Sukses


Daftar Makanan yang Bisa Menyebabkan dan Memperparah Sembelit

Bola.com, Jakarta - Sebagian besar orang pernah mengalami sembelit atau kesulitan buang air besar. Hal tersebut bisa terjadi karena kurangnya pemenuhan kebutuhan serat harian.

Padahal, jika konsumsi serat harian terpenuhi dengan rajin menyantap makanan berserat, sembelit bisa dihindari.

Sistem pencernaan manusia memerlukan asupan serat dan cairan yang seimbang sehingga bisa menurunkan berbagai risiko terkena penyakit.

Saat sembelit, biasanya Anda akan kesulitan buang air besar.

Anda bisa mengonsumsi berbagai makanan yang kaya serat seperti sayuran hijau dan buah-buahan untuk memperlancar buang air besar dan sembelit. Di sisi lain, ada beberapa makanan yang bisa mengakibatkan sembelit atau bahkan memperparah sembelit yang sedang Anda alami.

Berikut daftar makanan yang bisa menyebabkan dan memperparah sembelit, dan patut Anda perhatikan, seperti dilansir dari Klikdokter, Rabu (1/12/2021).

2 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Sebabkan dan Memperparah Sembelit

1. Makanan yang Dibekukan

Makanan yang dibekukan kerap kali kehilangan nutrisi alaminya, termasuk hilangnya serat yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan gerakan usus secara teratur. 

Tidak cuma kehilangan serat, makanan yang dibekukan umumnya mengandung pemanis buatan, pengawet, dan lemak jahat yang lebih lambat dicerna oleh usus. Efek samping  yang memengaruhi gerak usus ini dapat mengganggu kelancaran proses buang air besar Anda.

2. Daging Merah 

Pada dasarnya, daging apa pun tidak memiliki serat yang membantu melancarkan kerja pencernaan, termasuk daging ayam, kalkun, hingga daging sapi (daging merah). 

Namun, daging merah memiliki banyak lemak ketimbang daging unggas sehingga lebih sulit dicerna dan menyebabkan sembelit.

3. Nasi Putih

Siapa sangka, makanan pokok favorit masyarakat Indonesia ini dapat menjadi penyebab sembelit. Hal ini terjadi karena beras putih, sekam, dedak, dan komponen serealia lainnya telah dihilangkan saat proses pengolahan. Padahal, bagian tersebut yang kaya akan serat baik untuk melancarkan pencernaan. 

Berbeda dengan nasi dari beras merah atau cokelat yang saat diolah masih meninggalkan komponen serealia lebih banyak. Nasi merah atau nasi cokelat lebih baik untuk mencegah konstipasi dan bagus untuk melancarkan pencernaan.

3 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Sebabkan dan Memperparah Sembelit

4. Minuman Beralkohol 

Konsumsi minuman beralkohol dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan jumlah cairan tubuh yang hilang melalui urine sehingga berisiko memicu dehidrasi. Kurangnya cairan tubuh juga dapat meningkatkan risiko sembelit akibat feses yang keras dan kering.

Belum ada studi yang dapat menjelaskan dengan pasti bagaimana alkohol dapat menyebabkan konstipasi.

Namun, bagi Anda yang ingin menghindari sembelit, sebaiknya konsumsi alkohol sedikit saja karena tidak hanya mengganggu BAB, alkohol juga memengaruhi banyak fungsi tubuh lainnya.

5. Kopi

Kafein dalam kopi memiliki efek diuretik yang memicu terbuangnya cairan tubuh melalui proses buang air kecil. Serupa dengan efek alkohol, hal ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

Kendati begitu, kafein memiliki efek stimulasi gerak saluran cerna sehingga minum kopi justru dapat memicu diare pada sebagian orang. 

Lantaran punya efek yang muncul bisa berbeda, sebaiknya tetap hindari minum kopi terlalu banyak jika Anda tak ingin terkena sembelit.

6. Cokelat dan Biskuit 

Mengonsumsi makanan manis terlalu banyak dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mencerna hidangan tersebut. Sebab, makanan manis umumnya mengandung tinggi karbohidrat, rendah serat, dan tinggi lemak, terutama pada cokelat. 

Cokelat, khususnya cokelat yang tinggi gula, diyakini sering memicu masalah pencernaan dan ketaknyamanan di usus.

4 dari 4 halaman

Daftar Makanan yang Bisa Sebabkan dan Memperparah Sembelit

7. Pisang yang Belum Matang

Satu porsi pisang matang mengandung tiga gram serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Namun, jangan salah. Pisang yang belum matang benar justru bisa menjadi penyebab sembelit karena mengandung pati resistan.

Mengonsumsi pisang yang masih mentah juga dapat memperburuk sembelit yang Anda alami. Lebih baik, konsumsi pisang yang warnanya sudah benar-benar menguning.

8. Gorengan 

Tidak hanya buruk untuk kesehatan jantung, gorengan bisa menyebabkan sembelit makin parah. Pasalnya, gorengan termasuk makanan yang mengandung banyak lemak dan pada akhirnya sulit dicerna oleh usus. 

Makin banyak lemak yang Anda makan, makin tinggi pula risiko Anda terkena konstipasi.

9. Produk Olahan Susu

Meski bagus untuk kesehatan tulang dan gigi, terlalu banyak mengonsumsi olahan susu, seperti krim dan keju, akan membuat sembelit makin parah. 

Produk olahan susu yang terlalu banyak di dalam perut akan menyebabkan gejala kembung dan konstipasi parah, terutama bagi orang yang memiliki intoleransi laktosa.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 18/3/2021)

Yuk, baca artikel daftar lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer