Sukses


Jenis-Jenis Penelitian, Lengkap Beserta Penjelasannya

Bola.com, Jakarta - Penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data secara sistematis dan objektif untuk memecahkan masalah atau menguji hipotesis.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring, penelitian adalah kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yang dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum.

Sebelum melakukan penelitian, penting mengetahui jenis-jenisnya yang sering dilakukan oleh para peneliti. Setiap peneliti memiliki cara dan tujuan yang berbeda dalam melakukan penelitian.

Hal ini tergantung berbagai faktor yang melatarbelakangi penelitian yang akan dilakukan. Secara umum, penelitian dapat dibedakan menjadi beberapa jenis.

Berikut ini rangkuman tentang jenis-jenis penelitian, lengkap beserta penjelasannya, seperti dilansir dari emodul.kemdikbud.go.id, Kamis (9/12/2021).

Yuk gabung channel whatsapp Bola.com untuk mendapatkan berita-berita terbaru tentang Timnas Indonesia, BRI Liga 1, Liga Champions, Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol, bola voli, MotoGP, hingga bulutangkis. Klik di sini (JOIN)

2 dari 7 halaman

Jenis Penelitian Berdasarkan Tujuan

Penelitian Dasar

Penelitian dasar adalah penelitian yang berusaha menemukan dan mengumpulkan dengan tujuan memperoleh dalil atau teori yang relatif baru. Peneliti berusaha untuk menemukan pemecahan masalah yang belum pernah ada sebelumnya.

Penelitian Terapan

Penelitian terapan adalah penelitian yang dilakukan untuk memecahkan segala persoalan yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dianggap penting karena berguna untuk membantu persoalan yang sedang dialami masyarakat.

Penelitian Evaluasi

Penelitian evaluasi adalah penelitian yang dilakukan untuk menguji hasil pelaksanaan kegiatan yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur atau mengevaluasi keberhasilan suatu kegiatan.

3 dari 7 halaman

Jenis Penelitian Berdasarkan Tempat Pelaksanaan

Penelitian Laboratorium

Penelitian laboratorium adalah penelitian yang dilaksanakan di dalam laboratorium tertentu. Penelitian laboratorium biasanya dilakukan oleh ahli yang mengkaji masalah teoritis maupun praktis.

Penelitian Lapangan

Penelitian lapangan adalah penelitian yang dilakukan di luar laboratorium, yakni di lingkungan yang sebenarnya. Lingkungan ini dapat berupa lingkungan alam maupun lingkungan sosial.

Penelitian Kepustakaan

Penelitian kepustakaan adalah penelian yang sangat mendasarkan pada sumber-sumber yang telah ada. Sumber-sumber tersebut dapat berupa buku-buku, majalah-majalah, naskah-naskah, kisah sejarah, dan dokumen lainnya.

4 dari 7 halaman

Jenis Penelitian Menurut Bidang Kajiannya

Penelitian Alam

Penelitian alam adalah penelitian yang didasarkan pada kenyataan alam yang riil atau nyata. Dalam menunjang penelitian ini diperlukan percobaan-percobaan dan pengalaman empiris yang mendukung suatu hipotesis yang telah ada.

Penelitian Sosial

Penelitian sosial adalah penelitian yang dilakukan untuk menginterpretasikan gejala-gejala di masyarakat. Metode dan pendekatan dalam penelitian sosial tidak jauh berbeda dengan penelitian ilmu alam.

Namun, penelitian sosial lebih rumit dan kompleks dibanding dengan ilmu alam. Objek penelitian sosial, antara lain penelitian tentang kenakalan remaja, kemiskinan, prostitusi, urbanisasi, pemukiman kumuh, dan sebagainya.

5 dari 7 halaman

Jenis Penelitian Berdasarkan Cara Pembahasan

Penelitian Diskripsi

Penelitian deskripsi adalah penelitian yang hanya memaparkan, menggambarkan, menuliskan, dan melaporkan suatu keadaan apa adanya. Jadi, yang dikemukakan hanya fakta-fakta dan data yang sebenarnya.

Penelitian Inferensial

Penelitian inferensial adalah penelitian yang dilakukan tidak hanya menggambarkan objek yang diteliti, tetapi juga memberikan kesimpulan umum dari masalah yang diteliti. Dalam penelitian ini kesimpulan dapat berupa prediksi maupun generalisasi (analisis deduktif).

Penelitian Korelasi

Penelitian korelasi adalah penelitian yang menggambarkan keterkaitan antara dua variabel atau lebih. Biasanya variabel dibedakan dalam variabel terikat dan variabel bebas.

Penelitian Kausalitas

Penelitian kausalitas adalah penelitian yang dilakukan dengan meneliti dua variabel yang mempunyai hubungan sebab akibat.

Penelitian Komparatif

Penelitian komparatif adalah penelitian yang dilakukan dengan cara membandingkan suatu bentuk variabel tertentu. Kemudian disimpulkan adakah perbedaan antara variabel-variabel yang diteliti.

6 dari 7 halaman

Jenis Penelitian Berdasarkan Data yang Dikumpulkan

Penelitian Kuantitatif

Penelitian kuantitatif adalah jenis penelitian dengan menggunakan data perhitungan matematis. Biasanya pengolahan data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik.

Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang memiliki sifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Dalam praktiknya, penelitian kualitatif dilakukan dengan cara menguraikan atau menggambarkan masalah yang diteliti.

7 dari 7 halaman

Jenis-Jenis Penelitian Berdasarkan Pendekatannya

Penelitian Survey

Penelitian survey adalah jenis penelitian yang dilakukan pada populasi yang besar, data yang diambil hanya dari sampel (tidak seluruh populasi).

Penelitian Ex post facto

Penelitian ex post facto adalah jenis penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi untuk mengetahui sebab-sebabnya.

Penelitian Eksperimen

Penelitian eksperimen adalah jenis penelitian dengan tujuan mencari pengaruh antarvariabel dalam kondisi tertentu.

Penelitian Naturalistik

Penelitian naturalistik adalah jenis penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti kondisi objek yang alami. Hal itu untuk mengetahui makna yang terjadi pada objek tersebut.

Penelitian Policy

Penelitian policy adalah jenis penelitian yang dilakukan terhadap masalah sosial untuk direkomendasikan dalam mengambil kebijakan penyelesaian masalah.

Penelitian Tindakan

Penelitian tindakan atau action research adalah jenis penelitian yang dilakukan sebagai tindakan dalam upaya memecahkan masalah dengan perlakuan tertentu.

Penelitian Evaluasi

Penellitian evaluasi adalah jenis penelitian yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu tindakan atau kegiatan.

Penelitian Sejarah

Penelitian sejarah adalah jenis penelitian untuk mengamati peristiwa yang berlangsung pada masa lalu.

 

Sumber: Kemdikbud

Serunya Lari di Maybank Marathon

Video Populer

Foto Populer