Sukses


10 Cara Melatih Otak agar Jiwa Kreatif Meningkat, Mudah dan Menyenangkan

Bola.com, Jakarta - Di era modern, setiap orang dituntut memiliki jiwa kreatif. Dengan memiliki jiwa yang kreatif, ide-ide cemerlang bisa muncul dengan lebih mudah.

Memunculkan jiwa kreatif memang bukan perkara mudah. Anda perlu melatihnya, seperti dengan kerap membaca buku dan berdiskusi.

Selain itu, menumbuhkan jiwa kreatif bisa dilatih dengan berbagai cara. Cara-cara tersebut juga sangat menyenangkan dalam melatih otak.

Dengan otak yang terlatih, jiwa kreativitas pun akan terus menerus meningkat.

Berikut cara melatih otak agar jiwa kreatif meningkat, dinukil dari klikdokter, Rabu (8/12/2021).

2 dari 4 halaman

Cara Melatih Otak agar Jiwa Kreatif Meningkat

1. Usahakan untuk Selalu Berpikir Positif

Memikirkan hal-hal seperti, 'Ini tidak akan pernah berhasil' atau 'Saya sangat bodoh', tidak akan menolong Anda. Pikiran atau prediksi negatif yang berlebihan terhadap diri sendiri dapat mencegah Anda untuk mengambil tindakan positif.

Segala pikiran negatif yang datang harus dibalas dengan pernyataan yang lebih realistis. Jadi ketimbang berpikir. 'Saya akan gagal', Anda bisa mengatakan 'Ada kemungkinan hal ini tidak akan berhasil, tapi ada juga kemungkinan saya akan berhasil. Yang bisa saya lakukan adalah yang terbaik'.

Kata-kata yang positif akan merangsang otak Anda untuk berpikir jernih dalam melihat sebuah masalah yang dihadapi sehingga dengan memasukkan kata-kata positif ke alam bawah sadar, Anda dapat melatih otak untuk menemukan jalan keluar atas sebuah permasalahan.

2. Tantang Diri Sendiri

Terkadang, suara yang muncul di kepala Anda melihat sebuah peristiwa sebagai sebuah halangan. Padahal, bisa saja Anda mendapatkan sesuatu yang sama sekali berbeda dari yang dibayangkan.

Paksakan diri Anda untuk mengambil satu langkah lebih maju dan tidak "terbuai" dengan pikiran negatif tersebut. Tantang diri sendiri untuk terus mendapatkan apa yang diinginkan. Seiring berjalannya waktu, cara ini akan melatih otak Anda dalam melihat keterbatasan dan kemampuan lebih akurat.

3. Menciptakan "Mantra" untuk Motivasi Diri

Kenali pola pikir negatif yang sering muncul di kepala Anda. Kemudian, kembangkan sesuatu yang positif untuk membuang emosi negatif tersebut.

Mengulangi kata-kata seperti, 'Jadikan itu terjadi' atau 'Lakukan yang terbaik', dipercaya dapat membuang hal negatif. Dengan berjalannya waktu, Anda akan tumbuh untuk memercayai pernyataan positif ketimbang hal-hal yang tidak sehat.

Seperti halnya melatih keterampilan baru, melatih otak untuk berpikir kreatif juga membutuhkan waktu. Makin Anda berpikir kreatif, makin kuat mental yang Anda bangun.

3 dari 4 halaman

Cara Melatih Otak agar Jiwa Kreatif Meningkat

4. Memulai Sesuatu yang Baru Setiap Hari

Buatlah daftar tentang berbagai jenis kegiatan yang tidak pernah Anda lakukan. Misalnya menggambar, memancing, atau menyelam. Pelajarilah hal baru setiap harinya. Anda akan terbiasa melatih otak dan menemukan diri Anda yang baru.

5. Berani Mengambil Risiko

Sering kali, untuk berpikir kreatif, Anda harus mau mencoba melanggar batasan tentang bagaimana suatu hal harus dilakukan. Anda perlu mengerahkan keberanian untuk berpikir secara berbeda dan menantang standar.

Jangan lupa, pertanyakan kemungkinan lainnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Pendekatan berpikir seperti ini memaksa Anda untuk keluar dari zona nyaman, dengan tujuan untuk mendapatkan perspektif yang berbeda.

6. Bertualang ke Tempat-Tempat Baru (Travelling)

Melihat dan mempelajari norma serta budaya yang berbeda dapat membantu Anda untuk menemukan inspirasi baru.

Sebuah penelitian di Amerika menemukan, mahasiswa yang menjalani pertukaran pelajar ke Inggris mendapatkan hasil yang lebih baik pada tes cara berpikir kreatif daripada mahasiswa yang hanya tetap di kampus.

Selain itu, tiap tempat baru yang Anda kunjungi memiliki tantangan yang berbeda-beda sehingga hal ini dapat melatih otak Anda untuk menyelesaikan tantangan tersebut dan menemukan jalan keluarnya.

4 dari 4 halaman

Cara Melatih Otak agar Jiwa Kreatif Meningkat

7. Membangun Koneksi

Temukan orang-orang kreatif dan inspiratif di sekitar Anda dan cobalah masuk ke lingkungan mereka. Menemukan cara pandang dan perspektif baru dapat melatih otak Anda untuk berpikir kreatif.

8. Beristirahat Sejenak

Ketika Anda sudah terlalu lelah, beristirahatlah sejenak. Otak yang terlalu lelah tidak akan menghasilkan inspirasi atau ide baru.

Istirahatkan juga mata Anda dari layar komputer atau gadget, kemudian pergi keluar sebentar untuk menghirup udara segar atau sekadar membeli kopi. Terkadang inspirasi datang dari tempat-tempat yang tidak terduga.

9. Baca Buku dan Perluas Wawasan

Sempatkan diri untuk membaca berbagai jenis buku. Buku membantu menempatkan Anda di tempat dan sudut pandang yang berbeda melalui karakter di dalamnya. Buku juga membantu Anda mempelajari sesuatu tanpa harus berpindah tempat.

Dengan membaca buku, Anda dapat berimajinasi mengubah kata-kata menjadi imaji di dalam pikiran Anda. Membaca menjadi sebuah pintu yang dapat mengantar Anda ke dunia baru sehingga dapat melatih otak Anda untuk berpikir kreatif.

10. Terapkan Pola Hidup Sehat

Menerapkan pola hidup sehat, seperti makan teratur, olahraga, dan istirahat cukup sudah sering menjadi anjuran dokter.

Jangan meremehkan hal ini karena badan yang sehat dapat mendukung pikiran untuk tetap fokus dan memiliki energi untuk produktif. Dengan demikian, diharapkan Anda dapat terus melatih otak untuk berpikir kreatif.

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 19/5/2020)

Yuk, baca artikel cara lainnya dengan mengikuti tautan ini.

Video Populer

Foto Populer