Sukses


Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut

Bola.com, Jakarta - Bagi banyak orang, rambut adalah satu di antara bagian pada tubuh yang harus selalu dijaga karena rambut yang tidak sehat bisa menyebabkan kerontokan dan berbagai masalah lainnya, yang bisa memengaruhi kepercayaan diri.

Khususnya bagi kaum wanita, merawat rambut dan menjaganya agar tetap sehat menjadi kegiatan wajib yang dilakukan setiap hari.

Banyak obat atau krim perawatan rambut yang kaya akan kandungan nutrisi penting untuk rambut dan bisa digunakan untuk mencegah berbagai kerusakan rambut.

Ada juga bahan-bahan yang lebih alami seperti lidah buaya, minyak kelapa, hingga minyak kemiri yang bisa digunakan tanpa mengkhawatirkan efek sampingnya.

Namun, Anda juga perlu tahu bahwa menjaga kesehatan rambut tidak melulu dengan cara merawat rambut secara langsung, tetapi juga bisa dari dalam, yakni melalui berbagai makanan yang Anda konsumsi.

Tidak hanya bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh Anda, berbagai makanan yang Anda konsumsi juga memengaruhi kesehatan rambut.

Lantas, makanan apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk membantu agar rambut tetap terjaga kesehatannya?

Berikut daftar makanan yang dapat meningkatkan kesehatan rambut, dan patut untuk Anda coba, seperti dilansir dari Klikdokter, Selasa (23/11/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut

1. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti ikan salmon, tuna, dan sarden adalah sumber asam lemak tidak jenuh (omega 3). Studi membuktikan bahwa omega 3 termasuk sebagai jenis asam lemak yang terbukti dapat mengurangi rambut rontok. 

Tidak perlu khawatir ikan salmon sulit didapat di sekitar Anda. Ikan kembung, yang mudah diperoleh di Indonesia, juga mengandung omega 3 dalam jumlah yang cukup tinggi.

2. Kacang-kacangan

Folikel rambut tersusun dari protein. Oleh sebab itu, satu di antara nutrisi penting untuk menjaga kesehatan rambut adalah konsumsi sumber protein dalam jumlah yang cukup.

Satu di antara sumber protein yang baik adalah kacang-kacangan. Jenis kacang apa pun bisa diandalkan, seperti kacang merah, kacang tanah, dan kacang hitam.

Asam amino yang terkandung dalam makanan tersebut dapat membuat rambut lebih kuat dan tampak sehat.

3. Brokoli

Makan untuk rambut sehat berkilau berikutnya adalah brokoli. Siapa yang tidak kenal sayuran hijau yang sehat ini? Brokoli memiliki kandungan enzim indole-3-carbinol (I3C) yang bersifat sebagai antioksidan kuat.

Dengan kandungan tersebut, brokoli memberikan manfaat berupa perlindungan struktur DNA di berbagai sel tubuh, termasuk sel rambut. Dengan begitu, sel rambut juga akan terjaga dari oksidan.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut

4. Wortel

Wortel adalah sumber provitamin A dalam jumlah yang tinggi. Vitamin A baik dalam perkembangan sel kulit, termasuk sel rambut sebagai satu di antara bagian dari kulit.

5. Kedelai

Bahan dasar tahu dan tempe ini merupakan sumber protein yang sangat baik. Kandungan isoflavone di dalamnya menjadi primadona karena mampu menangkal radikal bebas. 

Selain baik dari segi kandungan protein, kandungan antioksidan yang ada di dalam kedelai dapat menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

6. Telur

Telur kaya akan biotin, suatu zat yang memiliki peran dalam proses pertumbuhan rambut. Satu di antara gejala kekurangan biotin adalah kebotakan (alopecia) dan penipisan rambut.

Oleh sebab itu, telur menjadi satu di antara makanan wajib untuk menjaga rambut agar tetap sehat, kuat, dan berkilau.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kesehatan Rambut

7. Susu Sapi dan Produk Turunannya

Selain kaya kalsium, susu sapi dan turunannya (keju, mentega, yoghurt, dan lainnya) merupakan sumber mineral seng (Zn) yang melimpah. Seng merupakan komponen integral proses pertumbuhan rambut. Saat terjadi kekurangan seng, rambut mudah kusam dan rontok.

Susu dan produk turunannya bisa menjadi solusi makanan untuk menjaga kesehatan rambut.

8. Sayuran Hijau tua

Sayuran berwarna hijau tua seperti bayam, sawi hijau, dan kale merupakan sumber vitamin C, zat besi, serta folat yang baik. Manfaat vitamin C tidak hanya untuk meregenerasi sel, namun juga berperan dalam produksi sebum (minyak).

Sebum di folikel rambut berfungsi sebagai pelembap alami bagi rambut. Dalam jumlah yang tepat, sebum sangat menjaga kesehatan rambut.

9. Gandum

Selain mengandung banyak serat, gandum memiliki kandungan zat besi dan kaya vitamin B. Kedua vitamin dan mineral ini bermanfaat untuk kesehatan sel tubuh secara keseluruhan, termasuk sel rambut.

10. Jambu Biji

Buah yang populer dibuat jus ini merupakan sumber makanan kaya vitamin C. Dalam satu cangkir buah jambu biji terkandung vitamin C hingga 377 miligram. Manfaat vitamin C dalam jambu biji berguna untuk produksi sebum serta menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published:19/1/2021).

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer