Sukses


Macam-Macam Gangguan pada Sistem Pernapasan Manusia

Bola.com, Jakarta - Sistem pernapasan pada manusia adalah sistem organ yang digunakan untuk menghirup oksigen dari udara serta mengeluarkan karbon dioksida dan uap air.

Jadi, pernapasan merupakan proses pertukaran gas oksigen dan karbon dioksida Dalam proses pernapasan, oksigen merupakan zat kebutuhan utama.

Oksigen tersebut yang menjadi sumber bahan bakar tubuh untuk mengolah berbagai nutrisi. Selain berperan sebagai bahan bakar, oksigen juga berfungsi untuk mengalirkan darah ke seluruh organ tubuh.

Itulah mengapa, penting untuk menjaga sistem pernapasan tersebut agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai gangguan yang bisa menyebabkan penyakit.

Berikut ini rangkuman tentang macam-macam gangguan pada sistem pernapasan manusia yang penting untuk diketahui, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id, Jumat (19/11/2021).

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Gangguan pada Sistem Pernapasan      

Asma

Asma adalah gangguan pada rongga saluran pernapasan diakibatkan oleh kontraksi otot polos pada trakea yang mengakibatkan penderita sulit bernapas. Hal itu ditandai dengan kontraksi yang kaku dari bronkiolus.

Asma biasanya disebabkan oleh hipersensitivas bronkiolus terhadap benda-benda asing di udara. Penyebab penyakit ini juga bisa terjadi karena faktor psikis dan penyakit menurun.

Tuberkulosis (TBC)

Tuberkulosis merupakan penyakit spesifik yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosae. Bakteri ini dapat menyerang semua organ tubuh, tetapi yang paling sering adalah paru-paru dan tulang.

Penyakit ini menyebabkan proses difusi oksigen terganggu karena adanya bintik-bintik kecil pada dinding alveolus. Keadaan akan menyebabkan beberapa hal, seperti:

· Peningkatan kerja sebagian otot pernapasan yang berfungsi untuk pertukaran udara paru-paru.

· Mengurangi kapasitas vital dan pernapasan

· Mengurangi luas permukaan membran pernapasan, yang akan meningkatkan ketebalan membran pernapasan sehingga menimbulkan penurunan kapasitas difusi paru-paru

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Gangguan pada Sistem Pernapasan

Faringitis

Faringitis merupakan peradangan pada faring sehingga timbul rasa nyeri saat menelan makanan dan kerongkongan terasa kering. Gangguan ini disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Selain itu, bisa juga disebabkan terlalu banyak merokok. Adapun bakteri yang biasa menyerang penyakit ini adalah Streptococcus pharyngitis.

Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit karena peradangan pada bronkus (saluran yang membawa udara menuju paru-paru). Penyebabnya bisa karena infeksi kuman, bakteri atau virus.

Penyebab lainnya adalah asap rokok, debu, atau polutan udara.

Pneumonia

Pneumonia adalah peradangan paru-paru di mana alveolus biasanya terinfeksi oleh cairan dan eritrosit berlebihan. Infeksi disebarkan oleh bakteri dari satu alveolus ke alveolus lain hingga dapat meluas ke seluruh lobus bahkan seluruh paru-paru.

Pneumonia umumnya disebabkan oleh bakteri streptokokus (Streptococcus), Diplococcus pneumoniae, dan bakteri Mycoplasma pneumoniae.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Gangguan pada Sistem Pernapasan      

Emfisema

Emfisema adalah kelainan paru-paru disebabkan karena hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus adalah gelembung-gelembung yang terdapat dalam paru-paru.

Pada penderita emfisema, volume paru-paru lebih besar dibandingkan dengan orang yang sehat. Hal itu karena karbon dioksida yang seharusnya dikeluarkan dari paru-paru terperangkap di dalamnya.

Penyebab kehilangan elastisitas pada paru-paru ialah asap rokok dan kekurangan enzim alfa-1 antitrypsin

Dipteri

Dipteri merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphterial yang dapat menimbulkan penyumbatan pada rongga faring (faringitis) maupun laring (laringitis) oleh lendir yang dihasilkan oleh bakteri tersebut.

Asfiksi

Asfiksi adalah gangguan dalam pengangkutan oksigen ke jaringan yang disebabkan terganggunya fungsi paru-paru, pembuluh darah, atau jaringan tubuh. Misalnya alveolus yang terisi air karena seseorang tenggelam.

Gangguan lainnya ialah keracunan karbon monoksida yang disebabkan hemoglobin lebih mengikat karbon monoksida sehingga pengangkutan oksigen dalam darah berkurang.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Gangguan pada Sistem Pernapasan      

Kanker Paru-paru

Kanker paru-paru adalah kelainan karena pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali di dalam jaringan paru-paru. Kanker ini memengaruhi pertukaran gas di paru-paru dan menjalar ke seluruh bagian tubuh.

Merokok merupakan penyebab utama dari sekitar 90 persen kasus kanker paru-paru pada pria dan sekitar 70 persen kasus pada wanita. Makin banyak rokok yang dihisap, makin besar risiko untuk menderita kanker paru-paru.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan perokok pasif juga bisa menderita penyakit ini. Penyebab lain yang memicu penyakit ini adalah penderita menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum, dan radiasi ionisasi.

Laringitis

Laringitis atau radang pada laring. Penderita akan mengalami serak atau kehilangan suara. Penyebabnya karena infeksi, terlalu banyak merokok dan minum alkohol.

Sinusitis

Sinusitis adalah kelainan karena radang pada sinus. Sinus letaknya di daerah pipi kanan dan kiri batang hidung. Biasanya di dalam sinus terkumpul nanah yang harus dibuang melalui operasi.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer