Sukses


7 Manfaat Menyehatkan Menjemur Bayi di Pagi Hari

Bola.com, Jakarta - Berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja, itu juga memiliki manfaat untuk kesehatan bayi.

Sebagai negara yang beriklim tropis, menjemur bayi di pagi hari sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia.

Namun, Anda perlu memperhatikan, untuk menjemur bayi tidak bisa dilakukan dengan sembarangan karena kulit bayi yang masih tipis cukup sensitif dengan sinar matahari.

Itulah mengapa, agar tidak membahayakan sang buah hati, sebelum Anda menjemurnya di bawah sinar matahari, Anda perlu mempelajari caranya agar menfaatnya bisa dirasakan secara maksimal.

Manfaat yang akan paling terasa adalah asupan vitamin D yang tercukupi untuk bayi sehingga tulang-tulangnya akan kuat dan jauh dari risiko terkena penyakit.

Berikut tujuh manfaat menyehatkan menjemur bayi di pagi hari, yang harus para orang tua ketahui, seperti dilansir dari Klikdokter, Kamis (9/12/2021).

Jangan lupa, untuk selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum Anda menjemur bayi di pagi hari agar mendapatkan saran terbaik. 

2 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Menjemur Bayi di Pagi Hari

1. Mengurangi dan Mencegah Bayi Kuning

Manfaat pertama dari menjemur bayi adalah mengurangi dan mencegah si kecil mengalami kondisi penyakit kuning. Sebab, sinar matahari pada dasarnya mengandung cahaya dengan spektrum yang luas.

Di antara spektrum cahaya tersebut, terdapat spektrum yang dapat mengurangi kuning di kulit bayi. Spektrum tersebut akan mengurai zat bilirubin yang dapat menyebabkan kuning di tubuh bayi baru lahir.

2. Meningkatkan Kadar Vitamin D 

Di lapisan kulit manusia, termasuk bayi, terdapat zat provitamin D. Zat ini akan diubah oleh tubuh menjadi vitamin D dengan bantuan sinar matahari.

Dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, artinya Anda dapat meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh bayi. Vitamin D ini sangat diperlukan oleh tubuh, satu di antaranya untuk membentuk gigi dan tulang bayi.

3. Memberikan Paparan Udara yang Lebih Segar di Luar Rumah

Sirkulasi udara di luar rumah, umumnya lebih baik dan lebih segar daripada di dalam ruangan. Udara segar dengan kadar oksigen lebih tinggi dan kadar karbondioksida yang lebih rendah sangat diperlukan bayi untuk proses pernapasannya.

Maka itu, mendapatkan udara segar menjadi satu di antara manfaat yang bisa diperoleh saat menjemur bayi pada pagi hari.

3 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Menjemur Bayi di Pagi Hari

4. Menghangatkan Tubuh Bayi  

Paparan sinar matahari dapat memberikan rasa hangat di tubuh sehingga si kecil akan merasa nyaman. Selain itu, berjemur dapat mencegah kondisi bayi mengalami hipotermia (kedinginan) yang berbahaya.

Tentunya, Anda juga harus memperhatikan waktu serta kondisi cuaca saat menjemur bayi agar manfaat ini dapat diperoleh secara optimal.

5. Melatih Kulit Bayi dengan Rangsangan Panas Matahari

Kulit bayi memiliki berbagai reseptor, satu di antaranya reseptor terhadap suhu. Dengan menjemur, paparan sinar matahari yang mengenai bayi akan diterima oleh reseptor suhu di kulitnya.

Dengan demikian, bayi dapat mengetahui rangsangan panas karena kulitnya sudah pernah mendapatkan rangsangan tersebut secara langsung dari sinar matahari.

4 dari 5 halaman

Manfaat Menyehatkan Menjemur Bayi di Pagi Hari

6. Membantu Bayi agar Dapat Tidur dengan Nyenyak 

Masih berlanjut dari bahasan sebelumnya, setelah panas diterima reseptor kulit, rangsangan tersebut dapat diteruskan oleh bayi ke otaknya.

Di otak, rangsangan tersebut akan diolah sehingga bayi mengerti bahwa ini adalah panas yang membawa kehangatan baginya. Kemudian, otak akan mengeluarkan zat serotonin yang dapat membuat bayi dapat tidur nyenyak.

7. Melatih Bayi Berinteraksi dengan Dunia Luar

Manfaat lain dari menjemur di pagi hari adalah melatih bayi berinteraksi dengan dunia sekitar.

Saat menjemur bayi di luar rumah, biasanya akan ada interaksi baik dengan tetangga, orang-orang berlalu-lalang, berjualan, anak-anak sekolah, dan orang-orang lainnya. Secara tak langsung, hal ini dapat  melatih anak untuk tidak takut berinteraksi dengan orang lain sejak dini.

5 dari 5 halaman

Tips Menjemur Bayi di Pagi Hari

Agar manfaat menjemur bayi di pagi hari dapat diperoleh dengan maksimal, ada beberapa hal yang penting diperhatikan dalam menjemur bayi:

  • Jemur bayi di bawah sinar matahari langsung sekitar pukul 7-9 pagi dengan durasi 15-20 menit. Namun, jangan biarkan bayi menatap langsung sinar matahari. Selain itu, pastikan juga Anda tidak menjemur bayi terlalu lama di bawah sinar matahari.
  • Lindungi mata bayi dari paparan sinar matahari langsung, serta pastikan kecukupan cairan tubuhnya dengan cara memberikan ASI cukup sebelum atau sesudah berjemur.
  • Lepaskan pakaian bayi atau gunakan pakaian minimal agar sebagian besar tubuhnya dapat terekspos oleh cahaya matahari.
  • Anda juga dapat mengoleskan tabir surya ke tubuh bayi jika cahaya matahari pagi terlalu terik. 

 

Sumber: Klikdokter.com (Published: 17/11/2020)

Yuk, baca artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer