Sukses


Macam-Macam Penyebab Muka Berjerawat, Perlu Diperhatikan

Bola.com, Jakarta - Ketika memasuki masa pubertas, kulit khususnya di muka bisa muncul jerawat. Jerawat biasanya muncul pada remaja dari usia 12 hingga 24 tahun.

Kendati demikian, dilansir dari laman American Academy of Dermatology, aad.org, masih memungkinkan orang mengalami muka berjerawat di usia 30-an hingga 40-an.

Bagi sebagian orang, muka berjerawat merupakan hal sepele. Namun, tidak sedikit yang merasa terganggu akan masalah kesehatan kulit ini.

Baik itu bisa merusak penampilan, dapat memengaruhi kepercayaan diri, hingga menyebabkan tekanan emosional.

Bagi Anda yang mengalami permasalahan ini, tidak perlu khawatir. Pasalnya, timbulnya jerawat di muka sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Meski begitu, Anda tetap harus memiliki perhatian khusus ketika mengalami masalah kulit ini.

Timbulnya jerawat bisa disebabkan beberapa faktor, termasuk melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk secara sadar maupun tidak.

Berikut ini macam-macam penyebab muka berjerawat, disadur dari laman Klikdokter, Rabu (17/11/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Muka Berjerawat

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka merupakan suatu keharusan untuk menjaga kulit muka tetap bersih. Tetapi, mencuci muka terlalu sering bisa memperburuk kondisi jerawat. Hal itu karena membersihkan muka terlalu sering akan mengakibatkan kulit menjadi kering sehingga menjadi lebih mudah iritasi.

Usahakan mencuci muka dilakukan sebanyak dua kali sehari, yaitu di pagi dan malam hari. Pastikan mencucinya muka sampai bersih supaya jerawat bisa dihindari.

2. Terlalu Keras Menggosok Kulit Muka

Menggosok kulit muka menggunakan waslap atau exfoliant akan mengakibatkan iritasi. Selain memperburuk tekstur kulit, menggosok terlalu keras bisa merangsang pertumbuhan jerawat baru.

Untuk mencegah jerawat, cucilah menggunakan sabun pembersih muka dan air hangat. Ketika mencuci muka, tidak perlu menggosok terlalu keras ke muka. Pakai jari-jari tangan secara lembut dengan menambah sedikit pijatan supaya kulit muka lebih bersih dan  peredaran darah pun lancar.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Muka Berjerawat

3. Tidak Membersihkan Kulit yang Berkeringat

Sehabis olahraga atau beraktivitas berat, kulit Anda mungkin akan relatif banyak berkeringat. Jangan abaikan keringat hingga mengering di kulit Anda. Sebab, keringat mampu menghasilkan bakteri dan sebum menumpuk di muka sehingga memicu jerawat.

Sebagai gantinya, segera mandi atau bersihkan kulit Anda. Tujuan mandi ialah menghalangi bakteri serta sebum yang menyumbat di pori-pori Anda.

4. Mengupas Kulit dan Memencet Jerawat

Meski Anda sangat ingin mengelupas atau memencet jerawat di muka, usahakan hindari kebiasaan ini. Kebiasaan tersebut bisa menyebabkan peradangan jerawat bertambah parah karena meremas nanah di dalam kulit.

Selain itu, memencet jerawat dengan tangan yang tidak bersih akan menambah risiko keluarnya jerawat baru. Tindakan ini bahkan bisa meninggalkan bekas luka.

Jauhkan tangan Anda dari muka dan biarkan jerawat mengempis sendirinya dengan bantuan krim antijerawat atau losion.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Muka Berjerawat

5. Produk Rambut Menempel di Muka

Usahakan tidak ada hairspray, gel, minyak rambut, atau produk rambut lainnya di muka. Keberadaan produk rambut tadi bisa menyumbat pori-pori muka dan bisa mengakibatkan jerawat.

Bila Anda menggunakan produk kesehatan rambut, tutupi muka Anda waktu mengaplikasikannya. Jika tak sengaja terkena muka, segera cuci bagian tersebut menggunakan air bersih.

6. Banyak Mengonsumsi Makanan Berminyak

Mengonsumsi makanan berminyak mampu memperparah kondisi kulit yang rentan berjerawat. Sebab makanan tersebut meningkatkan produksi minyak di muka serta peradangan di tubuh.

Untuk itu, usahakan jalankan diet sehat. Hindari mengonsumsi makanan yang diolah dengan cara digoreng demi menjaga kesehatan kulit Anda.

 

Disadur dari: Klikdokter.com (Published: 4/4/2021).

Dapatkan artikel macam dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer