Sukses


Kumpulan Contoh Teks Deskripsi Singkat, Lengkap Sesuai Strukturnya

Bola.com, Jakarta - Teks deskripsi merupakan jenis teks yang berisi cerita atau gambaran tentang suatu peristiwa, objek atau tempat, yang ditulis secara detail. Jadi, isi dalam teks deskripsi menggambarkan objek sesuai kenyataan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks deskripsi yaitu teks yang memaparkan sesuatu dengan kata-kata yang jelas dan terperinci.

Tujuan teks deskripsi ialah menggambarkan objek dengan memerinci secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Dalam praktiknya, penulis harus menggambarkan objek sekonkret mungkin. Dengan begitu pembaca seakan-akan melihat, mendengar hingga merasakan apa yang dideskripsikan.

Adapun objek yang dibicarakan pada teks deskripsi lebih bersifat khusus. Kemudian objek yang dideskripsikan bersifat pendapat personal.

Berikut ini kumpulan contoh teks deskripsi singkat lengkap beserta strukturnya, seperti dilansir dari laman bsi.today, Jumat (3/12/2021).

2 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi: Lokawisata Baturraden

Identifikasi

Wisata alam menjadi satu di antara tujuan yang sedang populer. Hiruk pikuk suasana perkotaan membuat perasaan rindu akan keindahan alam yang asri. Satu di antara wisata alam yang dapat dikunjungi adalah Baturraden. Lokawisata ini terletak sekitar 10 km di sebelah utara kampus Universitas BSI Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah.

Deskripsi Bagian

Lokawisata Baturraden memiliki keindahan alam dengan udara yang sejuk. Wisatawan juga dapat menikmati suasana di lereng Gunung Slamet yang sangat asri.

Selain alamnya yang indah, pengunjung dapat melakukan banyak aktivitas pada wahana yang tersedia. Beberapa wahana yang ditawarkan di antaranya kolam renang, sepeda air, air mancur, dan berbagai wahana permainan lainnya.

Pengunjung dapat berenang dengan pemandangan perbukitan yang indah. Selain itu, wisatawan bisa bersantai di danau yang tenang sambil bermain sepeda air. Tidak sampai di situ saja, wisatawan juga dapat melihat keindahan Curug Gumawang dengan tinggi 20 meter.

Kemudian wisatawan dapat bermain ayunan yang berada di area Taman Botani. Satu di antara yang menarik simpati wisatawan adalah adanya pemandian air hangat belerang. Pengunjung dapat berendam sambil menikmati keindahan alam yang sangat alami.

Penutup

Banyak sekali keindahan alam yang ditawarkan oleh Baturraden. Lokawisata ini menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.

Baturraden juga sudah dilengkapi jalanan khusus untuk pengunjung lansia maupun pengunjung yang menyandang disabilitas.

3 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi: Tugu Gading

Identifikasi

Tugu Gading merupakan ikon Kabupaten Sragen. Tugu ini, tentu tidak asing bagi teman-teman yang sering melewati jalan Solo-Sragen karena lokasinya berada di perbatasan antara dua kabupaten, yakni Karanganyar dan Sragen.

Deskripsi Bagian

Konon, awal mula pembangunan Tugu ini dilatarbelakangi oleh penemuan fosil gading gajah purba di daerah Sangiran, Sragen. Tugu Gading berada di kanan dan kiri jalan yang seolah-olah seperti gapura pintu masuk. Di sebelah tugu ini, terlihat patung seorang perempuan yang sedang membatik sembari duduk di atas dingklik.

Di sebelah utara tugu, ada sungai kecil yang mengalir dari barat ke timur. Di atas sungai tersebut, terdapat jembatan penyebrangan. Karena posisinya yang berada di samping Tugu Gading, jembatan ini sering disebut Jembatan Gading.

Apabila berjalan dari arah Karanganyar, kita akan melewati Tugu terlebih dahulu, baru melewati jembatan. Jembatan di samping Tugu Gading ini sedikit menanjak, jadi perlu berhati-hati saat melewatinya agar tidak terjadi kecelakaan.

Penutup

Keberadaan Tugu Gading memiliki pesona tersendiri bagi warga Sragen karena tempat ini menjadi pengingat bahwa penemuan penting dalam perkembangan sejarah Indonesia ada di daerah mereka. Selain itu, kita juga dapat mendokumentasikan momen bersama keluarga dengan berlatarkan tugu ini.

4 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi: Keindahan Alam Indonesia

Identifikasi

Indonesia merupakan negara dengan kekayaan alam yang tidak terhitung jumlahnya dari Sabang hingga Merauke. Keindahan alam yang dimiliki tentunya tidak dapat ditandingi keindahan alam manapun di seluruh dunia.

Deskripsi Bagian

Keindahan alam di Indonesia yang sangat memesona membuat banyak wisatawan asing yang berkunjung, walau jauh sekali pun. Mulai keindahan daratan hingga lautan, sangat indah dan patut untuk dikunjungi.

Indonesia memiliki banyak flora dan fauna yang langka. Alam Indonesia menjadi yang tersohor di mata dunia. Apalagi keindahan pantainya yang terbentang dari timur hingga ke barat. Kekayaan laut Indonesia juga didukung dengan banyaknya pulau yang ada.

Keindahan alam bawah laut turut menjadi pesona Indonesia. Hal itu membuat banyak wisatawan memilih untuk menikmati indahnya kehidupan bawah laut. Beberapa tempat yang sering dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia di antaranya Bali, Raja Ampat, dan Manado.

Selain pantai yang indah, Indonesia menjadi negara dengan hutan terbesar di dunia. Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia karena 1/3 hutan yang ada di dunia ini terdapat di Indonesia.

Penutup

Keindahan hutan di Indonesia tidak diragukan lagi karena hamparan hijaunya pohon membuat setiap pasang mata terhipnotis. Hewan dan tumbuhan yang ada di Indonesia juga banyak diburu wisatawan untuk mengabadikan momen.

5 dari 5 halaman

Contoh Teks Deskripsi: Pantai Parangtritis

Identifikasi

Di Indonesia terdapat banyak pantai yang menawan dan populer untuk dijadikan tujuan wisata. Satu di antaranya adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini berlokasi di Kecamatan Kretek, Bantul, Yogyakarta, tepatnya sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Deskripsi Bagian

Pantai Parangtritis memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Di sebelah kiri, setiap pengunjung dapat melihat batu karang yang sangat besar. Batu karang tersebut seolah menjaga gempuran ombak yang datang kapan saja.

Pantai yang bersih dengan buih putih ini memiliki gradasi abu dengan kombinasi hijau yang sangat elok. Keindahan Pantai Parangtritis sangat sempurna di sore hari. Dengan pemandangan matahari terbenam membuat suasana sore hari di pantai ini sangat memesona.

Semburat awan merah keemasan di sore hari menjadi satu di antara pemandangan favorit para wisatawan yang berkunjung. Kehangatan dengan embusan angin sore merupakan suasana yang sangat istimewa. Setiap pengunjung pasti tersihir dengan pemandangan matahari yang perlahan masuk ke hamparan laut.

Penutup

Keindahan yang ditawarkan Pantai Parangtritis membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Wisatawan juga dapat memiliki kesempatan untuk menaiki kuda atau andong untuk berkeliling pantai.

 

Sumber: BSI Today

Video Populer

Foto Populer