Sukses


Macam-Macam Bentuk Media Promosi, Ketahui Fungsinya

Bola.com, Jakarta - Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa pada dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Promosi merupakan satu di antara strategi pemasaran.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, promosi mempunyai arti perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya).

Bagi pelaku bisnis, promosi menjadi andalan utama untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya. Dengan promosi yang menarik, produkmu akan mendapat atensi dari masyarakat.

Bagi orang yang akan berkecimpung di dunia bisnis, tidak boleh sembarangan dalam membuat promosi. Sebab, kesalahan dalam membuat promosi bisa membuat konsumen tidak percaya dengan produk yang kamu jual.

Ada beragam cara yang bisa dijadikan sebagai media untuk mempromosikan barang atau jasa. Penting untuk mengetahui macam-macam media promosi tersebut.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam bentuk media promosi, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id, Selasa (16/11/2021).

2 dari 6 halaman

Fungsi Promosi

1. Informing (memberikan informasi)

Promosi merupakan sarana untuk mengenalkan produk kepada para konsumen. Promosi membuat konsumen sadar akan produk-produk baru.

Promosi menampilkan peran informasi bernilai lainnya, baik untuk merek yang diiklankan kepada konsumennya, dengan mengajarkan manfaat-manfaat baru dari merek yang telah ada.

2. Persuading (membujuk)

Media promosi atau iklan yang baik mampu membujuk pelanggan untuk mencoba produk dan jasa yang ditawarkan.

3. Reminding (mengingatkan)

Iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Saat kebutuhan muncul, yang berhubungan dengan produk dan jasa yang diiklankan.

Dampak promosi pada masa lalu memungkinkan merek pengiklan hadir di benak konsumen.

3 dari 6 halaman

Fungsi Promosi

4. Adding value (menambah nilai)

Ada tiga cara mendasar di mana perusahaan bisa memberi nilai tambah bagi penawaran konsumen, yakni inovasi, penyempurnaan kualitas, dan mengubah persepsi konsumen.

Promosi yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, lebih bergaya, lebih bergengsi, dan bisa lebih unggul dari tawaran pesaing.

5. Assisting (mendampingi upaya-upaya lain dari perusahaan)

Periklanan merupakan satu di antara alat promosi. Promosi membantu perwakilan penjualan.

Iklan mengawasi proses penjualan produk-produk perusahaan dan memberikan pendahuluan yang bernilai bagi wirausaha sebelum melakukan kontak personal dengan para pelanggan.

4 dari 6 halaman

Bentuk-Bentuk Media Promosi

1. Media internet

Media promosi terkini yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan media internet. Di era digital seperti sekarang, promosi bisa dibilang sangat efektif dan efisien.

Untuk melakukan promosi menggunakan media ini, kamu bisa menggunakan media sosial seperti website, WhatsApp, Facebook maupun Instagram yang tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal.

2. Brosur

Brosur sering digunakan saat mengadakan suatu event tertentu, termasuk sebagai media promosi.

Saat mengadakan suatu event tertentu, maka media promosi yang paling praktis untuk menarik masyarakat adalah menggunakan brosur.

Brosur dicetak dalam jumlah banyak dan dengan kualitas yang bagus. Selain itu, brosur bisa diterbitkan secara tidak berkala pada kesempatan tertentu jika dibutuhkan.

5 dari 6 halaman

Bentuk-Bentuk Media Promosi

3. Poster

Poster merupakan satu di antara sarana yang digunakan untuk melakukan promosi yang paling umum digunakan dan banyak dijumpai di tempat-tempat umum yang strategis.

Poster sangat berpotensi menarik perhatian yang melihat, maka itu harus didesain semenarik mungkin.

Dengan ukuran yang relatif besar, poster berpotensi menarik perhatian pembaca yang mengarah pada pesan merek.

4. Banner

Banner atau spanduk adalah media promosi untuk mengenalkan produk yang dicetak menggunakan print digital yang berbentuk portrait atau vertikal.

Biasanya banner dicetak dalam ukuran besar dan di pasang pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang. Maka itu, pasanglah banner di tempat yang mudah dan sering dilihat orang banyak.

6 dari 6 halaman

Bentuk-Bentuk Media Promosi

5. Televisi

Saat ini, bisa dibilang hampir setiap rumah mempunyai televisi. Media promosi yang satu ini bisa menampung banyak iklan.

Namun, pembuatan iklan di televisi membutuhkan banyak waktu dan biaya yang mahal. Selain itu, durasi iklannya maksimal hanya satu menit dan harus bergantian dengan iklan-iklan yang lain.

Beberapa hal tersebut yang perlu menjadi pertimbangan jika ingin menjadikan televisi sebagai media promosi.

6. Merchandise

Selain media promosi yang sudah disebutkan di atas, masih banyak lagi media yang dapat digunakan untuk memasarkan produk. Kreativitas dan ketepatan segmen pasar menjadi kuncinya.

Berbagai promotion item yang juga lazim digunakan sebagai merchandise, seperti calendar, mug, topi, gantungan kunci, dan lain-lain.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer