Sukses


Cara Mengatasi KIPI secara Tepat setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19

Bola.com, Jakarta - Pemerintah masih terus mengencarkan program vaksinasi COVID-19 agar segera tercipta herd immunity atau kekebalan kelompok. Selain itu, pemberian vaksin kepada masyarakat menjadi satu di antara cara untuk menekan laju serta berperan penting untuk mengakhiri pandemi COVID-19.

Namun, sama seperti vaksin lainnya, setelah menerima vaksin COVID-19 diketahui memiliki efek samping bagi penerimanya.

Sebaiknya Anda menunggu sekitar 15 menit di lokasi untuk memastikan tidak ada reaksi atau Kejadian Ikutan Pasca Vaksinasi (KIPI) yang bersifat segera, meski hal ini jarang terjadi.

Dilansir dari laman cdc.gov dalam artikel berjudul "Possible Side Effects After Getting a COVID-19 Vaccine", efek samping vaksin COVID-19 dapat memengaruhi kemampuan kita untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Dua efek samping yang bisa dirasakan penerima vaksin COVID-19, yakni pada area tubuh yang disuntikan dan seluruh tubuh. Dilansir dari laman covid19.go.id, ada beberapa contoh KIPI yang paling umum terjadi seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan di area tempat suntikan.

Kemudian, lelah dan tidak enak badan. Ada juga yang mengalami kondisi mual dan muntah serta demam, pusing, pegal hingga diare.

Anda tidak perlu panik dan khawatir jika mengalami satu dari sekian kondisi tersebut. Reaksi yang terjadi adalah hal yang wajar sebagai efek samping dari tubuh yang menerima vaksin COVID-19 dan bisa hilang dalam beberapa hari.

Berikut ini panduan cara mengatasi KIPI secara tepat setelah mendapatkan vaksin COVID-19, dilansir dari laman covid19.go.id, Kamis (18/11/2021).

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi KIPI secara Tepat Usai Mendapatkan Vaksin COVID-19

- Ada lima hal yang bisa dilakukan jika mengalami reaksi setelah melakukan vaksin COVID-19, yakni:

  • Tetap tenang.
  • Jika terjadi reaksi seperti nyeri, bengkak atau kemerahan di tempat suntikan, kompres dengan air dingin pada lokasi tersebut.
  • Jika terjadi demam, kompres atau mandi dengan air hangat. Kemudian perbanyak minum air putih dan istirahat.
  • Jika dibutuhkan, minum obat sesuai anjuran petugas kesehatan.
  • Laporkan semua reaksi atau keluhan yang dialami setelah vaksinasi ke petugas kesehatan melalui nomor kontak yang tertera di kartu vaksinasi.

- Kendati demikian, ada sejumlah kondisi seseorang sebaiknya tidak menerima vaksin COVID-19 demi menghindari KIPI, yaitu:

  • Orang dengan riwayat reaksi alergi berat terhadap kandungan vaksin COVID-19.
  • Orang yang sedang sakit atau sedang mengalami gejala COVID-19 (vaksinasi dapat dilakukan setelah sembuh dan dengan persetujuan dokter).

Jangan lupa untuk selalu menerapkan secara disiplin 5M protokol kesehatan. Dimulai memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas demi kebaikan bersama.

 

Sumber: covid19.go.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer