Sukses


Pengertian Seni Rupa Menurut Ahli, Ketahui Prinsip-prinsipnya

Bola.com, Jakarta - Seni rupa adalah cabang seni yang bisa dilihat dan diraba oleh alat indra manusia. Secara umum, seni rupa dibagi menjadi dua jenis, yakni seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, pengertian dari seni rupa ialah seni pahat dan seni lukis.

Hingga saat ini, karya seni rupa, baik dua dimensi maupun tiga dimensi masih banyak diminati, terutama karena keindahan hasilnya yang seperti objek nyata.

Untuk memahami lebih dalam tentang seni rupa, bisa mengetahui pendapat para ahli. Selain itu, penting juga mengetahui prinsip-prinsip dalam seni rupa.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian seni rupa menurut para ahli dan prinsip-prinsipnya, seperti dinukil dari Liputan6 dan emodul.kemdikbud.go.id, Selasa (7/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 6 halaman

Pengertian Seni Rupa Menurut Para Ahli

Aristoteles

Seni rupa adalah hasil karya berdasarkan peniruan terhadap alam, namun memiliki sifat yang ideal.

La Mery

Seni rupa adalah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dengan bentuk yang lebih tinggi dan juga lebih indah. Dengan kata lain, seni rupa adalah sesuatu yang menekankan pada keindahan.

Haukin

Seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke dalam sebuah benda. Seni rupa juga merupakan seni yang bertujuan untuk dipamerkan atau dipertunjukkan di depan orang banyak.

Coorie Hartong

Seni rupa adalah sebuah cara untuk mengekspresikan diri dan emosi sehingga orang lain bisa ikut menikmatinya. Seni rupa merupakan suatu pesan keindahan yang harus disampaikan kepada penikmatnya.

Sussane K Langer

Seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati oleh orang lain. Dengan kata lain, seni rupa merupakan proses penciptaan keindahan yang tujuannya untuk dinikmati.

Drs. Sudarmaji

Seni rupa adalah semua hal yang memiliki unsur manifestasi batin serta pengalaman estetis dengan menggunakan media berupa bidang, garis, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

Kumala Devi Chattopadhayaya

Seni rupa adalah sebuah luapan ekspresi yang disampaikan dari seorang seniman kepada para penikmatnya. Seni rupa menjadi suatu jembatan untuk membuat orang lain paham dengan apa yang dirasakan oleh seniman.

3 dari 6 halaman

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

1. Kesatuan (Unity)

Kesatuan atau unity adalah prinsip yang menunjang adanya hubungan serta keterkaitan unsur-unsur dalam seni rupa yang saling berpadu satu sama lain.

Jadi, dengan adanya prinsip kesatuan akan tercipta komposisi yang menarik dan indah, yang menjadikan sebuah karya yang enak dipandang.

2. Keselarasan (Harmoni)

Keselarasan atau harmoni merupakan prinsip seni rupa yang berarti adanya keserasian. Keserasian merupakan perpaduan unsur-unsur seni rupa.

Perpaduan tersebut diatur dengan memiliki kedekatan bentuk atau kemiripan, perpaduan warna, atau unsur peran (fungsi) dalam menciptakan keindahan.

4 dari 6 halaman

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

3. Penekanan atau pusat perhatian (Centre of Interest)

Penekanan atau pusat perhatian merupakan suatu yang menjadi dominan dalam karya seni. Penekanan atau pusat perhatian, yakni dengan memberikan kesan perbedaan dari dua unsur yang berlawanan dan saling berdekatan.

Dengan begitu, dalam membuat sebuah karya seni tidak bersifat monoton. Perlu adanya perbedaan yang mencolok pada bentuk, warna, dan ukuran sebuah karya seni agar terlihat lebih menarik.

4. Irama (Rythm)

Irama atau rythm merupakan pengulangan satu atau lebih unsur seni rupa secara teratur sehingga akan menimbulkan kesan gerak bagi orang yang melihatnya.

Irama atau rythm dapat dihasilkan dari pengulangan unsur garis, bentuk, atau variasi warna.

5 dari 6 halaman

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

5. Proporsi

Proporsi merupakan prinsip seni rupa yang memperhatikan perbandingan ukuran unsur-unsurnya. Ukuran-ukuran dari unsur seni rupa yang terdapat di dalamnya harus berada dalam perbandingan yang proporsional.

Contoh sederhana ketika menggambar daun, ukuran kertas dan objek gambar harus proporsional. Jangan sampai kertasnya besar gambarnya kecil.

6. Komposisi

Komposisi dalam sebuah karya seni merupakan prinsip yang sangat penting karena akan berpengaruh terhadap keindahan hasil karya seni.

Komposisi merupakan organisasi dari unsur-unsur seni rupa yang disusun menjadi teratur, menarik, dan serasi.

6 dari 6 halaman

Prinsip-Prinsip Seni Rupa

7. Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan adalah prinsip yang bertanggung jawab pada kesan dari suatu susunan unsur-unsur seni rupa dengan memerhatikan bobot visual yang tidak berat sebelah sehingga akan menjadi daya tarik bagi para penikmat karya seni.

Keseimbangan dalam karya seni ada dua macam, yaitu keseimbangan asimetris yang menampilkan pengaturan unsur antar bagian berbeda, tapi menunjukkan bobot visual sama.

Sedangkan keseimbangan simetris menampilkan pengaturan unsur yang sama baik bentuk dan jumlahnya.

 

Sumber: Kemdikbud, Liputan6.com (Reporter: Husnul Abdi. Editor: Nanang Fahrudin. Published: 20/5/2021).

Video Populer

Foto Populer