Sukses


5 Manfaat Nonton Drama Korea bagi Kesehatan Mental, Media Terapi Alternatif

Bola.com, Jakarta - Menonton serial drama korea atau drakor merupakan hal yang wajib penggemarnya. Pencinta drakor bahkan rela menonton secara maraton di akhir pekan untuk melepaskan penat.

Drama korea merupakan satu di antara serial yang telah memiliki penggemar fanatik di seluruh dunia.

Melansir Forbes, K-drama alias drakor telah ditonton oleh 18 juta orang Amerika dan telah diterjemahkan dalam berbagai bahasa.

Sebagian orang yang gemar menyaksikan tontonan tersebut menganggap bahwa drama Korea dapat dijadikan sebagai media terapi. Apalagi di tengah pandemi COVID-19, menonton drakor bisa untuk menjaga kesehatan mental.

Berikut manfaat menonton drama korea atau drakor untuk kesehatan mental, dilansir dari Klikdokter, Rabu (24/11/2021).

2 dari 3 halaman

Manfaat Nonton Drama Korea

1. Mengontrol Emosi

Menonton drama Korea dapat berpengaruh pada cara Anda mengontrol emosi. Hal ini karena adegan-adegan dalam drakor mengekspresikan berbagai macam emosi, yang mendorong penonton untuk memahami dan merasakan kondisi serupa.

Lantaran hal tersebut, Anda mungkin bisa merasakan langsung emosi serupa dengan karakter yang ada di dalam drama. Hal ini baik bagi Anda untuk melatih mengendalikan emosi.

2. Mengobati Depresi

Jika sedang stres dan depresi, Anda memerlukan beberapa aktivitas yang sehat untuk mengatasi masalah tersebut. Satu di antara aktivitas sehat yang dimaksud adalah dengan menonton drama Korea.

Menonton drama Korea dapat memperbaiki suasana hati dan meningkatkan perasaan positif. Selain itu, menonton drama Korea juga bisa memicu pelepasan zat kimia otak, seperti serotonin dan dopamin.

Kedua senyawa tersebut dapat membantu meringankan stres dan perasaan negatif lain yang mengacaukan suasana hati.

3 dari 3 halaman

Manfaat Nonton Drama Korea

3. Baik untuk Kerja Otak

Saat nonton drakor, otak Anda bekerja dengan membayangkan adegan pada film tersebut. Hal ini dapat menjadi stimulasi yang baik untuk kerja otak.

Agar manfaat menonton drama korea yang satu ini dapat dirasakan lebih optimal, Anda disarankan menonton film dengan genre crime, suspense, dan thriller.

Genre tersebut dikenal menantang dan memiliki cerita rumit sehingga dapat membantu Anda berpikir lebih teliti.

Pada akhirnya, menonton drakor akan menciptakan pemikiran-pemikiran yang positif sehingga dapat membuat Anda lebih baik dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

4. Memotivasi Anda

Satu di antara manfaat lain dari menonton drakor adalah dapat membangun 'harapan' dalam diri apabila dilihat dari perspektif positif. Hal ini bisa terinspirasi dari berbagai hal positif yang disaksikan di drama Korea.

Misalnya, menonton film yang menampilkan adegan keluarga romantis dapat menginspirasi dan memotivasi Anda untuk menciptakan suasana seperti itu.

5. Relaksasi Tubuh

Menonton drama Korea menjadi satu di antara terapi untuk tubuh Anda yang sedang lelah. Anda dapat menghabiskan waktu bersantai sambil menonton adegan dan alur cerita bagus yang disukai.

Anda dapat memilih drama favorit untuk membangun suasana hati. Selain itu, Anda pun bisa sambil menikmati tontonan sambil mengonsumsi camilan yang disukai.

Dengan sejenak menikmati waktu menonton drama Korea, Anda telah membantu tubuh beristirahat. Hal ini bisa membuat Anda kembali bersemangat untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 21/9/2021)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer