Sukses


Jenis-Jenis Penelitian Geografi, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Penelitian geografi adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan untuk menguji suatu kebenaran dan memecahkan permasalahan dalam ilmu geografi. Penelitian merupakan kegiatan yang dilakukan dengan cara mengamati secara mendalam.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan yang menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Untuk bisa melakukan penelitian geografi perlu memperhatikan beberapa hal. Ciri khas dari penelitian geografi ialah menggunakan pendekatan keruangan, ekologi, dan kompleks wilayah dalam mendapatkan masalah penelitian dan memecahkannya.

Penting juga mengetahui jenis-jenis penelitian geografi. Jenis-jenis penelitian geografi dibedakan berdasarkan tujuan, bentuk, dan metode penelitian.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis penelitian geografi dan sifat-sifatnya, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id, Rabu (17/11/2021).

2 dari 5 halaman

Sisat-Sifat Penelitian Geografi

Dalam melakukan penelitian geografi harus memahami sifat-sifatnya. Berikut ini sifat-sifat penelitian geografi:

a. Menggunakan ilmu pengetahuan sebagai landasan dan dilakukan secara sistematis.

b. Penelitian diawali dengan penemuan masalah geosfer.

c. Menganalisis lebih mendalam terhadap suatu kajian geosfer.

d. Menguji hasil penelitian yang telah dilakukan agar hasilnya lebih akurat.

e. Tujuan penelitian geografi adalah memecahkan suatu permasalahan

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penelitian Geografi Berdasarkan Tujuannya

Penelitian eksploratif

Penelitian eksploratif adalah penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan gagasan dasar tentang suatu topik permasalahan yang belum diketahui sebelummya.

Penelitian ini dikembangkan untuk menjawab pertanyaan what. Sifat dari penelitian ini adalah kreatif, fleksibel, terbuka, dan semua sumber dianggap penting.

Penelitian deskriptif

Penelitian deskriptif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai fenomena geosfer dengan cara mendeskripsikan sejumlah variabel yang berkaitan dengan fenomena yang diteliti.

Penelitian ini menekankan pada cara menemukan makna baru, menjelaskan sebuah kondisi dan mengategorikan informasi geosfer sesuai fakta.

Penelitian eksplanatif

Penelitian eksplanatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menguji suatu teori atau hipotesis guna memperkuat atau bahkan menolak teori atau hipotesis pada penelitian sebelumnya.

Penelitian ini bersifat memberikan penjelasan tentang pengetahuan yang teorinya sudah ada sebelumnya sehingga terkumpul berbagai generalisasi empiris.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penelitian Geografi Berdasarkan Bentuk

Studi kasus

Studi kasus merupakan penelitian yang mendalam tentang suatu aspek lingkungan sosial termasuk manusia yang dilakukan sedemikan rupa sehingga menghasilkan gambaran yang lengkap.

Studi kasus dilakukan dengan cara studi lapangan dan wawancara.

Survei

Survei adalah penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang jumlahnya banyak dan dalam jangka waktu tertentu. Survei dilakukan untuk menguji kebenaran hipotesis dan mendeskripsikan hubungan antarvariabel.

Eksperimen

Eksperimen adalah suatu penelitian yang berusaha mencari pengaruh variabel tertentu terhadap variabel lainnya dalam kondisi terkontrol, atau dengan kata lain penelitian yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh pemberian suatu treatment atau perlakukan terhadap subjek penelitian.

5 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Penelitian Geografi Berdasarkan Metodenya

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk menyelediki, menemukan, menggambarkan, dan menjelaskan kualitas atau keunggulan dari suatu fenomena yang tidak dapat diukur atau dihitung jumlahnya.

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang digunakan untuk memperoleh informasi atau data yang berupa angka sebagai alat menganalisis keterangan mengenai apa yang ingin diketahui.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer