Sukses


6 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bola.com, Jakarta - Rumput laut merupakan satu di antara jenis makanan yang sudah tidak asing, khusunya bagi masyarakat di negara-negara Asia.

Kita kerap menjumpai rumput laut dalam hidangan sushi, sebagai bahan campuran sup hangat, disantap dalam sajian salad atau smoothies, bahkan campuran es buah.

Rasa rumput laut yang gurih, membuat sajian makanan menjadi lebih nikmat. Selain selalu berhasil memanjakan lidah, rumput laut digemari banyak orang karena mempunyai banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh.

Di dalamnya terdapat beragam nutrisi dan mineral, seperti vitamin A, C, E, dan K, juga folat, seng, natrium, kalsium, serta magnesium.

Tak hanya itu, rumput laut memiliki lemak omega-3 dan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan.

Beragam nutrisi inilah yang membuat rumput laut kerap diolah juga menjadi vitamin, suplemen, maupun obat-obatan. Bahkan, sudah banyak produk kesehatan dan kecantikan kulit yang menggunakan rumput laut sebagai bahan utamanya.

Berikut ini beberapa manfaat bagi kesehatan, yang bisa didapatkan dari mengonsumsi rumput laut, dilansir dari Healthline, Kamis (9/12/2021).

2 dari 4 halaman

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Rumput laut merupakan sumber serat larut air yang baik dan mengandung asam lemak omega-3 serta antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menunjukkan kandungan gizi dalam rumput laut terlihat mampu menurunkan tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total, serta mencegah pembekuan darah.

Tak hanya itu, adanya karbohidrat yang disebut fucan dalam rumput laut juga dapat mencegah pembekuan terkait dengan penyakit jantung.

2. Menyehatkan Pencernaan

Rumput laut memiliki kandungan serat yang penting untuk membantu mencegah semua penyakit pencernaan. Selain itu, polisakarida pada rumput laut membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna.

3 dari 4 halaman

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

3. Lindungi Tubuh dari Radikal Bebas

Produksi radikal bebas yang berlebih merupakan penyebab terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu. Dengan konsumsi rumput laut, kemungkinan terjadinya kerusakan sel menjadi lebih rendah.

Rumput laut memiliki kandungan senyawa flavonoid dan karotenoid yang berfungsi menangkal radikal bebas, yang merusak sel-sel dalam tubuh.

4. Mendukung Fungsi Kelenjar Tiroid

Rumput laut bermanfaat mendukung fungsi kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid punya peranan penting bagi sistem metabolisme tubuh.

Kelenjar tiroid berfungsi memperbaiki sel-sel yang rusak dan memproduksi energi. Untuk menjalankan fungsinya, kelenjar tiroid butuh asupan yodium yang bisa didapat dengan mengonsumsi rumput laut.

Selain itu, rumput laut mengandung asam amino tirosin, yang dibutuhkan bagi kelenjar tiroid untuk menjalankan fungsinya.

4 dari 4 halaman

Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengandung banyak nutrisi serta dan sedikit kalori, rumput laut bisa membantu memperlambat pengosongan lambung. Hal ini membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan menunda rasa lapar.

6. Mengontrol Diabetes

Sebuah studi yang dilakukan selama delapan minggu di Jepang terhadap 60 orang partisipan, menemukan bahwa fucoxanthin yang merupakan zat dalam rumput laut cokelat, dapat membantu mengurangi kadar gula darah, yang baik untuk mengontrol diabetes.

 

Sumber: healthline.com

Dapatkan berbagai artikel manfaat lainnya dengan mengeklik tautan ini.

Video Populer

Foto Populer