Sukses


Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia Beserta Lokasinya

Bola.com, Jakarta - Ada banyak sungai panjang di dunia yang terkenal. Seperti Sungai Nil di Mesir yang terkenal sebagai sungai terpanjang di dunia dan Sungai Gangga di India, yang termasuk satu di antara sungai terpanjang di Asia.

Indonesia yang merupakan negara dengan kekayaan alam bahari juga memiliki banyak sungai yang cukup panjang. Bahkan ada yang lebih dari 1000 kilometer.

Keberadaannya bisa kamu jumpai di pulau Kalimantan atau Sumatra. Namun, juga ada beberapa sungai terpanjang di Pulau Jawa yang termasuk sungai terpanjang di Indonesia.

Sungai memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Selain sebagai bagian dari siklus alam hidrologi, bisa berguna untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti bahan baku air minum, membantu sistem irigasi pertanian, hingga dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Jika kamu penasaran dengan sungai terpanjang di Indonesia, kamu bisa menyimak daftar di bawah ini.

Berikut ini daftar sungai terpanjang di Indonesia beserta lokasinya, dilansir dari laman Freedomsiana, Jumat (3/12/2021).

2 dari 3 halaman

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

1. Sungai Kapus (1.143 km)

Sungai Kapuas (sungai Kapuas Buhang atau sungai Batang Lawai) adalah sungai terpanjang di Indonesia yang berada di Pulau Kalimantan bagian Barat.

Sungai ini menjadi sungai terpanjang di pulau Kalimantan sekaligus menjadi sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang mencapai 1.143 km.

2. Sungai Mamberano (1.102 km)

Sungai Mamberamo adalah sungai terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang sekitar 1.102 km yang terletak di Provinsi Papua.

Sungai ini berhulu di Pegunungan Jayawijaya dan bermuara ke Samudra Pasifik. Sungai Mamberano menjadi sungai dengan aliran air terbesar di Indonesia.

3. Sungai Mahakam (980 km)

Sungai Mahakam adalah sungai terbesar di Provinsi Kalimantan Timur yang bermuara di Selat Makassar. Sungai terpanjang ketiga di Indonesia memiliki panjang sekitar 980 km yang melintasi wilayah kabupaten Kutai Barat di bagian hulu, hingga kabupaten Kutai Kartanegara serta kota Samarinda di bagian hilir dan berakhir di Delta Mahakam, selat Makassar.

4. Sungai Barito (909 km)

Sungai Barito (Sungai Dusun) adalah sungai terpanjang keempat di Indonesia yang berhulu di Pegunungan Schwaner, Provinsi Kalimantan Tengah.

Sungai yang memiliki panjang 909 km ini bertemu dengan muara Sungai Negara di Provinsi Kalimantan Selatan.

5. Sungai Batang Hari (800 km)

Sungai Batang Hari adalah sungai terpanjang di Pulau Sumatra yang terletak di Provinsi Jambi. Sungai yang memiliki panjang sekitar 800 km ini berhulu di Gunung Rasan dan bermuara di Selat Malaka. Adapun anak sungai dari Batang Hari adalah Sungai Batang Tembesi, Batang Merangin.

3 dari 3 halaman

Daftar Sungai Terpanjang di Indonesia

6. Sungai Musi (750 km)

Sungai Musi adalah sungai yang terletak di Provinsi Sumatra Selatan. Sungai yang memiliki panjang 750 km ini merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Sumatra yang membelah kota Palembang menjadi dua bagian. Jembatan Ampera yang menjadi ikon kota Palembang melintang di atas sungai ini.

7. Sungai Pulau (674 km)

Sungai Pulau adalah sungai terpanjang kedua Pulau Papua, yang mengalir di wilayah Provinsi Papua dan juga Papua Nugini, dengan panjang keseluruhan sekitar 674 km. Sungai ini bersumber di hulu Pegunungan Maoke dan mengalir ke muara di Laut Arafura.

8. Sungai Bengawan Solo (548 km)

Bengawan Solo adalah sungai terpanjang di Pulau Jawa, Indonesia dengan panjang sekitar 548 km dengan dua hulu sungai, yaitu berada di daerah Pegunungan Sewu, Wonogiri, dan Ponorogo.

Sungai Bengawan Solo bermuara di daerah Gresik. Nama 'Bengawan' dalam bahasa Jawa berarti 'sungai yang besar'.

9. Sungai Digul (525 km)

Sungai Digul adalah sungai yang terletak di bagian selatan selatan Provinsi Papua. Sungai yang memiliki panjang sekitar 525 km ini berhulu di Pegunungan Maeoke, kemudian mengalir ke selatan dan ke barat sampai bermuara ke Laut Arafura.

10. Sungai Martapura (375 km)

Sungai Martapura adalah sungai yang merupakan anak Sungai Barito yang terletak di Kota Banjarmasin dan di hulunya berlokasi di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Sungai ini dulu bernama sungai Banjar Kecil atau sungai Kayutangi. Selain itu, karena banyaknya aktivitas pedagang China di hilir sungai pada zaman dahulu maka disebut juga Sungai China.

 

Sumber: freedomsiana.id

Dapatkan artikel daftar dari berbagai tema lain dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer