Sukses


Tata Cara Penulisan Daftar Pustaka secara Benar Beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Dengan mudah kamu dapat menemukan daftar pustaka, baik itu di buku, disertasi, tesis, skripsi, jurnal, laporan, majalah, koran, hingga berbagai jenis karya tulis ilmiah lainnya.

Daftar pustaka adalah tulisan yang berada di akhir sebuah karya tulis ilmiah, yang digunakan sebagai sumber atau referensi oleh seorang penulis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, daftar pustaka adalah daftar yang ada di dalam penyusunannya mencantumkan nama penulis, tahun terbit, judul karya tulis, informasi penerbit, dan keterangan lainnya yang ditempatkan pada bagian akhir suatu karya tulis atau buku dan disusun berdasarkan abjad.

Pada penulis suatu karya ilmiah, penulisan harus menyajikan informasi yang benar dalam daftar pustaka. Dengan begitu kamu terhindar dari kegiatan plagiat. Hal ini sudah menjadi kaidah penulisan atau etika dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Menulis daftar pustaka bisa dibilang bukanlah sesuatu yang mudah. Banyak orang masih kebingungan tentang cara menulis daftar pustaka secara benar. 

Nah, berikut ini tata cara penulisan daftar pustaka secara benar beserta contohnya, yang bisa kamu jadikan referensi sesuai kebutuhan, dilansir dari laman smkn1perhentianraja.sch.id, Senin (29/11/2021).

2 dari 4 halaman

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku

- Nama

Nama penulis ditulis paling awal. Ingat untuk selalu menuliskan nama belakang penulis terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan tanda koma (,) setelah itu cantumkan nama depan dan tengah penulis buku tersebut.

Jika buku tersebut merupakan karya dari dua penulis atau lebih, hanya penulis pertama yang urutan namanya dibalik. Penulis kedua dan seterusnya berada setelahnya dengan urutan yang sesuai nama aslinya.

Jika pada buku tersebut nama penulis dicantumkan lengkap dengan gelar pendidikan atau gelar lain, gelar-gelar tersebut tidak perlu dituliskan.

- Tahun Terbit

Setelah nama, cantumkan tahun terbit dari buku yang digunakan sebagai referensi. Jangan terkecoh pada angka tahun cetakan awal sebab bisa saja buku yang kamu pakai merupakan cetakan kedua, ketiga, atau terakhir.

- Judul Buku

Tuliskan judul buku secara lengkap. Jangan lupa, penulisan judul dibuat dengan italic (miring).

- Kota dan Nama Penerbit

Bagian terakhir dalam penulisan daftar pustaka sebuah buku adalah mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Dahulukan penulisan nama kota, baru diikuti dengan nama penerbit yang dibatasi dengan tanda titik dua (:).

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tanda batas dari setiap urutan. Pastikan menggunakan tanda titik (.) untuk membatasi urutan nama, tahun terbit, judul buku, hingga kota dan nama penerbit.

- Contoh Daftar Pustaka dari Buku

Data Buku:

Judul: Family Medical Care Volume 4

Penulis: Dr. John F. Knight

Penerbit: Indonesia Publishing House

Kota Penerbit: Bandung

Tahun Terbit: 2001

- Cara Penulisan

Knight, John F. 2001. Family Medical Care Volume 4. Bandung: Indonesia Publishing House.

3 dari 4 halaman

Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel dalam Jurnal, Koran, atau Majalah

- Nama

Pastikan nama yang ditulis dalam daftar pustaka artikel tersebut adalah penulis artikelnya, bukan editor dari jurnal, koran, atau majalah yang menjadi sumber referensi.

- Judul

Dahulukan penulisan judul artikel yang menjadi sumber referensi. Penulisan tidak dengan format italic, melainkan tegak lurus dengan pemberian tanda kutip (") pembuka dan penutup.

Setelah itu, lanjutkan dengan penulisan sumber jurnal atau majalah yang memuat artikel tersebut. Penulisan nama jurnal, majalah, atau koran baru dicetak miring.

Ikutkan di halaman berapa artikel tersebut dimuat yang ditulis dalam tanda kurung [(…)].

- Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal

Data Artikel:

Judul Jurnal: Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1

Judul Artikel: Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang

Penulis: Umar Solikhan

Penerbit: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Kota Terbit: Pangkalpinang

Tahun Terbit: 2013

- Cara Penulisan

Solikhan, Umar. 2013. "Bahasa Indonesia dalam Informasi dan Iklan di Ruang Publik Kota Pangkalpinang" dalam Sirok Bastra: Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan Volume 1 (hlm. 123-129). Pangkalpinang: Kantor Bahasa Provinsi Bangka Belitung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

4 dari 4 halaman

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet

- Nama

Cara penulisan nama untuk artikel daring tidak berbeda dengan penulisan nama dari sumber buku atau artikel cetak.

- Tahun Penayangan

Tuliskan tahun penayangan dari artikel tersebut.

- Judul

Judul artikel daring tidak ditulis secara italic, melainkan hanya diapit tanda kutip (").

- URL

Jangan lupa menyalin alamat URL dari artikel tersebut agar dapat diakses jika ada yang ingin membuktikan kesahihannya.

- Waktu Pengambilan

Di bagian akhir, jangan lupa mencantumkan waktu pengambilan artikel daring itu secara lengkap, yakni tanggal dan jam saat kamu mengunduh atau menjadikannya referensi.

Selain urutan, masalah tanda batas dalam daftar pustaka artikel internet/daring agak berbeda dengan penulisan dari sumber cetak. Tanda titik (.) sebagai batas hanya berlaku untuk mengakhiri nama penulis dan tahun penayangan.

Sementara itu, pembatasan dari judul ke URL dan dari URL ke waktu pengambilan data berupa tanda koma (,).

- Contoh Daftar Pustaka dari Internet (Artikel Daring)

Data Artikel :

Judul: Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global?

Penulis: Jeko Iqbal Reza

Tanggal Tayang: 29 Agustus 2015

Waktu Akses: 10 Februari 2016, pukul 10.27

URL : http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global

- Cara Penulisan

Reza, Jeko Iqbal. 2015. "Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global", http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.

 

Sumber: smkn1perhentianraja.sch.id

Dapatkan artikel cara dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer