Sukses


Jenis-Jenis Musik Barat Beserta Penjelasannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Musik adalah seni mengombinasikan ritmik dari nada-nada, baik vokal maupun instrumental yang meliputi melodi dan harmoni sebagai ekspresi. Adanya musik dapat memperluas pengetahuan, komunikasi, dan pandangan.

Musik barat sering dijadikan media komunikasi yang baik dalam memengaruhi dan mewarnai berbagai musik di negara lain. Musik barat merupakan musik yang berasal dari negara-negara Eropa dan Amerika.

Genre musik atau jenis dari barat bisa dibilang sangat beragam. Genre musik adalah penggolongan untuk mengidentifikasi bagian-bagian musik.

Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan perbedaan gaya dan bentuk musik. Ada banyak genre dalam tradisi musik barat yang dikenal masyarakat secara umum.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis musik barat beserta penjelasannya yang penting untuk diketahu, seperti dilansir dari gerbangkurikulum.sma.kemdikbud.go.id, Selasa (23/11/2021). 

2 dari 8 halaman

Klasik

Musik klasik adalah musik yang diproduksi atau berakar pada tradisi budaya Barat, termasuk musik liturgi (agama) dan sekuler.

Musik ini mencakup musik dalam rentang waktu yang luas dari kronologi sejarah perkembangan musik barat, mulai zaman Yunani kuno hingga modern abad ke-20.

Karakteristik musik klasik mempunyai bentuk yang kompleks dan diperlukan keterampilan yang baik untuk memainkannya. Selain itu musik klasik selalu ditulis notasinya secara lengkap dan detail.

3 dari 8 halaman

Jazz

Jazz adalah genre musik yang berasal dari komunitas Afrika-Amerika di New Orleans, Amerika Serikat, pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20, dengan blues dan ragtime sebagai akarnya.

Musik Jazz merupakan gabungan dari tradisi musik klasik barat dan tradisi musik Afrika-Amerika.

Karakteristik umum musik jazz adalah irama swing, sinkopasi ketukan, nadablue note, harmoni yang kompleks dan permainan improvisasi. Sub genre Jazz, antara lain blues, swing, fusion, bosanova, dan lain-lain.

4 dari 8 halaman

Rock

Musik rock merupakan musik yang berkembang di Amerika pada akhir 1940-an - tahun 1950-an. Musik tersebut kemudian berkembang menjadi warna baru pada 1960-an, terutama di Inggris dan Amerika.

Perkembangan musik rock juga dipengaruhi perkembangan teknologi sistem tata suara seperti pengeras suara (amplifier) untuk instrumen, khususnya gitar elektrik.

Karakteristik musik rock adalah penggunaan pengeras suara efek-efek distorsi terutama pada gitar dan juga pola-pola pukulan drum yang menghentak-hentak dan bersemangat.

Sub genre musik rock, antara lain hard rock, punk rock, progressive rock, metal, heavy metal, dan sebagainya.

5 dari 8 halaman

Pop

Istilah musik pop awalnya digunakan untuk menyebut satu jenis genre musik yang dipercaya memiliki daya tarik populer. Sebuah aliran musik baru yang berusaha untuk dibedakan dari musik-musik yang sudah ada sebelumnya.

Meski musik pop tidak lepas dari pengaruh musik lainnya, seperti klasik, jazz, dan rock. Musik pop memiliki karakter dan dapat berkembang dengan sendirinya.

Musik pop menjadi genre yang sangat digemari karena memiliki bentuk yang sederhana, mudah diingat, dan bisa diterima semua kalangan.

The Beatles, ABBA adalah group yang sangat terkenal pada 1950. Musik pop kemudian menyebar ke seluruh penjuru negara.

Elvis Presley, Michael Jackson, dan Madonna menjadi terkenal karena pengaruh musik pop untuk dunia musik. Hal tersebut yang kemudian merangsang munculnya pembentukan MTV atau Music Television.

6 dari 8 halaman

Reggae

Musik reggae mulai berkembang dari kawasan Jamaica, Afrika, pada 1960-an. Reggae berasal dari bahasa Afrika, ragged yang berarti gerakan menghentak. Bob Marley menjadi icon dari genre musik ini dan terkenal di seluruh dunia.

Musik reggae tumbuh dari musik ska yang menjadi elemen style American R&B. Musik ini memiliki dasar musik yang mirip dengan aliran ska. Ritme musik reggae cenderung lebih lamban dan lebih menekankan pada kekuatan vokal.

Sedangkan pada ska, unsur melodi sangat dominan muncul dalam musiknya.

7 dari 8 halaman

Country

Country adalah genre musik populer yang berakar dari musik blues. Musik country awal kepopuleran dan perkembangannya berasal dari Amerika Serikat bagian Selatan pada awal 1920-an.

Bentuk dan gaya musik country juga banyak memberi pengaruh besar pada perkembangan musik popular di dunia. Karakteristik musik country adalah penggunaan gitar akustik, irama rancak atau suasana balada sebagai kontras, cengkok vokal yang khas.

8 dari 8 halaman

Elektronik

Musik elektronik adalah musik yang menggunakan alat musik elektronik, instrumen digital dan teknologi musik berbasis sirkuit. Seiring perkembangan teknologi baik analog maupun digital, musik elektronik pun mengalami perkembangan cukup pesat.

Satu di antara contohnya adalah karya musik Lathi dari Weird Genius. Sub genre musik elektronik antara lain house, dub step, techno, IDM, dan lain-lain.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer