Sukses


7 Cara Membersihkan Perhiasan Emas Menggunakan Bahan yang Ada di Rumah

Bola.com, Jakarta - Cara membersihkan perhiasan dari emas penting diketahui agar perhiasan tersebut tidak kusam dan bisa dipakai dengan lebih memancarkan kilau.

Banyak wanita, dan bahkan kaum pria, yang menggunakan perhiasan dari emas, seperti kalung, gelang, anting, dan cincin.

Perhiasan dari emas termasuk barang berharga, apalagi jika ditambahkan berlian atau batu berharga lainnya. 

Selain fungsinya sebagai aksesori, perhiasan dari emas juga bisa menjadi tabungan atau investasi, karena kelak bisa dijual lagi. Itulah mengapa, pemiliknya harus rajin merawatnya serta membersihkannya agar nilai jualnya tetap tinggi.

Ada cara mudah untuk membersihkan perhiasan emas, yang bisa kamu lakukan sendiri dengan bahan-bahan yang ada di rumah.

Berikut cara membersihkan perhiasan emas di rumah dengan bahan rumahan, seperti disadur dari Fimela, Jumat (25/11/2021).

2 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

1. Sabun Cuci Piring

Cara pertama adalah menggunakan sabun cuci piring untuk membersihkan perhiasan emas yang kusam. Sabun cuci piring memiliki surfaktan yang bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada emas. 

Caranya dengan mencampurkan sabun cuci piring dengan air hangat, kemudian rendam perhiasan emas selama 15 menit, lalu sikat dengan sikat gigi sampai bersih. Bilas dan keringkan dengan lap lembut.

2. Pasta Gigi

Selain bisa membersihkan gigi, pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan perhiasaan emas. Caranya dengan menyampurkan pasta gigi dengan air, lalu sikat emas dengan hati-hati menggunakan sikat gigi yang lembut. Setelah itu bilas sampai bersih dan keringkan dengan lap yang lembut.

3. Sampo

Cara yang selanjutnya yaitu menggunakan sampo. Sampo memiliki zat pembersih yang bisa menghilangkan kotoran yang menempel pada perhiasan emas. 

Campurkan 2 sdm sampo dengan air hangat, lalu rendam perhiasan emas selama 20 menit, sikat dengan lembut sampai bersih, bilas dan keringkan.

4. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan dapur yang bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas. Rendam perhiasan emas dengan campuran 60 ml baking soda dan 2 sdm air. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

3 dari 3 halaman

Cara Membersihkan Perhiasan Emas

5. Alkohol

Cara membersihkan perhiasan emas berikutnya yaitu dengan alkohol. Rendam perhiasan emas di dalam alkohol, lalu sikat sampai bersih, bilas dengan air mengalir dan keringkan.

6. Amonia

Amonia adalah bahan kimia yang bisa membantu membersihkan perhiasan emas. Caranya dengan mencampurkan amonia dan air dengan perbandingan 1:6, lalu rendam perhiasan emas selama 1 menit.

Usahakan tangan jangan sampai menyentuh campuran amonia. Gunakan pinset untuk mengambil emas dan sikat gigi untuk membersihkan emas. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

7. Air Mendidih

Cara terakhir untuk membersihkan perhiasan emas dengan mudah di rumah, yakni dengan air mendidih atau air panas. Namun, air mendidih hanya bisa digunakan untuk membersihkan perhiasan emas murni. 

Rendam perhiasan emas murni di air yang mendidih, lalu gosok emas dengan sikat dan keringkan.

 

 

Disadur dari: Fimela.com (Penulis: Kezia Prasetya Christvidya. Published: 18/4/2021)

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer