Sukses


Kumpulan Contoh Teks Pidato Pendek dan Menarik dalam Berbagai Tema

Bola.com, Jakarta - Pidato adalah keterampilan menyampaikan pesan di depan publik secara verbal dengan tujuan tertentu. Pidato dapat juga disebut dengan orasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak; wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Pidato bertujuan untuk memengaruhi, memberi suatu pemahaman, membuat orang lain senang dan puas dengan ucapan yang disampaikan.

Untuk biasa berpidato dengan baik, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Satu di antara yang harus disiapkan ialah naskah pidato.

Berikut ini kumpulan contoh teks pidato pendek dalam berbagai tema yang bisa dijadikan referensi, seperti dilansi dari laman thegorbalsla.com, Senin (15/11/2021).

2 dari 7 halaman

Contoh Pidato Pendidikan Moral

Assalamu 'alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh

Bapak dan Ibu sekalian yang saya hormati,

Kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas izin dan rida-Nya bisa berkumpul bersama hari ini. Adapun materi pidato yang akan saya sampaikan hari ini adalah tentang pendidikan moral.

Akhir-akhir ini kita sering melihat dan menonton berita mengenai kasus kriminal yang dilakukan oleh sekelompok orang atau oleh anak-anak yang masih sekolah. Bahkan banyak kasus pembunuhan, perkosaan, penganiayaan, penyalahgunaan narkotika dan tindak korupsi di antara para pejabat. Semua perilaku buruk tersebut akan merugikan kita semua, khususnya bagi para generasi muda.

Perilaku buruk tersebut terjadi karena kurangnya pendidikan moral di masyarakat. Maka itu, penting melakukan pengembangan pendidikan moral dengan cara menanamkannya pada anak-anak sedini mungkin di rumah. Buatlah pelajaran pendidikan moral yang menarik agar anak-anak tertarik dan memahami nilai-nilai moral yang diajarkan.

Mungkin penerapan pendidikan moral ini tidak mudah, tetapi kita jangan menyerah untuk menerapkan nilai moral di keluarga, masyarakat, dan instansi pendidikana agar kita bisa meminimalisasi perilaku buruk pada anak-anak dan tidak dilakukan lagi di generasi mendatang.

Sekian pidato singkat dari saya. Dengan kerendahan hati, saya mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan pada pidato saya ini. semoga rahmat Tuhan selalu melimpahi kita semua, sekian dan terima kasih.

Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.

3 dari 7 halaman

Contoh Pidato tentang Lingkungan

Assalamu 'alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh

Yang Terhormat,

Ibu wali kelas yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena berkah dan rida-Nya kita bisa berkumpul bersama pada hari yang cerah ini.

Teman-teman yang berbahagia,

Sudah sepatutnya kita tahu bahwa kebersihan lingkungan di sekitar kita harus dirawat dan dijaga. Jika lingkungan bersih maka bencana pun bisa terhindarkan. Menjaga kebersihan lingkungan juga akan mencegah berbagai penyakit yang mungkin timbul dari mana saja.

Hal pertama yang dapat kita lakukan dalam menjaga lingkungan adalah membersihkan lingkungan sekolah kita SMP Negeri xx Bandung, terutama kelas yang kita gunakan untuk belajar setiap hari.

Kita harus memupuk kesadaran untuk selalu membuang sampah pada tempatnya, melaksanakan kegiatan piket kebersihan di kelas setiap hari, dan membersihkan lingkungan sekolah seminggu sekali selama 30 menit sebelum dimulai pelajaran agar lingkungan sekolah juga senantiasa bersih dan sehat.

Teman-teman sekalian,

Mengutip kalimat kebersihan adalah sebagain dari iman maka saya harap kita semua mau membersihkan lingkungan sekolah untuk menciptakan lingkungan sekolah yang sehat, indah, dan nyaman. Sekian pidato dari saya, mohon maaf jika banyak kekurangan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.

4 dari 7 halaman

Contoh Pidato tentang Pendidikan

Assalamu 'alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh

Yang saya hormati, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bandung

Yang saya hormati, seluruh Dewan Kepala Sekolah SMU Kabupaten Bandung

Yang saya hormati, Persatuan Guru SMU Kabupaten Bandung

Serta seluruh siswa/siswi SMU se-Kabupaten Bandung

Pertama-tama mari kita panjatkan syukur kepada Allah SWT atas keberkahan dan kenikmatan-Nya sehingga kita semua dapat dipertemukan di sini dalam keadaan sehat dan sejahtera.

Pendidikan menjadi elemen penting dalam memajukan bangsa Indonesia ini. Tetapi, jika kita tidak memanfaatkan sarana pendidikan yang ada maka bangsa kita tidak akan maju dan berkembang. Ilmu pengetahuan juga bisa menjadi pegangan saat kita memecahkan masalah di hidup kita. Jika fakir ilmu maka bagaimana kita akan memecahkan segala persolan dalam hidup.

Mencari ilmu dan belajar bisa di mana saja, walau sejatinya kita belajar dan menuntut ilmu di sekolah atau lembaga formal lainnya. Yang penting kita harus selalu mau belajar untuk menambah ilmu pengetahuan kita.

Bagi para guru, jangan lelah untuk menebarkan ilmu yang bermanfaat untuk anak-anak didik kita, dan untuk para siswa jangan lelah menuntut ilmu agar kalian menjadi penerus bangsa.

Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat bagi kita semua, dan semoga Allah SWT selalu memberi rahmat-Nya untuk kita. Terima kasih.

Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.

5 dari 7 halaman

Contoh Pidato Kesehatan

Assalamu 'alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh,

Kepada yang terhormat Ibu Pembimbing kami serta teman-teman yang saya cintai, mari kita panjatkan puji syukur kita ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas keberkahan dan rahmat yang diberikan.

Pola hidup yang sehat sangat penting karena dengan itu kita akan terhindar dari segala macam penyakit. Pola hidup sehat juga menolong kita dari kekurangan gizi atau kelebihan gizi seperti obesitas. Pola hidup yang harus kita perhatikan di antaranya pola makan, pola tidur yang cukup, dan olahraga.

Olahraga yang teratur dapat membuat kita selalu fit, segar, dan daya tahan tubuh juga menjadi lebih kuat. Selain itu, istirahat atau tidur yang cukup akan membantu kita dalam mengembalikan tenaga yang sudah terpakai seharian. Pola hidup sehat yang baik tetap harus didukung oleh pikiran yang bersih dan selalu positif agar semuanya seimbang.

Demikianlah pidato ini saya sampaikan, saya harap kita semua bisa mengambil manfaat dari pidato kesehatan ini serta selalu menjaga kesehatan dengan memiliki pola hidup yang teratur. Maaf apabila ada salah kata, sekian dan terima kasih.

Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.

6 dari 7 halaman

Contoh Pidato Islami Singkat

Assalamu ’alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh,

Para hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang cukup bahagia ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat-Nya berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang saya hormati

Mengkonsumsi atau mencoba narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan, perbuatan setan, merusak jiwa dan raga dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba karena jika kita mencobanya maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati,

Mungkin sekian pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan dalam saya saya berpidato, mohon dimaafkan.

Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.

7 dari 7 halaman

Contoh Pidato Pergaulan Bebas

Assalamu 'alaikum Warrahmatulloh Wabarakatuh,

Bapak-bapak dan Ibu-ibu sekalian,

Di pagi yang cerah ini mari kita panjatkan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya sehingga kita bisa berkumpul bersama di sini. Pidato yang akan saya sampaikan ini bertema pergaulan bebas pada remaja.

Telah kita ketahui bahwa di zaman sekarang pergaulan bebas sudah mewabah di mana-mana sehingga merusak moral anak-anak muda Indonesia. kasus-kasus tersebut sungguh meresahkan para orangtua.

Tetapi, orangtua sering menjadi penyebab terjadinya pergaulan bebas tersebut, misalnya kurang memberi arahan pada anak, kurang memberi kasih sayang, atau cara mendidik yang salah. Lingkungan sekitar anak juga harus diperhatikan karena itu bisa menjadi satu di antara penyebab timbulnya penyalahgunaan narkotika atau masalah kriminal pada remaja.

Maka itu, kita sebagai orangtua harus selalu waspada dan mengupayakan anak-anak untuk tidak terjerembab ke pergaulan bebas. Caranya dengan memberi kasih sayang dan perhatian yang cukup, ajak anak komunikasi dalam segala hal, arahkan anak-anak ke hal positif misalnya teman-teman yang membawa pengaruh baik atau biarkan mereka berprestasi dalam karya.

Mungkin itu saja yang saya bahas dalam pidato tentang pergaulan bebas, mohon maaf jika banyak kesalahan. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu 'alaikum Warramatuloh Wabarakatuh.

 

Sumber: Thegorbalsla

Video Populer

Foto Populer