Sukses


Pengertian Tumbuhan Xerofit, Ciri, Beserta Contohnya

Bola.com, Jakarta - Ada banyak jenis tumbuhan yang hidup di bumi ini. Satu di antara jenis tumbuhan yang unik ialah tumbuhan xerofityang bisa bertahan hidup di daerah kering.

Tumbuhan xerofit ialah jenis tumbuhan yang telah beradaptasi bisa bertahan hidup di lingkungan yang kering atau di daerah dengan curah hujan rendah.

Daerah yang kering bisa saja sebuah gurun yang memiliki suhu esktrem panas dan kandungan air sangat sedikit dalam tanah.

Tumbuhan xerofit beradaptasi terhadap lingkungannya dengan menutup stomata, menggunakan lapisan kutikula yang tebal, memperkecil bidang penguapan, dan menyimpan air.

Bentuk adaptasinya yaitu daun tidak berbentuk lembaran sebagaimana tumbuhan lainnya, tetapi mengalami modifikasi menjadi duri atau sisik.

Setelah mengetahui sedikit apa itu tumbuhan xerofit, perlu memahami ciri-ciri dan contohnya.

Berikut ini rangkuman tentang tumbuhan xerofit, seperti dikutip dari laman Materiipa dan Duniapendidikan, Selasa (30/11/2021).

2 dari 3 halaman

Ciri-Ciri Tumbuhan Xerofit

- Permukaannya Dilapisi Lapisan Lilin

Ciri tumbuhan xerofit yang pertama adalah permukaannya memiliki lapisan lilin sehingga terlihat mengkilap. Lapisan ini berguna untuk mengurangi penguapan yang berlebihan sehingga terhindar dari kekurangan cairan.

- Memiliki Ukuran Daun yang Kecil

Pada umumnya tumbuhan xerofit memiliki daun yang berukuran kecil seperti menyerupai jarum atau duri, banyak orang menyebutnya tumbuhan xerofit itu berdaun duri, hal ini juga berguna untuk mengurangi penguapan.

- Berakar Panjang

Ciri tumbuhan xerofit lainnya, yaitu memiliki akar yang panjang. Akar ini akan mencari air ke dalam lebih ke dalam, itulah mengapa akarnya selalu panjang dan rimbun.

- Berbatang Tebal

Biasanya tumbuhan yang hidup di tempat gersang memiliki batang yang tebal. Batang ini berguna untuk menyimpan cadangan air untuk bertahan hidup di daerah yang kering dengan curah hujan yang rendah.

3 dari 3 halaman

Contoh Tumbuhan Xerofit

- Beberapa yang termasuk tumbuhan xerofit:

  • Kaktus
  • Pohon Kurma
  • Pohon Buah Naga
  • Lidah Buaya
  • Lidah Mertua
  • Pohon Palem
  • Adenium
  • Setawar
  • Lili gurun

 

Sumber: materiipa.com, duniapendidikan.co.id

Video Populer

Foto Populer