Sukses


Jenis-Jenis Kegiatan Produksi dan Tujuannya yang Perlu Diketahui

Bola.com, Jakarta - Kegiatan ekonomi masyarakat dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu produksi, distribusi, dan konsumsi. Produksi adalah kegiatan membuat suatu barang atau mengubah suatu barang menjadi barang yang lain.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, produksi mempunyai tiga pengertian singkat, yakni hasil, proses mengeluarkan hasil dan pembuatan.

Produksi juga bisa diartikan sebagai kegiatan yang dikerjakan secara langsung maupun tidak langsung. Kegiatan yang dikerjakan tersebut untuk menambah atau meningkatkan nilai dan guna suatu barang demi memenuhi kebutuhan.

Produksi tidak hanya mencakup pembuatan barang-barang saja. Namun, dapat juga berupa kegiatan membuat atau menciptakan jasa pelayanan.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis kegiatan produksi beserta penjelasannya yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (1/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Tujuan Kegiatan Produksi

Sebelum membahas jenis-jenis kegiatan produksi, penting untuk diketahui tujuannya. Berikut ini tujuan kegiatan produksi:

Menghasilkan barang atau jasa

Tujuan utama kegiatan produksi adalah menghasilkan barang atau jasa dengan cara menciptakannya melalui proses produksi oleh produsen.

Meningkatkan nilai guna barang atau jasa

Tujuan perusahaan memproduksi suatu barang ialah untuk meningkatkan nilai guna barang itu sendiri. Jika sebelumnya barang tersebut belum/kurang berguna, tetapi sesudah melalui proses produksi nilai guna dari barang tersebut menjadi lebih tinggi.

Meningkatkan kemakmuran masyarakat

Tujuan dari proses produksi diharapkan dapat menghasilkan produk agar mendatangkan keuntungan. Hal tersebut tentu bisa meningkatkan kemakmuran masyarakat.

3 dari 6 halaman

Tujuan Kegiatan Produksi

Meningkatkan keuntungan

Dengan memproduksi barang dan jasa diharapkan dapat meningkatkan keuntungan industri/perusahaan tersebut.

Memperluas lapangan usaha

Apabila suatu perusahaan sudah memiliki skala produksi yang besar dan diminati maka bisa dipastikan perusahaan tersebut akan makin besar sehingga dapat memperluas lapangan usaha.

Menjaga kesinambungan usaha perusahaan

Tujuan terakhir ialah untuk menjaga kesinambungan usaha perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat terus berjalan baik dalam perolehan faktor-faktor produksi, memproduksi barang dan jasa serta menjualnya ke pasar.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Kegiatan Produksi

Produksi Ekstraktif

Kegiatan produksi yang dilakukan pada perusahaan ekstraktif ialah dengan cara mengambil kekayaan alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa mengubah sifat maupun bentuk barangnya.

Contohnya perusahaan penambangan dan perusahaan penangkapan ikan di laut.

Produksi Agraris

Kegiatan produksi yang dilakukan pada perusahaan agraris, yaitu dengan cara mengolah sumber daya alam terlebih dahulu sehingga menghasilkan barang baru.

Contohnya mengolah tanah pertanian, membuat perkebunan kelapa sawit, dan pemeliharaan ikan bandeng. Jadi, pengertian agraris tidak hanya mencakup pertanian saja, tetapi juga peternakan.

5 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Kegiatan Produksi

Produksi Perdagangan

Kegiatan yang dilakukan perdagangan berhubungan dengan penyaluran hasil produksi dari produsen kepada konsumen. Jadi, perusahaan akan melakukan kegiatan jual beli barang agar terjadi perpindahan hak milik dari barang tersebut.

Penyaluran barang dari produsen ke konsumen dapat melalui beberapa cara, yaitu:

1. Secara langsung dari produsen ke konsumen. Contohnya penjual bakso menjual bakso langsung ke konsumen.

2. Secara semi-langsung, yaitu melalui perantara. Contoh produsen menjual ke pedagang eceran, misalnya, warung, toko, supermarket. Kemudian, pedagang eceran menjualnya ke konsumen.

3. Secara tidak langsung, yaitu melalui beberapa perantara. Contoh dari produsen ke grosir. Kemudian, ke pedagang eceran baru ke konsumen.

6 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Kegiatan Produksi

Produksi Industri

Kegiatan yang dilakukan pada perusahaan industri berhubungan dengan usaha dan kegiatan manusia mengolah bahan mentah atau bahan baku menjadi bahan setengah jadi atau barang jadi.

Kegiatan ini pada dasarnya merupakan usaha untuk meningkatkan kegunaan dan nilai barang demi memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya industri penggergajian kayu, industri sepeda motor, industri mobil, industri pesawat terbang, industri pakan ayam, dan industri obat-obatan.

 

Produksi Jasa

Walau produksi jasa tidak berwujud konkret, manfaatnya dapat dirasakan. Adapun jenis-jenis dari perusahaan jasa, yaitu:

1. Jasa bisnis, seperti bank, konsultan, dan lembaga keuangan lainnya.

2. Jasa perdagangan, seperti supermarket, toko, warung, dan usaha perawatan dan perbaikan.

3. Jasa infrastuktur, seperti jasa komunikasi dan transportasi.

4. Jasa sosial atau personal, seperti restoran dan kesehatan.

5. Administrasi publik, seperti pendidikan dan pemerintahan.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer