering, batasi konsumsinya dan pastikan berkumur dengan air setelahnya.

6. Keripik Kentang

Menikmati keripik kentang saat menonton TV memang terasa menyenangkan. Tetapi, keripik kentang mengandung pati yang dapat berubah menjadi gula. Jika gula tersebut sudah terjebak, tentu akan menjadi makanan bakteri yang terdapat dalam plak.

Oleh karena itu, keripik kentang juga masuk daftar makanan dan minuman yang dapat merusak gigi.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan dan Minuman yang Efeknya Kurang Baik untuk Gigi

7. Soda 

Minuman bersoda menjadi satu di antara minuman yang dapat merusak gigi. Kandungan gula, asam, dan karbonasi yang ada di dalamnya mempercepat pertumbuhan bakteri perusak gigi.

Selain itu, kandungan tersebut dapat mempercepat terjadinya proses pengikisan lapisan enamel.

8. Kopi dan Teh

Meski kandungan kafein di dalam kopi dan teh memiliki manfaat untuk kesehatan, terlalu banyak orang yang tidak tahan untuk menambahkan gula ke dalam minuman tersebut.

Perlu diketahui bahwa kopi dan teh bisa mengeringkan mulut serta menodai gigi. Jika Anda ingin mengonsumsinya, pastikan untuk minum banyak air putih dan cobalah untuk mengurangi penggunaan gula seminimal mungkin.

9. Roti 

Tanpa disadari, roti bisa menjadi makanan yang buruk untuk gigi. Mengapa mengunyah sepotong roti dapat menyebabkan kerusakan gigi?

Roti putih atau makanan lain yang kaya zat tepung menyebabkan air liur memecah pati menjadi gula. Gula ini dapat menempel pada celah gigi sehingga bisa menimbulkan kerusakan gigi atau gigi berlubang.

10. Sports Drink

Sekilas, minuman ini terdengar sehat, tetapi gula yang terdapat di dalamnya tergolong tinggi. Selain kandungan gulanya yang tinggi, minuman olahraga juga mengandung asam tinggi sehingga berpotensi mengikis gigi.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published:13/5/2020)

Yuk, baca artikel kesehatan lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer