Sukses


Macam-Macam Penyebab Muka Berminyak yang Penting untuk Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kulit lengket, mengilap, dan mudah berjerawat bukan hal yang asing jika Anda memiliki jenis kulit muka berminyak. Kulit muka berminyak dapat mengganggu aktivitas dan bisa mengurangi kepercayaan diri.

Masalah kulit yang satu ini terjadi tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga laki-laki. Biasanya, kebanyakan orang mengatasi keluhan muka berminyak dengan mencuci muka.

Namun, mencuci muka saja tidak cukup untuk mengatasi permasalahan tersebut. Diperlukan perawatan yang tepat dan rutin agar kulit muka tetap bersih dan terjaga kesehatannya.

Minyak di kulit muka atau disebut sebum dihasilkan oleh kelenjar sebasea (sebaceous glands) yang berukuran sangat kecil, dan jumlahnya paling banyak di kulit muka dan kepala.

Sebum berfungsi untuk melindungi dan menjaga kelembapan kulit. Namun, bila produksi sebum berlebihan, kulit berminyak bisa terjadi sehingga rentan menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat muncul.

Ada berbagai penyebab muka berminyak yang dapat terjadi. Maka itu, penting untuk mengetahui penyebab muka berminyak agarĀ dapat mengatasinya dengan tepat.

Berikut ini macam-macam penyebab muka berminyak, disadur dariĀ Brilio, Kamis (18/11/2021).

2 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Muka Berminyak

1. Faktor Genetik

Muka berminyak kerap terjadi karena faktor keturunan. Apabila satu di antara satu orang tua mempunyai kulit muka berminyak, anak juga kemungkinan mempunyai jenis kulit serupa.

2. Faktor Usia

Meski bukan berasal dari keluarga yang memiliki kulit berminyak, masalah ini tetap bisa muncul seiring bertambahnya usia. Kelompok remaja dan orang dewasa muda umumnya paling sering mengeluhkan muka berminyak.

Bahkan, kelenjar sebasea dapat memproduksi sebum mencapai 500 persen ketika seseorang memasuki masa pubertas. Namun, seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan protein pada kulit, termasuk kolagen.

Akibatnya kulit menjadi kering dan kerutan lebih terlihat karena kurangnya kolagen dan sebum. Tak ayal, tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus akan mulai bermunculan.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Muka Berminyak

3. Lokasi Tempat Tinggal dan Cuaca

Lokasi tempat tinggal dan cuaca bisa menjadi penyebab kulit berminyak. Biasanya yang berdomisili di tempat yang panas, dengan kelembapan udara yang tinggi, berisiko memiliki muka berminyak.

Temperatur udara lebih hangat dan pancaran sinar matahari lebih kuat mengakibatkan kulit memproduksi minyak berlebih atau cenderung mengilap, pada saat musim panas.

4. Pori-pori Muka Membesar

Penyebab kulit berminyak berikutnya yaitu akibat pori-pori muka yang membesar. Kondisi ini biasanya dialami akibat pertambahan usia, perubahan berat badan, maupun ketakcocokan kulit terhadap penggunaan produk perawatan kulit tertentu.

Pada kondisi ini kelenjar sebasea akan menghasilkan sebum atau minyak alami yang lebih banyak.

4 dari 4 halaman

Macam-Macam Penyebab Muka Berminyak

5. Menggunakan Produk Perawatan Kulit yang Salah

Kulit berminyak juga dapat penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit. Penggunaan krim yang terlalu berat juga bisa mengakibatkan kulit menjadi berminyak.

6. Tidak Menggunakan Pelembap Muka

Pemilik kulit berminyak sering kali menganggap bahwa penggunaan moisturizer dapat membuat kulit muka berminyak. Padahal, pelembap tetap penting digunakan untuk kulit berminyak.

Terlebih jika seseorang menggunakan obat jerawat yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida. Tanpa pelembap, semua jenis kulit akan mengering. Penggunaan pelembap bisa mencegah kulit kering akibat pengobatan jerawat.

Ā 

Ā 

Disadur dari:Ā Brilio.net (Penulis: Desinta Ramadani. Published: 5/8/2021).

Dapatkan artikel macam berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer