Sukses


Manfaat Kerja Sama Ekonomi Internasional bagi Suatu Negara

Bola.com, Jakarta - Kerja sama ekonomi internasional adalah bentuk kerja sama dalam bidang ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain. Kerja sama tersebut bisa dilakukan oleh dua negara atau lebih.

Kerja sama ekonomi internasional didasari kepentingan tertentu untuk dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan struktur kegiatan ekonomi nasional.

Tak hanya itu, kerja sama ekonomi internasional dilakukan untuk memenuhi kebutuhan rakyat dan kepentingan negara.

Jadi, dengan adanya kerja sama ekonomi internasional, pertumbuhan ekonomi di antara negara yang bekerja sama akan dapat makin baik.

Selain itu, ada beberapa manfaat dalam kerja sama ekonomi internasional. Apa saja manfaat dari kerja sama ekonomi internasional bagi suatu negara?

Berikut ini rangkuman tentang manfaat kerja sama ekonomi internasional yang perlu diketahui, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Rabu (1/12/2021).

2 dari 6 halaman

Meningkatkan Pendapatan Negara

Adanya TKI (Tenaga Kerja Indonesia) menjadi satu di antara contoh manfaat kerja sama ekonomi antarnegara. Pengalihan dana asing dari gaji yang diterima TKI secara tidak langsung memberikan pemasukan negara.

Hal ini tentu positif bagi kas negara dan meningkatkan pendapatan negara. Selain TKI, kegiatan ekspor juga berperan penting dalam peningkatan pendapatan negara.

Seperti diketahui, Indonesia negara yang kaya akan hasil buminya. Dalam hal tersebut, Indonesia akan menjadi pemasok sumber bahan baku bagi negara yang memiliki keterbatasan dalam sumber daya alam.

Kedua contoh tersebut berperan penting untuk meningkatkan pendapatan negara dalam bentuk devisa. Devisa yang terus bertambah akan bermanfaat bagi percepatan pembangunan, pembayaran utang luar negeri, dan makin meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

3 dari 6 halaman

Menjaga Kestabilan Harga Dalam Negeri

Berkaitan dengan jumlah permintaan dan penawaran. Jika produksi lebih sedikit dari permintaan tentu akan terjadi kenaikan harga.

Untuk mengatasi hal ini, perlu adanya penyeimbang antara permintaan dan keterbatasan produk. Adapun solusinya dengan cara memperbanyak jumlah produksi.

Solusi terbaik lainnya ialah dengan menambah kuota impor yang disesuaikan dengan permintaan masyarakat. Hal itu bertujuan untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

Dengan begitu, ketersediaan barang yang ada akan menjaga harga relatif stabil dan murah.

4 dari 6 halaman

Memperluas Ketersediaan Lapangan Kerja

Kerja sama ekonomi internasional akan membuka pasar ekspor. Permintaan ekspor yang terus bertambah maka akan menciptakan lapangan kerja baru.

Ketersediaan lapangan kerja akan meningkat seiring dengan tingginya permintaan ekspor.

Satu di antara faktor yang menentukan tingkat kelancaran produksi yang terus meningkat bergantung adanya jumlah tenaga kerja yang cukup beserta ketersediaan barang baku.

Contohnya pengusaha asing berinvestasi di Indonesia. Mereka tentu mendirikan pabrik-pabrik industri dan membutuhkan tenaga lokal untuk memperkecil pengeluaran perusahaan.

Peluang inilah yang akan membuka banyaknya ketersediaan lapangan kerja seiring bertambahnya investor yang masuk ke Indonesia.

5 dari 6 halaman

Mempercepat Pembangunan Nasional

Satu di antara langkah untuk mempercepat pembangunan nasional ialah dengan meminjam dana dari Bank Dunia. Dengan pinjaman tersebut Indonesia bisa membuka banyak pelabuhan baru, bandara baru, dan tol laut antarpulau.

Hal ini ditujukan untuk mempercepat proses distribusi dan mempermudah jangkauan sehingga semua masyarakat bisa merasakan pemerataan pembangunan nasional.

6 dari 6 halaman

Alih Teknologi

Di dunia saat ini, semua berkembang dengan begitu cepat. Semua itu hanya bisa dicapai dengan bantuan teknologi. Dengan masuknya teknologi, menjadi kesempatan bagi kita untuk mempelajari dan menguasai teknologi tersebut.

Terlebih jika bisa mengembangkan teknologi yang ada lebih jauh dan menciptakan yang lebih canggih lagi. Kondisi ini akan menciptakan para ahli di bidang teknologi.

 

Sumber: Kemdikbud

Video Populer

Foto Populer