Sukses


Jenis-Jenis Pemasaran Langsung, Ketahui Manfaatnya

Bola.com, Jakarta - Pemasaran adalah kegiatan terencana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau institusi dalam melakukan usaha. Pemasaran merupakan ujung tombak suatu perusahaan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia(KBBI) daring, pengertian dari pemasaran adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan.

Dengan menerapkan pemasaran, perusahaan dapat membangun hubungan yang lebih dekat dengan para konsumen. Adapun satu di antara bentuk pemasaran yang efektif ialah direct marketing atau pemasaran langsung.

Pemasaran langsung adalah strategi pemasaran yang memungkinkan sebuah perusahaan melakukan komunikasi dengan konsumen secara langsung.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis pemasaran langsung dan manfaatnya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.go.id, Rabu (17/11/2021). 

2 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Pemasaran Langsung

1. Personal Selling

Personal selling adalah proses memasarkan produk secara langsung bertatap muka dengan calon pembeli. Manajemen pemasaran biasanya akan menentukan tempat-tempat tujuan dan pasar yang strategis.

Personal selling dianggap sangat efektif untuk memperkenalkan produk baru. Hal ini akan membuat konsumen memahami barang/jasa yang diperdagangkan.

Selain itu, metode pemasaran personal selling bisa memudahkan penjual dalam menyampaikan identitas produk.

2. Direct Mail Marketing (Pemasaran surat langsung)

Direct Mail Marketing adalah jenis promosi produk usaha dengan cara memberikan berbagai penawaran menarik melalui pesan, brosur, dan sejenisnya kepada konsumen. Pengiriman surat bisa berupa fax mail, email, dan voice mail.

3. Catalog Marketing

Catalog marketing adalah jenis pemasaran dengan cara mengirimkan katalog ke berbagai pasar dan target lainnya yang memungkinkan.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Pemasaran Langsung

4. Telemarketing

Telemarketing adalah kegiatan memasarkan produk dengan cara memanfaatkan telepon atau komunikasi suara lainnya untuk mempromosikan produk.

Setelah mendapat persetujuan, kedua belah pihak baru melakukan pertemuan.

5. Kios Marketing

Kios marketing adalah jenis pemasaran produk berbasis modern dan daring dengan meletakkan sebuah mesin penerima pesanan pelanggan pada toko-toko mereka.

Beberapa perusahaan telah merancang mesin penerima pesanan pelanggan yang dinamakan kios dan menempatkannya di toko, bandara, dan tempat-tempat lain.

4 dari 5 halaman

Manfaat Pemasaran Langsung

Berikut ini manfaat pemasaran langsung:

1. Calon pelanggan sudah tertarget

Manfaat pemasaran langsung yang pertama yakni memungkinkan Anda untuk menargetkan kelompok pelanggan tertentu dengan pesan promosi yang disesuaikan.

Perusahaan memfokuskan pesan pada orang-orang yang paling mungkin membutuhkan produk atau layanan yang ditawarkan.

2. Anggaran pemasaran yang lebih efisien

Pemasaran langsung yang berfokus pada demografi tertentu dapat membantu usaha Anda menetapkan target penjualan yang masuk akal serta meningkatkan hasil penjualan dengan anggaran yang lebih efisien dibandingkan pemasaran tidak langsung.

5 dari 5 halaman

Manfaat Pemasaran Langsung

3. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Pemasaran langsung sangat baik untuk membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan dan prospek. Dengan manfaat pemasaran langsung ini memungkinkan marketer untuk mempersonalisasi pesan iklan dan penawaran.

Satu di antara strategi yang bagus untuk dilakukan ialah dengan cara menggabungkan kegiatan direct marketing dengan program loyalitas pelanggan. 

4. Membantu mendorong bisnis baru

Dengan pemasaran langsung, pemilik usaha memiliki landasan usaha yang bagus. Hal ini dapat terjadi karena adanya komunikasi yang efektif dengan target pasar.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer