Sukses


Cegah Penyebaran COVID-19, Prokes Ketat Bakal Diterapkan di Indonesia Masters 2021

Bola.com, Nusa Dua - Indonesia Masters 2021 akan berlangsung di Westin Resort, Nusa Dua, Bali. Demi mencegah penyebaran COVID-19 pada rangkaian turnamen bulutangkis bertajuk Indonesia Badminton Festival (IBF) 2021 tersebut, protokol kesehatan ketat bakal dilakukan.

"Prosedur ini kami lakukan mengingat turnamen digelar pada saat pandemi belum berakhir," ujar Kabid Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19 Sonny B. Harmadi di Bali International Convention Centre and Westin Resort, Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/11/2021).

"Sebab kegiatan ini menyangkut pula dengan adanya orang-orang dari luar negeri. Jadi, protokol kesehatan diberlakukan sangat ketat dan kontinyu dalam pelaksanaan maupun pengawasannya," lanjutnya.

Rangkaian acara Indonesia Badminton Festival terdiri dari tiga turnamen bergengsi, dan dimulai dengan ajang Daihatsu Indonesia Masters dari 16 sampai 21 November 2021. Untuk kali pertama, turnamen menerapkan sistem gelumbung penuh (full bubble system).

Ini dilakukan sebagai upaya mencegah interaksi dari pihak luar. Kemudian untuk para atlet, wasit, ofisial dan pihak terkait dengan turnamen diinapkan di Westin Resort.

Rencananya, Indonesia Masters 2021 bakal digelar di Bali International Convention Centre and Westin Resort, Nusa Dua. Seluruh pihak terkait bakal melakukan tes PCR maupun Antigen secara berkala.

 

2 dari 3 halaman

Menurunkan 5 Personel

Lebih jauh Sonny mengatakan, pihaknya menurunkan lima personel setiap hari untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan. Mulai dari lokasi pertandingan, tempat latihan, fasilitas pelatihan, fasilitas hotel hingga kamar tidur para peserta.

Kemudian kelengkapan fasilitas cuci tangan, hand sanitizer serta penggunaan masker termasuk dalam prosedur standar operasi yang diterapkan.

"Kami sudah berada di lokasi sejak 7 November untuk memantau kesiapan dan kegiatan yang ada di Westin Resort. Diharapkan dengan ini resiko penularan dan penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir," ungkap Sonny.

Ketika disinggung bilamana ada orang yang terdeteksi positif COVID-19 dalam gelembung, Sonny menegaskan pihaknya bekerjasama dengan panitia pelaksana sudah menyediakan ruangan khusus karantina.

Sementara itu, bilamana diperlukan asistensi medis lebih lanjut, maka akan dikirim ke Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar.

"Bila ditemukan Orang Tanpa Gejala (OTG) atau positif, panpel sudah menyediakan tempat karantina dan untuk rumah sakit akan dikirim ke RSUP Sanglah Denpasar," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Sanksi Tegas

Menyoal adanya aktivitas keluar masuk dari bubble tanpa kepentingan dan izin, pihak panpel melakukan pengawasan ketat dan memberlakukan sanksi tegas.

"Bila ada yang melakukan kegiatan keluar-masuk kawasan Westin Resort tanpa izin maupun pengawasan dari Satgas Penanganan COVID-19, adalah pelanggaran paling berat."

"Kemungkinan bisa dikeluarkan dari gelembung dan tidak boleh kembali lagi," tukas Sudarto Adinagoro selaku Ketua Satgas Protokol Kesehatan IBF 2021.

Video Populer

Foto Populer