VIDEO: Lewis Hamilton dan Formula 1 Kehilangan Sosok Sir Frank Williams

VIDEO: Lewis Hamilton dan Formula 1 Kehilangan Sosok Sir Frank Williams

Team Principal legendaris Formula 1, Sir Frank Williams, meninggal dunia dalam usia 79 tahun pada Minggu (28/11/2021). Williams adalah eks Team Principal Williams Racing, dan merupakan sosok yang menjabat peran team principal terlama dalam sejarah F1. Juara dunia 7 kali, Lewis Hamilton ucapkan duka cita lewat twitter pribadinya.

Williams mulai menjabat peran bos tim pada 1969, meraih tujuh gelar dunia pembalap dan sembilan gelar dunia konstruktor. Ia pun mengalami cedera tulang belakang akibat kecelakaan mobil di Prancis pada 1986 yang membuatnya lumpuh, hingga selalu menggunakan kursi roda selama berkegiatan.

Pria asal Inggris ini pun mulai mengurangi beban kerjanya di F1 pada 2012 dengan mundur dari dewan para petinggi Williams meski masih bertitel Team Principal. Sang anak perempuan, Claire Williams, ditunjuk sebagai Deputy Team Williams dan mengatur kebutuhan tim sehari-hari sebelum menjual timnya ke investor asal Amerika Serikat akhir tahun lalu.

Williams beberapa kali dirawat di rumah sakit sejak 2016 untuk memulihkan penyakit pneumonia dan memutuskan berhenti bepergian mengunjungi balapan Fomula 1. Pada Jumat (26/11/2021), Williams kembali dirawat di rumah sakit, namun mengembuskan napas terakhir pada Minggu.

Ringkasan

Oleh Ade Yusuf Satria pada 29 November 2021, 10:57 WIB

Video Terkait

Spotlights