Sukses


7 Manfaat Sehat Merendam Kaki dengan Air Garam, Tak Sekadar Sentuhan Relaksasi

Bola.com, Jakarta - Merendam kaki dengan air garam merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Kegiatan ini merupakan terapi rumahan yang telah dilakukan sejah dulu.

Merendam kaki dengan air garam tidak membutuhkan peralatan yang ribet, sediakan ember besar yang cukup menampung kedua kaki.

Setelah itu, isi dengan air hangat hingga agak penuk. Kemudian, tuangkan garam dapur dan larutkan. Tidak punya garam dapur? Anda bisa menggunakan garam laut (sea salt) atau garam epsom.

Setelah semua persiapan beres, rendam kaki anda selama 20 hingga 30 menit dan rasakan sensasi yang menyenangkan.

Selain memberikan sentuhan relaksasi, merendam kaki dengan air garam memiliki segudang manfaat kesehatan lainnya. Berikut beberapa manfaat sehat merendam kaki dengan air garam, dinukil dari Klikdokter, Senin (15/11/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Merendam Kaki dengan Air Garam

1. Menghilangkan Pegal

Merendam kaki dengan air garam dapat membantu menghilangkan pegal-pegal. Manfaat ini bukan dihasilkan oleh ramuan garam, melainkan air hangat.

Air hangat dapat membantu merelaksasi otot-otot kaki, tumit, dan betis setelah seharian berkontraksi saat Anda beraktivitas. Selain itu, air hangat dapat melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi menjadi lebih lancar.

2. Mengurangi Nyeri dan Bengkak

Meski masih belum dapat dipastikan, penelitian menyebut bahwa kandungan magnesium yang tinggi pada garam Epsom dapat berperan menghambat impuls nyeri dan bersifat antiradang.

Merendam kaki di air hangat yang dicampur garam epsom diduga bisa memberikan manfaat tersebut.

3 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Merendam Kaki dengan Air Garam

3. Membantu Atasi Lecet

Alas kaki yang sempit atau terlalu lama digunakan dapat membuat kaki lecet hingga muncul lepuhan. Merendam kaki dengan air garam epsom diduga dapat membantu meredakan kondisi tersebut.

Kandungan mineral di dalam garam epsom disebut dapat menenangkan dan melembutkan kulit. Luka lecet dan lepuh pun dapat lebih cepat sembuh.

4. Mencegah Infeksi Jamur

Garam epsom telah banyak digunakan untuk membantu mengatasi berbagai luka dan infeksi apabila digunakan dengan tepat. Selain itu, garam epsom konon dapat membantu menarik kelembapan kulit sehingga mencegah infeksi jamur pada kaki.

5. Mengurangi Bau Kaki

Natrium klorida (NaCl) yang terkandung dalam garam dapur atau garam laut merupakan cairan normal yang ada di tubuh dan bersifat antibakteri.

Maka itu, setelah seharian bekerja menggunakan sepatu, merendam kaki dengan air hangat bercampur garam yang disertai sikatan halus pada permukaan dan sela-sela jari dapat mengurangi bau kaki akibat bakteri.

4 dari 4 halaman

Manfaat Sehat Merendam Kaki dengan Air Garam

6. Membuat Kaki Menjadi Halus

Garam laut yang berbentuk lebih kasar dapat digosokkan pada permukaan kaki dan tumit untuk mengangkat sisa-sisa kulit mati. Garam jenis tersebut juga diduga mampu mengatasi kulit pecah-pecah, sehingga tampilannya lebih halus.

Tidak hanya itu, paparan magnesium pada kulit saat merendam kaki dalam air hangat bercampur garam terbukti dapat menjaga kelembapan kulit.

Pada kulit yang kering akibat alergi, air garam hangat dapat menjadi solusi.

7. Meredakan Stres

Merendam kaki dalam air hangat yang bercampur garam epsom lembut di kulit akan bantu menenangkan pikiran setelah melewati hari yang panjang dan melelahkan.

Dengan begitu, Anda bisa menjadikan aktivitas merendam kaki sebagai satu di antara cara melepas lelah dan mencegah stres di rumah.

Selain manfaat yang telah disebutkan, beberapa penelitian berhipotesis bahwa merendam kaki dengan air garam bisa membantu mengurangi bengkak, kram, radang sendi, bahkan meningkatkan kualitas tidur.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 12/1/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer